Selain masalah tersebut, ternyata masih banyak lagi masalah lain yang menyebabkan printer kesayangan anda sering gagal cetak atau macet.

Ada beberapa tips khusus bagi pengguna printer inkjet Epson Stylus, usahakan jangan terlalu sering dinyalakan/dimatikan karena printer menghabiskan banyak tinta setiap kali dihidupkan.

Pada kesempatan kali ini teknoinside akan memberikan beberapa tips cara mengatasi printer stuck secara detail, mungkin anda pernah menjumpai hal serupa karena ketika ingin mencetak tiba-tiba printer tidak bisa memprosesnya.

Masalah ini sering terjadi, namun jangan khawatir printer anda bisa rusak karena masih banyak lagi hal atau penyebab yang bisa diperbaiki dengan cara berikut ini.

Cara mengatasi printer macet saat mencetak

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Teknoinside akan memberikan beberapa artikel tentang cara mengatasi printer stuck yang tidak bisa print, atau mungkin artikel ini bisa menjadi referensi atau bisa menambah pengetahuan atau pengetahuan anda. Baca lebih lanjut di bawah ini.

1. Sambungan terputus antara printer dan komputer

pencetak macet

Kabel USB (kabel data) untuk menghubungkan printer ke komputer bermasalah dapat menyebabkan printer terputus dari komputer.

Oleh karena itu, Anda harus memeriksa apakah kabel USB yang Anda gunakan dalam kondisi baik, dan periksa juga apakah kabel USB yang menghubungkan printer dan komputer dalam keadaan baik.

Untuk mengeceknya, anda bisa mencoba kabel data yang berbeda untuk memastikan kabel data yang anda gunakan tidak bermasalah.

Lihat juga: Cara berbagi printer.

2. Driver printer bermasalah

Driver printer yang bermasalah dapat menyebabkan printer gagal menerima data dari komputer dengan baik karena proses pengiriman data yang bermasalah, sehingga koneksi antara printer dengan komputer anda akan terputus.

Jadi pastikan driver printer anda sudah terinstall dengan benar, karena jika anda menginstall driver yang jelek maka printer anda tidak akan bisa digunakan. Jika Anda telah menginstal driver, periksa statusnya dengan menjalankan program.

Untuk memastikan driver printer yang Anda gunakan tidak menimbulkan masalah, Anda dapat mencoba menginstal ulang driver printer tersebut.

Baca juga:   10+ Cara Download Film di HP & Laptop (Terbaru 2023)

3. Kabel printer lepas

Jika anda sedang mencetak sesuatu pada printer anda tetapi tidak bisa mencetak, maka anda harus mengecek terlebih dahulu apakah printer anda hidup atau mati, jika printer yang anda gunakan mati, maka printer yang anda gunakan tidak dapat mencetak dokumen yang anda perlukan.

Jadi periksa listrik di rumah anda apakah listrik di rumah anda sudah menyala atau belum dan periksa stopkontak di rumah anda apakah sudah menyala atau belum.

Pastikan juga kabel power yang terhubung ke printer dalam keadaan baik dan pastikan tombol power pada printer sudah menyala.

4. Kartrid terpasang dengan tidak benar

Masalah selanjutnya adalah jika cartridge tidak terpasang dengan benar maka printer yang anda gunakan tidak akan bisa bekerja atau macet.

Untuk mengatasi masalah ini, buka cartridge, segera pasang, dan pastikan cartridge terpasang dengan benar.

5. Tita keluar

Jika printer Anda kehabisan tinta, printer yang Anda gunakan tidak akan dapat mencetak dokumen yang ingin Anda cetak.Printer masih berfungsi, tetapi tidak ada teks atau gambar yang tercetak di atas kertas.

Jadi yang perlu Anda ingat adalah ingat dan selalu periksa tinta di printer Anda secara teratur jika Anda ingin menggunakannya dan isi ulang tinta jika Anda merasa kehabisan tinta.

Anda bisa mengecek tinta printer yang anda gunakan pada cartridge, jika head cartridge kering, kemungkinan tinta tinggal sedikit. Namun jika menggunakan printer dengan jenis pengisian tinta dengan cara infus.

Maka yang harus Anda lakukan adalah memeriksa isi kartrid tinta printer Anda. Sebaiknya isi ulang sebelum tinta habis jika isi tinta masih 20%, agar cartridge lebih awet.

Lihat juga: Printer infus terbaik.

6. Cartridge rusak (tidak terdeteksi)

Jika Anda telah membersihkan kartrid tetapi tidak terdeteksi, mungkin rusak.

Jika cartridge rusak, solusinya adalah menggantinya dengan cartridge baru.

