Playstore adalah harta karun aplikasi untuk smartphone Android. Kita bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi dan game baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun terkadang ada error yang sering terjadi di Playmarket.

Dimana saat kita ingin mendownload aplikasinya, proses download tidak dimulai, malah menunggu. Layar hanya menampilkan kelanjutan pengunduhan dengan notifikasi Menunggu unduhan dari Play Market. Kenapa ini?

Error ini memang cukup umum terjadi di berbagai smartphone seperti Xiaomi, Samsung, Asus, dan lainnya.

Sebenarnya, apa penyebab dari masalah ini? Ada beberapa hal yang bisa menjadi sumber masalah. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak panduan berikut dari Teknoinside.

Cara mengatasi download delay di playstore

Di sini Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk dapat memperbaiki unduhan yang tertunda di Playstore, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup

karena playstore yang didownload terus loading

Untuk dapat mengunduh dan menginstal aplikasi, kita membutuhkan ruang memori. Namun jika penyimpanan Anda sudah penuh, maka tentunya proses download tidak dapat dilanjutkan dan harus ditunda terlebih dahulu.

Ini mungkin menjadi alasan penundaan pengunduhan aplikasi di Google Play store.

Anda dapat menghapus file yang tidak diperlukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Baru setelah itu proses pengunduhan dapat dilanjutkan.

2. Ubah pengaturan unduhan di Play Market.

karena playstore yang didownload terus loading

Banyak orang awam yang tidak menyadari hal ini, yang menyebabkan masalah saat mengunduh aplikasi.

Ada pengaturan di Playstore yang umumnya merekomendasikan penggunaan Wi-Fi saat mengunduh aplikasi besar.

Nah, jika Anda menggunakan jaringan seluler, Playstore akan menunda proses pengunduhan hingga Anda terhubung ke Wi-Fi. Anda dapat mengubah pengaturan ini menjadi Pengaturan/Pengaturan di toko mainan. Lalu pilih opsi Pengaturan unduhan aplikasidan mengubahnya menjadi Melalui jaringan apapun.

Baca juga:   6 Cara Membuat Squad Mobile Legends: Terbaru 2023

3. Bersihkan cache Play store

karena playstore yang didownload terus loading

Menggunakan kembali playstore akan meninggalkan cache atau file sampah. Sekarang, jika dibiarkan terlalu lama, cache akan menumpuk dan memenuhi memori.

Anda harus membersihkannya secara teratur untuk membebaskan ruang penyimpanan. Cara masuk Pengaturanuntuk memilih PenyataanMencari Toko mainan dan tekan Hapus cache. Dengan demikian, aplikasi akan lebih mudah dari sebelumnya.

4. Hapus Data Play Store

karena playstore yang didownload terus loading

Jika menghapus cache tidak cukup, Anda juga dapat mencoba menghapus data play store. Namun sebelum itu, ketahuilah bahwa data log akan dihapus secara permanen.

Jika Anda memiliki data penting, Anda mungkin ingin mencadangkannya terlebih dahulu. Cara menghapus data tidak jauh berbeda dengan cara di atas. Memasuki Pengaturanlalu pilih PenyataanMencari toko mainan dan tekan Hapus data.

5. Tutup paksa Play Store

karena playstore yang didownload terus loading

Play Store yang gagal loading juga bisa disebabkan oleh proses yang salah. Itu sebabnya Anda dapat mencoba tips untuk memulai ulang aplikasi Play Store itu sendiri.

Tutup paksa pertama melalui Pengaturankemudian PenyataanMencari Toko mainan dan keran Berhenti paksa. Kemudian buka lagi play store untuk memperbaiki error yang terjadi tadi.

6. Perbarui Play Store ke versi terbaru.

karena playstore yang didownload terus loading

Tidak hanya aplikasi biasa yang perlu diupdate, Playstore juga rutin diupdate. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan play store Anda diperbarui ke versi terbaru.

Ini juga bisa menjadi alasan penundaan unduhan karena bug di versi yang belum diperbarui. silakan masuk Pengaturan play store, lalu klik beberapa kali pada bagian tersebut Versi Play Store. Jika pembaruan tersedia, Anda dapat segera memperbaruinya.

7. Perbarui versi Android Anda

karena playstore yang didownload terus loading

Google juga menyediakan sejumlah pembaruan untuk sistem operasi Android itu sendiri. Ini harus memperbaiki berbagai bug di versi sebelumnya.

Baca juga:   15 Cara Edit Foto di Fotor: Gratis, Terbaik, Fitur Keren

Pastikan Anda telah memperbarui Android ke versi terbaru. Karena jika tidak, maka bug pada sistem Anda akan mengganggu pengoperasian smartphone itu sendiri, termasuk aplikasi yang ada di dalamnya.

8. Lakukan reset pabrik

karena playstore yang didownload terus loading

Ini adalah pilihan terakhir jika tips di atas tidak berhasil. Anda dapat melakukan reset pabrik pada ponsel Android Anda, yang akan mengatur ulang ponsel cerdas Anda ke pengaturan pabrik.

Tetapi pertama-tama Anda perlu menekankan bahwa data Anda juga akan dihapus. Jadi pastikan Anda mem-backup data-data penting Anda terlebih dahulu.

9. Hapus partisi cache

karena playstore yang didownload terus loading

File cache dan sampah tidak hanya meninggalkan aplikasi. Sistem Android itu sendiri juga memiliki cache yang terakumulasi dari waktu ke waktu.

Lihat juga: Cara mem-flash ponsel Android.

Untuk dapat membersihkannya, Anda harus masuk ke recovery mode terlebih dahulu. Caranya tergantung merk smartphone, ada yang menggunakan kombinasi tombol. daya + volume naiktapi ada juga power + volume turun. Silakan coba pada perangkat yang sesuai.

10. Ubah ke firmware khusus

karena playstore yang didownload terus loading

Jika macet tetapi tidak memberikan hasil apa pun, coba ganti ROM. Namun, metode ini hanya direkomendasikan untuk mereka yang berpengalaman.

Jika Anda orang awam, tanyakan pada teman atau orang yang tahu cara upgrade ke custom ROM. Mengapa? Sebab, jika dilakukan sembarangan, bahkan bisa menyebabkan perangkat boot up atau bahkan tidak bisa dioperasikan sama sekali.

Ada banyak ROM khusus yang dapat Anda coba tergantung pada perangkat dan versi Android Anda.

11. Ubah Akun Gmail

Jika ini masih tidak berhasil, mungkin ada yang salah dengan akun Google Anda. Silakan, Anda dapat membuat akun Gmail di ponsel Android Anda. Kemudian masuk seperti biasa dan ubah akun Gmail Anda di Play Store.

Baca juga:   Download Resetter Epson L3110 Gratis + Cara Penggunaan

12. Gunakan toko aplikasi lain

karena playstore yang didownload terus loading

Jika semua tips dan trik di atas sudah dicoba namun tidak ada yang berhasil, maka saatnya mencari alternatif lain. Anda bisa mencoba berbagai app store selain Playstore.

Mereka juga menyediakan berbagai macam APK yang dapat Anda unduh secara gratis. Apa saja contoh penerapannya? Sangat mirip dengan Mobogenie atau Apptoid. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca daftar aplikasi alternatif Playstore.

Berikut beberapa cara mengatasi delay loading aplikasi Android Playstore. Semoga trik di atas bisa membantu menyelesaikan masalah download yang terus diupload ke Play Store.

Jika ada di antara Anda yang memiliki saran lain, silakan posting di bawah ini. Bagi yang punya pertanyaan seputar artikel di atas, bisa juga tinggalkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com