Jika Anda sering menggunakan program atau software di komputer Anda, tentunya pernah menjumpai program yang tidak merespon program yang sedang berjalan.

Salah satu alasan untuk masalah ini adalah terlalu banyak program yang berjalan pada waktu yang bersamaan.

Ketika program yang kita jalankan tiba-tiba berhenti merespon atau tiba-tiba berhenti, itu menjadi salah satu hal yang paling menyebalkan.

Pasalnya hal ini dapat menyebabkan komputer yang kita miliki berhenti bekerja dan tidak dapat bekerja untuk sementara waktu.

Untuk itu, jika Anda masih belum yakin apa yang harus dilakukan dengan program yang tidak merespons, maka pada artikel kali ini Technoinside akan memberikan tips cara melakukannya. mengatasi aplikasi yang tidak responsif.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu program tidak responsif selain terlalu banyak program yang dibuka dalam waktu bersamaan.

Ternyata ini juga disebabkan oleh aktivitas RAM dan CPU yang berlebihan. Jika demikian, kita dapat menambah jumlah RAM tanpa menggunakan RAM asli, Anda dapat membaca panduan menambah RAM laptop.

Jika RAM dan CPU kecil tetapi dipaksa menjalankan banyak program secara bersamaan, maka program tidak akan merespon atau berhenti bekerja.

Cara mengatasi aplikasi tidak responsif

Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat melakukan satu hal: jangan membuka terlalu banyak program secara bersamaan.

Anda juga harus melihat berapa banyak daya RAM dan CPU komputer yang Anda gunakan sebelum membuka program. Adapun cara mengatasinya, langsung saja kita simak cara berikut ini.

1. Melalui pengelola tugas

1. Langkah pertama tekan tombol keyboard Menangkan+R serentak.

2. Kemudian ketik “Pengelola tugas” dan tekan Bagus.

cara mudah mengatasi program unresponsive di windows 10

3. Setelah itu akan terbuka task manager, kalian bisa klik Lagi untuk mencari aplikasi yang berjalan penuh.

cara mudah mengatasi program unresponsive di windows 10

4. Setelah Anda menemukan aplikasi yang tidak merespons, Anda dapat memilihnya lalu tekan tugas akhir.

cara mudah mengatasi program unresponsive di windows 10

5. Kemudian Anda bisa menutup aplikasi task manager.

Lihat juga: Cara menghilangkan rasa beku.

2. Nonaktifkan perangkat lunak/sistem karena tidak merespons

Anda dapat menggunakan cara mudah berikut ini untuk mengatasi masalah laptop atau komputer not responding, yaitu dengan menonaktifkan software atau sistem yang menyebabkan laptop atau komputer anda berhenti merespons.

Dengan begitu, laptop atau komputer Anda akan kembali beroperasi normal seperti sedia kala. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya terkait dengan RAM laptop/komputer yang rendah.

Baca juga:   Cara Blokir Akses Internet Aplikasi di Laptop PC: Lengkap

Sebagai aturan umum, laptop yang sering tidak responsif baik karena perangkat lunak atau sistem sering ditemukan pada laptop spek rendah yang lebih tua. Misalnya pada laptop yang biasanya memiliki RAM 1 GB. Oleh karena itu, instal software yang ringan agar laptop Anda tidak bereaksi.

3. Hapus perangkat lunak yang tidak perlu.

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah uninstall atau uninstall software yang tidak penting atau jarang digunakan terutama untuk software dengan ukuran besar, karena akan mempengaruhi kinerja laptop/komputer anda.

Oleh karena itu perlu anda perhatikan, jika anda ingin menginstal sebuah game khususnya game yang berukuran besar hingga tiga gigabyte, maka anda perlu melihat terlebih dahulu spesifikasi laptop anda dan jangan memaksakan laptop anda jika tidak bisa. membelinya.

4. Jangan membuka program secara bersamaan

Memang laptop dengan versi terbaru tentunya memiliki kemampuan multitasking yang lebih baik dibandingkan dengan laptop lawas.

Karena laptop dengan versi yang lebih baru tentunya memiliki spek yang lebih tinggi, baik karena prosesor yang lebih baik maupun RAM yang lebih besar, sehingga memungkinkan untuk membuka program secara bersamaan.

Jadi, jika laptop yang kamu gunakan memiliki spek yang kurang baik, apalagi dengan RAM yang kecil, jangan buka programnya sekaligus agar laptop tidak merespon.

Buka hanya program yang Anda butuhkan, dan Anda dapat membuka program lain jika Anda telah menutup program lain.

5. Pindai virus dan malware

Virus dan malware sejauh ini merupakan salah satu masalah paling umum yang dihadapi di hampir setiap laptop atau komputer. Jika laptop terkena virus atau malware, laptop akan melambat, membeku, dan bahkan mogok secara spontan.

Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus menginstal perangkat lunak antivirus dan antimalware di laptop Anda dan melakukan pemindaian secara teratur. Dengan demikian, laptop Anda akan terlindungi dari virus dan malware.

6. Perbarui driver Anda

Salah satu penyebab laptop tidak merespon atau hang bisa disebabkan oleh update software atau driver. Banyak pengguna laptop/komputer yang tidak mengetahui betapa pentingnya driver.

