Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kecepatan internet Anda bisa cepat atau lambat, salah satunya adalah tempat tinggal Anda. Dimana semakin jauh jaraknya, semakin kecil kekuatan sambungannya. Ini berlaku untuk semua penyedia.

Jadi jika Anda tinggal jauh dari menara dan di daerah pedesaan yang terpencil, koneksi internet Indosat Anda akan tetap lambat.

Untuk alasan ini, sebagian besar koneksi internet di daerah pedesaan lebih lambat daripada di kota, karena biasanya terletak jauh dari menara transmisi. Indosat merupakan salah satu provider yang kecepatan internetnya cukup cepat.

Cara mengatasi internet indosat lemot

Nah, buat kamu yang sering merasa koneksi internet indosat kamu lemot. Selanjutnya, teknoinside akan menjelaskan beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Putuskan dan sambungkan kembali

Jika indosat anda lemot saat digunakan untuk browsing dan keperluan lainnya, bahkan terkadang tidak merespon sama sekali, anda bisa mencoba memutuskan koneksi kemudian menghubungkan kembali internet indosat anda.

Ketika kita menghubungkan laptop HP kita ke internet, perangkat kita mendapatkan alamat IP otomatis yang diberikan oleh ISP, alamat IP ini berbeda untuk setiap perangkat.

Nah, jika internet Anda lemot, coba cara ini. Saat melepas dan menghubungkan kembali, Anda akan mendapatkan alamat IP baru, yang perlahan-lahan menjadi alamat IP baru dan cepat.

2. Pengaturan hotspot Indosat

5 hotspot Indosat Ooredoo tercepat dan cara settingnya 1

Seperti penyedia lainnya, Indosat juga memiliki beberapa pengaturan APN yang berbeda. jalur akses (nama titik akses) itu adalah gerbang yang menghubungkan dan juga mengidentifikasi koneksi antara kartu SIM yang Anda gunakan dan operator jaringan.

Ada beberapa setting hotspot Indosat. Anda dapat mengubah pengaturan ini untuk membuatnya lebih cepat. Di bawah ini adalah pengaturan Indosat yang dapat membuat internet Anda lebih cepat dan stabil:

  • Judul : Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Nama Pengguna: Indosat (bisa dikosongkan)
  • Password : Indosat (bisa juga dikosongkan)

Untuk menggunakan hotspot lainnya, Anda dapat membaca Cara menginstal hotspot Indosat tercepat.

3. Hidupkan ulang HP/modem Anda.

Anda tahu bahwa perangkat yang panas juga dapat menyebabkan kecepatan internet Anda turun. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menggunakan HP dan laptop pada saat panas dan sudah lama digunakan, karena hal ini dapat memperlambat kecepatan internet Anda.

Baca juga:   10 Cara Membuat Virtual Memory di Laptop Windows 7/8/10

Jika ponsel Anda menjadi hangat, coba mulai ulang dan tunggu hingga dingin sebelum menggunakannya kembali. Khusus untuk pengguna smartphone, Anda dapat menonaktifkan dan mengaktifkan kartu SIM Anda agar sinyal tetap terupdate.

4. Siapkan 4G saja

Seperti yang kita ketahui, jaringan 4G memiliki kecepatan berkali-kali lipat dibandingkan 3G. Untuk menggunakan jaringan 4G Indosat, Anda harus memastikan bahwa kartu Indosat Anda mendukung 4G.

Pastikan juga smartphone yang Anda gunakan mendukung 4G dan wilayah Anda tercover oleh jaringan 4G Indosat. Jika mendukung semuanya, silahkan set ke 4G LTE Only agar jaringan tidak berubah menjadi 3G.

Lihat juga: Cara mengubah 3G ke 4G.

5. Aktifkan cache browser

cara menghapus cache dan cookie di mozilla firefox di laptop 3

Tidak hanya dari operator, smartphone Anda juga bisa menjadi penyebab internet indosat lemot, yang disebabkan oleh cache browser.

Caching pada komputer/ponsel berguna untuk menyimpan data yang telah diproses oleh sistem agar sistem dapat mengingatnya dan melakukan reload data dengan cepat.

Nah, pada browser ini cache berguna untuk menyimpan file seperti gambar, teks, script, dll sehingga anda tidak perlu mendownload ulang file tersebut saat browsing.

Cache ini biasanya langsung diaktifkan di browser tertentu, namun ada juga yang berfungsi untuk menonaktifkan cache ini. Untuk melihat pengaturan untuk cache ini, Anda dapat melihat ke pengaturan browser Anda.

Lihat juga: Cara menghapus cache browser.

6. Gunakan perangkat lain

Setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangkap sinyal dan kecepatan internet maksimal yang dapat digunakan. Hal ini nantinya akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet Anda.

Nah, di sini Anda bisa mencoba dari perangkat lain, misalnya menggunakan modem. Jadi, Anda cukup memasukkan kartu Indosat ke modem. Anda juga bisa menggunakan handphone lain yaitu menggunakan hotspot.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Demikian panduan yang bisa Teknoinside bicarakan tentang cara mengatasi internet Indosat yang lemot. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan internet Anda. Jika anda punya cara lain untuk mengatasi internet lemot indosat silahkan komentar di bawah, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com