Launcher adalah aplikasi yang memudahkan pengalaman pengguna android karena dengan bantuan launcher, pengguna dapat mengubah tampilan ponsel, menambahkan pintasan, dan hal lainnya. Peluncur memainkan peran yang sangat penting untuk ponsel Android karena Anda tidak dapat menggunakan ponsel Android Anda tanpa peluncur.

Ketika launcher sudah terpasang di android, maka semua aplikasi yang ada di handphone akan muncul dan untuk membukanya tinggal tap menu launcher dan aplikasi akan langsung terbuka secara otomatis.

Cara mengatasi launcher stop di hp android

Namun launcher juga bisa mengalami kendala yaitu tiba-tiba freeze atau berhenti tiba-tiba, bisa juga mengalami “force close” atau yang sering disebut dengan berhenti tiba-tiba.

Hal ini tentu sangat mengganggu bagi pengguna ponsel android, namun pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi launcher.

1. Mulai ulang ponsel Anda

Ketika ponsel Android secara otomatis restart, aplikasi yang berjalan akan dihentikan, sehingga ketika ponsel dihidupkan kembali, itu akan segar atau sama seperti saat aplikasi dibuka semula.

Cara ini adalah cara yang harus dilakukan karena tidak akan menyebabkan ponsel Anda error atau bermasalah lagi.

2. Hapus data dan cache aplikasi

bersihkan cache whatsapp

Jika Anda menghapus data aplikasi, pengaturan di aplikasi akan kembali normal. Namun dengan cara ini memungkinkan untuk mengalahkan launcher yang tertutup paksa atau tiba-tiba berhenti, tentu tidak masalah bukan?

Lebih baik kembali normal dan bisa mengatasinya lagi daripada berurusan dengan launcher yang macet atau semacamnya. Caranya sebagai berikut, saya jelaskan cara menggunakan Samsung.

  1. Membuka Lokasi
  2. Kemudian pilih dan klik Manajer aplikasi
  3. Jika sudah, silahkan pilih dan klik tab All, kenapa harus pilih tab ini? Karena launcher bawaan ponsel Android tidak ditampilkan di tab Download.
  4. Setelah itu cari nama launcher yang bermasalah, misal bisa disebut front launcher Samsung TouchWiz atau launcher pihak ketiga yaitu Nova Launcher
  5. Kemudian, setelah langkah-langkah di atas selesai, pilih dan klik Hapus cache kemudian Hapus data.
Baca juga:   dalam Pixel, Mm, Cm, Inch Lengkap

3. Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi

2 Cara Uninstall Banyak Aplikasi Sekaligus di Hp Android

Setiap ponsel memiliki kapasitas yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasinya masing-masing.

Jika Anda terlalu banyak menginstal aplikasi atau tergolong orang yang suka mengoleksi aplikasi, sebelum melakukan aktivitas tersebut, ketahui dulu karakteristik ponsel Anda agar ponsel tidak mengalami kelebihan kapasitas.

Apakah itu penting? tentu iya, coba anda bayangkan jika handphone kelebihan kapasitas, tentu kinerjanya akan lemot, launcher juga akan mengalami masalah, bisa freeze atau tiba-tiba berhenti “force close”.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengoleksi aplikasi sebagai hobi Anda, namun ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu karakteristik ponsel Anda sebelum melakukan hal-hal tersebut.

4. Banyak aplikasi berjalan di latar belakang

Perlu anda ketahui bahwa aplikasi yang berjalan di background memakan banyak RAM, untuk mengatasi hal tersebut cek terlebih dahulu apakah memang banyak dan aplikasi tersebut dirasa kurang penting, anda bisa force stop.

Ada beberapa aplikasi untuk membebaskan RAM di ponsel Anda karena RAM penuh juga dapat memengaruhi program startup yang lambat dan tentu saja dapat memengaruhi kinerja ponsel Anda.

Jadi saran saya kalau ada aplikasi yang kurang penting sedang berjalan atau sedang aktif, force stop saja kalau tidak penting.

5. Diganti dengan peluncur pihak ketiga

Mengganti launcher merupakan salah satu cara untuk mengatasi launcher hp Android yang tiba-tiba berhenti. Jika sudah diganti dan tetap tidak ada perubahan, unduh saja launcher dari Google Play.

Ada banyak launcher dengan fitur berbeda yang berlimpah dan tidak membosankan, tergantung selera Anda dan bagaimana Anda memilih launcher yang tepat untuk ponsel Anda.

Salah satu rekomendasi terbaik menurut saya NovaLauncher karena banyak orang menyukai peluncurnya.

Baca juga:   5 Cara Mengetahui Unfollow Akun Instagram (Terbukti)

6. Pindai dengan antivirus tepercaya

Virus atau malware adalah program yang dibuat untuk tujuan membunuhnya, virus itu sendiri dapat merusak peluncur, sehingga seperti yang dapat kita lihat peluncur dapat menutup paksa, macet, macet, atau bahkan kesalahan.

Lihat juga: aplikasi antivirus untuk android.

Untuk mengatasinya, scan dengan antivirus kesukaan Anda yang menurut Anda terbaik dan terpercaya.

Saya sarankan menggunakan antivirus Malwarebytes Anti-Malware, karena antivirus ini tergolong antivirus yang performanya bagus dan juga terpercaya menurut saya.

7. Reset/reset pabrik

cara me-restart smartphone android

Cara ini cukup riskan karena akan memaksa ponsel Anda melakukan reset ke pengaturan pabrik atau sering disebut factory research. Jika Anda melakukan cara ini, ponsel Anda akan seperti baru, seperti baru saja keluar dari pabrik.

Baca juga : Cara Reset HP Android.

Semua data di memori internal akan dihapus bersama dengan aplikasi yang diinstal. Jika ingin menggunakan cara ini, silahkan buat backup terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar data-data penting tidak hilang. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Memasuki Lokasi
  2. Pilih dan klik Cadangkan dan Setel Ulang
  3. Setelah itu pilih dan klik Atur ulang data
  4. Kemudian tunggu beberapa menit hingga proses selesai. Untuk mengatur ulang pengaturan, Anda dapat melakukannya dengan dua cara: cara pertama melalui pengaturan, seperti yang dijelaskan di atas, dan cara kedua melalui mode pemulihan.

8. Perbarui/perbarui firmware

Update firmware bisa digunakan untuk mengurangi bug ROM, tidak hanya itu juga bisa digunakan untuk mengatasi launcher yang force close. Maka dari itu, untuk mengatasi launcher yang tiba-tiba berhenti, cara ini bisa dilakukan dan bisa juga anda coba.

Lihat juga: Cara memperbarui Android.

Biasanya saat update/pembaruan, secara otomatis mengembalikan sistem, aplikasi di dalamnya juga akan menjadi aplikasi terakhir. Silahkan anda bisa mencoba cara ini, anda bisa mencoba melalui handphone langsung atau melalui tools di pc anda.

Baca juga:   6 Ukuran Foto & Video Instagram: Feed, Story, IGTV

Kesimpulan

Berikut cara mengatasi launcher stuck dan quit di hp android dengan mudah. Semoga cara diatas berhasil dan selamat mencoba. Jika ada pertanyaan atau masih ragu, silahkan posting di kolom komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com