RAM sangat mempengaruhi kinerja sebuah laptop, dan jika jumlah RAM besar maka secara otomatis program yang dijalankan akan berjalan dengan lancar.

RAM-nya sendiri hadir dalam ukuran mulai dari 1GB hingga 32GB, dan jika ada laptop yang lebih besar dari itu, sebaiknya build atau spesifikasi khusus saja.

Memiliki laptop dengan performa yang bagus dan maksimal tentu menjadi dambaan banyak orang bukan? seperti yang saya jelaskan cara meningkatkan ram laptop yang dapat meningkatkan kinerja laptop.

Cara menambah RAM laptop

cara menambah ram laptop

Disini saya akan membahas betapa mudahnya menambah RAM dan tentunya tidak perlu menggunakan software.

Jika anda bisa menggunakan cara ini, semoga bisa menambah RAM laptop anda dan otomatis performa PC/Laptop anda akan meningkat. Begini cara menambah RAM, simak baik-baik.

1. Buka panel kontrol

Pertama klik “Start”, lalu pilih “computer/this computer, klik kanan”, lalu pilih “Properties”., itu akan terlihat seperti di bawah ini.

cara menambah ram di laptop dengan mudah 1

Langkah selanjutnya adalah mengklik “Pengaturan sistem lanjutan”.

cara menambah ram ke laptop dengan mudah 2

2. GANTI Pengaturan RAM

Untuk lanjut ke langkah selanjutnya anda bisa klik tab “Advanced” maka akan muncul tampilan berikut. Kemudian klik pengaturan.

cara menambah ram ke laptop dengan mudah 3

Jika ada di tab “Lanjutan” berikutnya, pilih dan klik “Edit”.

cara menambah ram ke laptop dengan mudah 4

3. Atur ukuran RAM

Langkah selanjutnya penulisan Automatic… checklist dihilangkan, pilih harddisk mana yang akan dijadikan virtual RAM, lalu klik ukuran normal.

Baca juga cara membuat memori virtual untuk meningkatkan kinerja RAM.

Setelah itu isikan ukuran awal 4000MB dan maksimal 8000MB (recommended) agar performa PC/Laptop bagus, lalu klik OK. Kemudian restart laptop Anda.

cara menambah ram ke laptop dengan mudah 5

Persyaratan untuk mengganti flash drive dengan RAM

Ada beberapa syarat yang perlu kita penuhi agar flashdisk kita mudah diubah menjadi RAM eksternal, berikut syarat-syaratnya:

  • Flashdisk dengan kapasitas 4 GB atau lebih, tapi saya sarankan menggunakan 4 GB saja jadi lebih baik karena untuk flashdisk sendiri, RAM maksimal akan bertambah 4 GB. Agar lebih optimal, saya hanya menggunakan memori flash 4 GB.
  • Format memori flash harus NTFS, FAT16, atau FAT32.
  • Pastikan flashdisk yang Anda gunakan benar-benar normal yaitu tidak rusak.
Baca juga:   10+ Cara Reset HP Samsung: Semua Tipe [Work 2022]

Dengan memenuhi persyaratan seperti diatas maka anda akan dapat membuat cara-cara membuat RAM menggunakan flashdisk yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Cara menambah RAM menggunakan flash drive

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengganti flash alias fd menjadi RAM, hal ini tentunya akan sangat menguntungkan mengingat harga flashdisk jauh lebih murah dibandingkan dengan harga RAM.

Pada tahap pertama, Anda dapat memanfaatkan kemampuan sistem operasi atau OS di Windows, selain itu, ada cara lain untuk mengubah USB flash drive menjadi RAM eksternal menggunakan aplikasi eboost yang berjalan di sistem operasi Windows.

Buat RAM dari flash drive

1. Pertama-tama kita siapkan Flashdisk sesuai dengan persyaratan di atas.

2. Kemudian masukkan flashdisk ke dalam slot atau port di PC, jangan lupa masukkan juga sesuai tempat yang harus disambungkan.

cara upgrade flashdisk ke ram

3. Jika memori flash dimasukkan, buka “My Computer” dan klik kanan memori flash.

4. Jika Anda melihat bagian menu di properti disk yang dapat dilepas, maka Anda memilih bagian SiapMeningkatkan.

5. Setelah itu, kita akan memilih “use this device” dan selanjutnya Anda tinggal menentukan jumlah atau berapa banyak memori flash yang akan digunakan untuk RAM eksternal maksimum 4000 MB.

flash ram

6. Kemudian Anda akan mengklik “OK” untuk melanjutkan, jika Anda mengklik “OK”, Anda akan secara otomatis mendapatkan kapasitas RAM yang telah Anda pilih.

Menambah RAM dengan Flash + Aplikasi

Kemudian selain cara di atas, kita juga bisa mengubah flashdisk menjadi RAM secara gratis menggunakan aplikasi.

  1. Langkah utama yang perlu kita lakukan adalah mendownload aplikasi atau software asli, Anda dapat dengan mudah mengunjungi http://www.eboostr.com.
  2. Setelah Anda mengunduh aplikasi, yang harus Anda lakukan adalah menginstal perangkat lunak eboost di komputer atau laptop Anda.
  3. Jika semuanya sudah terpasang, maka kita hanya perlu memasukkan USB stick ke lubang koneksi atau port yang sesuai dengan USB stick, jika ada, Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengubah USB stick Anda menjadi RAM eksternal yang praktis.
Baca juga:   8+ Cara Menghilangkan Watermark Filmora Permanen

Kesimpulan

Cara ini merupakan cara untuk menambah jumlah RAM yang bisa digunakan laptop untuk mengujinya. Silahkan jalankan aplikasi yang berat, pasti akan terasa lebih ringan.

Baca juga: Cara Cek RAM Laptop.

Tutorial ini lebih lanjut tentang mengalokasikan ruang dari hard drive ke RAM virtual atau memori swap, di mana jika RAM tidak dapat memproses suatu program, ia dapat berbagi sumber daya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan [Pertanyaan Umum]

Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan ini, kami akan mencoba merangkum pertanyaan-pertanyaan umum berikut ini.

Faktor apa yang membuat laptop cepat?

Kecepatan notebook tergantung pada perangkat keras yang digunakan dan komponen aplikasi, asalkan perangkat keras tersebut dilengkapi dengan spesifikasi yang baik. Tentu performanya akan lebih baik.

Apakah laptop akan mempercepat peningkatan RAM?

Ya, jika sumber daya RAM sebelumnya penuh, menambahkan lebih banyak RAM tentu akan memperbaiki keadaan.

Apakah aman untuk menambah RAM menggunakan memori swap?

Aman karena kami hanya mengambil sumber daya siaga, tidak semua penyimpanan.

Selamat mencoba dan semoga artikel Cara Menambah RAM Laptop ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah.


https://storyforgeproductions.com