Baca juga:   8 Aplikasi Baca Novel Android Gratis: Terbaik 2022

Nah, jika ingin mendapatkan fitur baru, Anda bisa mengupdate driver ke versi terbaru. Selain bisa mendapatkan fitur baru, update driver juga bisa membantu laptop yang sering tidak responsif, freeze, crash, dll.

7. Masuk ke Safe Mode

Jika laptop atau komputer Anda masih tidak responsif atau tidak merespons dalam waktu singkat. Anda kemudian dapat mematikan laptop atau komputer Anda dan masuk ke Safe Mode atau Mode Aman.

Karena safe mode adalah sistem dasar Windows saat pertama kali diinstal. Dengan demikian, dalam mode aman penggunaannya sangat terbatas, karena hanya fungsi dasar yang aktif dan dapat digunakan.

Masuk ke menu safe mode sebenarnya sangat sederhana. Namun, ada perbedaan cara masuk ke safe mode antara laptop/komputer satu dengan lainnya tergantung merk dan tipenya. Tapi biasanya dengan tombol F2 atau F8 untuk masuk ke mode aman.

8. Periksa RAM dan CPU Anda

Dengan langsung mengecek RAM atau CPU di laptop atau komputer anda apakah ada kerusakan, korsleting, kotor atau yang lainnya, hal ini bisa anda lakukan untuk mengatasi laptop atau komputer yang sering tidak responsif. Lakukan ini secara rutin sebulan sekali atau dua bulan sekali.

9. Tambahkan RAM

Memang kebanyakan laptop dan komputer yang sering tidak responsif atau sering lemot disebabkan oleh penggunaan RAM yang terlalu tinggi mencapai 80% ke atas. Apalagi jika RAM di laptop Anda kecil, tentu saja kemungkinan tidak merespons akan semakin besar.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menambah besaran RAM pada laptop atau komputer anda agar performa laptop atau komputer anda menjadi maksimal.

10. Instal ulang sistem operasi

Masalah pada laptop atau komputer yang sering tidak merespon dapat disebabkan oleh program tersembunyi, virus atau malware yang terdapat pada drive C, karena sebenarnya drive tersebut berfungsi sebagai pusat penyimpanan berbagai program dan data.

Jadi jika anda tidak ingin repot mencari malware, virus atau malware atau file berbahaya lainnya. Anda kemudian dapat menginstal ulang sistem operasi di laptop atau komputer Anda.

Saat Anda menginstal ulang sistem operasi, semua isi drive C akan dihapus dan diganti dengan sistem baru. Cara ini sangat sederhana dan tentunya cepat.

Lihat juga: Cara menginstal Windows 7.

Cara mengatasi aplikasi tidak responsif

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi program Not Responding di Windows dengan cara membuat shortcut dari program Taskkill.

Baca juga:   10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik 2022: di Laptop PC

1. Buat pintasan

Pertama pergi ke mana saja di halaman desktop, lalu pilih Buat > Pintasan untuk membuat label baru.

cara mengatasi pemrograman yang tidak merespon di windows tanpa task manager

2. Masukkan perintah

Selanjutnya masukkan perintah taskkill.exe /f /fi “Status equalizer tidak merespons” lalu tekan Lanjut.

cara mengatasi pemrograman yang tidak merespon di windows tanpa task manager

3. Isi nama label

Kemudian masukkan nama untuk pintasan, lalu klik menyelesaikan.

cara mengatasi pemrograman yang tidak merespon di windows tanpa task manager

4. Atur Pintasan Keyboard

Jika Anda telah membuat pintasan Taskkill, klik kanan. Kemudian pilih menu Karakteristik.

cara mengatasi pemrograman yang tidak merespon di windows tanpa task manager

5. Pilih OK

Setelah itu, dari samping Hotkey, Anda dapat menggunakan huruf apa saja pada keyboard. Saat ini, technoinsider akan menggunakan tombol tersebut D.

Maka secara otomatis kita akan menggunakan shortcut untuk membuka program Taskkill yaitu Ctrl+Alt+D. Lalu dari samping Laritentukan pilihanmu diminimalkan.

Memiliki Minisized, program ini dapat berjalan di latar belakang. Jika Anda menekan BAGUS.

Kesimpulan

Banyak faktor yang bisa menyebabkan laptop atau komputer menjadi tidak responsif atau tidak responsif, mulai dari virus, malware, RAM, program yang terlalu besar, dll.

Oleh karena itu, instal program sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer Anda agar tidak mengalami masalah ini.

Pertanyaan dan jawaban

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan dan mungkin beberapa hal yang ingin Anda tanyakan juga.

Metode mana yang paling berhasil?

Menurut pengalaman kami, cara paling sukses adalah menambahkan lebih banyak RAM jika Anda memiliki lebih banyak anggaran.

Alasan umum untuk tidak merespons?

RAM terlalu kecil, serangan virus dan malware, spesifikasi laptop tidak memenuhi persyaratan.

Tpis jadi laptopnya gak respon?

Jangan membuka banyak program secara bersamaan, tetapi buka hanya program yang Anda gunakan.

Nah itulah beberapa artikel yang bisa technoinside bagikan tentang cara mudah mengatasi no response di windows yang bisa anda gunakan untuk force close program komputer.

Sekian dari teknoinside, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Semoga beruntung.


https://storyforgeproductions.com