Blue screen merupakan masalah yang terjadi pada perangkat komputer dimana monitor hanya menampilkan warna biru dengan pesan error.

Bisa dibilang ini adalah masalah yang cukup sering terjadi dan dihadapi banyak orang. Lalu apa penyebab blue screen ini? Apakah ini berarti laptop kita rusak dan tidak bisa digunakan lagi?

Bahkan, Anda tidak perlu langsung panik saat melihat layar biru. Kesalahan semacam ini tidak secara langsung menunjukkan kerusakan serius pada perangkat kami. Lalu bagaimana cara mengatasi blue screen pada laptop.

Baca juga : Cara Menghilangkan Layar Laptop Terbalik.

Cara Memperbaiki Layar Biru Windows 10/8/7

Penyebab error blue screen ini juga sangat bervariasi. Beberapa di antaranya terkait dengan masalah perangkat lunak, beberapa karena kerusakan perangkat keras.

Karena itulah Teknoinside akan membagikan beberapa tips ampuh untuk mengatasi blue screen laptop.

1. Muat ulang

cara mengatasi blue screen di windows

Tips yang pertama sangat sederhana yaitu anda hanya perlu merestart PC atau laptop anda. Saat Anda melihat layar biru, terkadang itu hanya kesalahan kecil.

Jadi, dengan me-reboot perangkat, Anda dapat mengembalikan laptop ke keadaan normal. Tetapi jika itu tidak berhasil, lanjutkan ke tip berikutnya.

2. Pulihkan sistem

cara mengatasi blue screen di windows

Ini adalah fitur yang dapat digunakan untuk memulihkan sistem komputer Anda ke keadaan sebelum layar biru.

Misalnya, perangkat Anda sering mengalami kesalahan, jadi coba pulihkan sistem 2 atau 3 hari sebelum kesalahan terjadi. Bagaimana?

  1. Nyalakan perangkat dengan menekan tombol daya. Saat komputer melakukan booting, tekan dan tahan F8 lalu masuk Mode aman.
  2. Setelah memasuki layar utama, tekan tombol Mulai dan pilih Panel kendali.
  3. Selanjutnya klik pada menu Sistem dan Keamanan kemudian Pusat Acara.
  4. Temukan dan klik opsi tersebut Pemulihan lalu pilih Buka Pemulihan Sistem.
  5. bagian terakhir Pemulihan Sistem Anda dapat memilih tanggal pemulihan sistem. Ikuti saja petunjuknya sampai habis dan sistem kembali normal.
Baca juga:   6+ Cara Mengubah PDF ke JPG Online & Offline: Lengkap

Setelah system restore biasanya masih ada windows.old yang berisi aplikasi dan file lainnya yang berada di drive c, jika ingin menghapusnya bisa baca cara menghapus windows old.

3. Pulihkan sistem operasi

cara mengatasi blue screen di windows

Layar biru juga sering disebabkan karena OS perangkat crash. Akibatnya, tidak bisa boot secara normal untuk keluar ke desktop.

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan CD Windows untuk memperbaiki OS. Dengan demikian, kesalahan pada sistem dapat diperbaiki dan layar biru dapat dihilangkan.

Untuk melakukannya, cukup masukkan CD Windows dan lakukan pemulihan.

4. Perbarui atau instal ulang driver Anda

cara mengatasi blue screen di windows

Perangkat PC atau laptop biasanya membutuhkan berbagai driver tambahan. Namun tentunya setiap perangkat membutuhkan driver dengan versi yang berbeda-beda tergantung dari OS atau spesifikasinya.

Oleh karena itu, seringkali penginstalan driver yang tidak kompatibel justru menyebabkan kesalahan pada sistem.

Selain itu, beberapa driver juga perlu diupdate ke versi terbaru untuk memastikan performa terbaiknya. Cobalah untuk memeriksa melalui Mulai lalu ketik Pengaturan perangkat.

Setelah masuk, Anda akan melihat daftar driver yang telah diinstal. Klik kanan salah satunya dan pilih. Pembaruan untuk memperbaruinya.

Jika Anda ingin mempermudah, Anda dapat menggunakan aplikasi driver otomatis laptop untuk menemukan driver yang tepat untuk laptop Anda.

5. Pindai dengan antivirus

cara mengatasi blue screen di windows

Virus dan malware masih sering menjadi masalah utama bagi pengguna komputer. Ada juga kemungkinan layar biru yang dihasilkan disebabkan oleh tindakan malware ini.

Mereka dapat dengan mudah menyusup ke sistem dan merusaknya sehingga terjadi kesalahan. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksa virus secara teratur dengan aplikasi antivirus tepercaya Anda.

6. Periksa kelengkapannya

cara mengatasi blue screen di windows

Jika tips sebelumnya mengenai masalah software, maka jangan lupa untuk mengecek hardwarenya juga.

Baca juga:   8+ Cara Mematikan Antivirus di Laptop PC: Lengkap

oleh karena itu ada komponen hardware yang rusak dan harus diganti dengan yang baru. Periksa RAM, hard drive, chipset, atau komponen pendukung lainnya. Satu kerusakan kecil dapat menyebabkan perangkat tidak berfungsi dengan baik.

7. Lakukan instal ulang

cara mengatasi blue screen di windows

Jika memang semua tips dan trik diatas tidak bisa menjadi solusi, disarankan untuk melakukan install ulang.

Ini seringkali merupakan solusi paling ampuh untuk masalah layar biru ini. Jika Anda benar-benar tidak dapat melakukannya sendiri, bawa saja ke pusat layanan dan minta mereka menginstal ulang Windows 10 atau versi Windows lainnya.

8. Perbaikan di bengkel

Langkah terakhir, jika masalah berlanjut, Anda bisa menggunakan jasa reparasi laptop dan elektronik komputer. Sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Pastikan untuk memilih penyedia layanan yang andal dan pastikan tidak ada yang hilang.

Kesimpulan

Tidak perlu langsung panik jika menemui blue screen, tetap tenang dan cari penyebab serta solusinya. Jika ada yang punya pengalaman dan saran lain silahkan komentar di bawah.

Jadi Kecil cara mengatasi layar biru di PC dan laptop. Kiat di atas adalah solusi paling efektif untuk memperbaiki kesalahan semacam ini.


https://storyforgeproductions.com