7. Kartrid Kotor – Membersihkan Kepala

kepala cuci

Catridge tinta yang kotor dapat menyebabkan hasil cetakan printer anda belang atau belang, solusinya anda dapat mencoba membersihkan print head terlebih dahulu.

Baca juga:   10 Aplikasi Membuat CV di HP Android: Terbaik 2022

Untuk membersihkan kepala cetak, buka perangkat lunak atau aplikasi pemeliharaan printer di komputer Anda, lalu pilih menu pembersihan kepala cetak. Ulangi ini dua atau tiga kali setelah membersihkan print head dan periksa hasil cetaknya.

Jika masalah berlanjut, coba bersihkan head secara manual dengan melepas cartridge head dari printer dan bersihkan dengan tisu.

Baca juga: Mengatasi print belang.

8. Tinta kering

tinta kering

Jika tinta pada printer Anda mengering, dapat menyumbat lubang semprotan tinta, sehingga tinta yang disemprotkan pada printer tidak dapat keluar, yang dapat menyebabkan kegagalan atau kemacetan pencetakan dokumen.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan metode deep cleaning atau manual. Untuk cara manual, Anda bisa melepas cartridge dari printer dan berhati-hati jangan sampai menyentuh chip pada cartridge.

Pertama, Anda perlu menyiapkan air hangat dalam mangkuk, celupkan ujung kartrid ke dalamnya dan jangan biarkan air menyentuh chip pada kartrid.

Kemudian goyangkan cartridge hingga tinta pada cartridge mencair. Lakukan ini beberapa kali dan gunakan air hangat baru lagi.

Kemudian angkat dan keringkan kartrid dengan kain bersih atau lembut atau handuk kertas. Dan pastikan cartridge sudah benar-benar kering sebelum memasukkannya kembali ke dalam printer.

9. Kertas macet

Kemacetan kertas pada printer dapat disebabkan oleh kertas atau benda lain yang berhubungan dengan printer yang Anda gunakan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengeluarkan kertas atau benda lain yang ada di dalam printer Anda.

Caranya adalah anda harus mematikan terlebih dahulu printer yang anda gunakan, termasuk kabel data dan kabel power yang terhubung ke komputer dan listrik. Buka penutup atas printer, lalu buka hard separator.

Tarik perlahan sampai semua kertas yang macet di printer dibersihkan. Kembalikan pemisah kertas ke posisi semula dan tutup penutup atas seperti sebelumnya.

Masalah ini dapat terjadi karena kertas yang Anda gunakan tergulung atau menempel pada kertas lain.

Baca juga:   6+ Cara Menghapus Virus di HP Android Sampai Bersih

10. Printer melebihi batas cetak

Setiap printer memiliki batas cetak yang telah ditetapkan oleh produsen printer karena beberapa alasan. Jika batas cetak yang ditentukan terlampaui, printer tidak dapat mencetak atau macet.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan reset printer menggunakan software reset yang dapat diunduh secara online.

11. Rol penarik kertas rusak

Gulungan kertas atau penghapus kertas yang rusak pada printer juga dapat menyebabkan kemacetan kertas pada printer. Hal ini disebabkan adanya gangguan yang melemahkan kemampuan roller. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memeriksa terlebih dahulu apakah ada gangguan pada gulungan atau tidak.

Misalnya ada benda yang tersangkut di roda penggerak sehingga roda tidak bisa bergerak. Dan Anda juga dapat memeriksanya dengan membuka gulungan penutup, dan Anda dapat memeriksa jalur masuk dan keluar kertas.

Dan lihat apakah ada masalah pada porosnya, misalnya pengaitnya putus atau semacamnya. Jika gulungan rusak, harus diganti dengan yang baru.

12. Kertas terlalu banyak atau tebal

Printer juga memiliki batas kertas maksimal yang dapat ditampung di dalamnya. Jika printer Anda memiliki terlalu banyak kertas, printer akan kesulitan mengumpankan kertas karena tumpukan kertas terlalu tebal.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengurangi jumlah kertas di dalam printer. Kertas terlalu tebal dan terlalu besar, atau rol atau rol penarik mungkin tidak dapat mengumpankan kertas.

Hal ini dapat terjadi karena gulungan tidak cukup kuat atau karena tidak cukup ruang di dalam printer. Gunakan kertas yang lebih tipis untuk menghindari masalah ini.

Berikut adalah beberapa masalah umum pada printer Anda dan cara mengatasinya. Sekian artikel dari saya tentang cara mengatasi printer macet saat print gagal cetak.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cara mengatasi printer yang stuck atau tidak bisa mencetak, atau bisa memperluas wawasan tentang dunia teknologi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam.


https://storyforgeproductions.com