Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar. Printer sendiri tergolong alat keluaran karena dapat mengeluarkan dokumen kertas dan gambar, atau bisa disebut dengan hard copy.

Alat ini sangat berguna bagi anda yang masih sekolah atau sudah bekerja karena banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan printer untuk mencetak dokumen.

Printer mungkin mengalami 2 kemungkinan kejadian, yaitu antara online dan offline. Printer offline menunjukkan bahwa printer tidak dapat digunakan untuk mencetak. Sekarang kita telah membahas apa yang harus dilakukan dengan printer offline, kita perlu mengetahui alasannya juga.

Penyebab printer offline

Printer yang offline bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kertas macet, kertas habis, dan masalah koneksi kabel printer.

Selain dari printer offline, hal ini juga bisa disebabkan oleh driver printer yang teruninstall atau bahkan driver yang corrupt.

Jika hal di atas terjadi, Anda perlu memperbaiki driver, dan jika ada masalah dengan driver setelah perbaikan, printer akan segera terhubung ke jaringan dan dapat segera digunakan.

Kemudian kita juga bisa beralih ke cara bekerja dengan printer offline Canon, Epson, HP. Mengaktifkan printer merek lain itu mudah karena pada dasarnya pengaturannya sama.

Namun jika drivernya benar, maka kemungkinan besar printernya rusak. Dan tidak semua printer berfungsi dan bisa langsung online, ada kalanya printer perlu dilakukan secara manual di jaringan.

Cara memperbaiki printer offline

cara mengatasi printer offline

Oleh karena itu saya akan menjelaskan cara mengatasi printer offline agar bisa terkoneksi kembali ke jaringan dan digunakan secara normal, simak penjelasan berikut ini.

1. Membersihkan kertas di printer

Hal ini dilakukan jika muncul notifikasi atau notifikasi paper jam saat mencetak dokumen, hal ini menandakan bahwa kertas menempel pada printer Anda.

Baca juga:   6 Cara Blokir Nomor HP, Panggilan, SMS di HP Android

Perhatikan juga bentuk kertasnya, jika masih berupa lembaran, cukup dicabut saja tidak masalah, tetapi jika kertas melengkung dan tidak rata, maka harus dibongkar. printer untuk mengambil kertas.

Dan jangan lupa untuk mengambilnya, Anda harus berhati-hati untuk tidak mengambil kertas dengan mencongkelnya.

2. Menambahkan kertas ke printer

Hal ini dilakukan jika muncul notifikasi “No Paper” saat mencetak dokumen atau foto, hal ini menandakan bahwa printer telah kehabisan kertas, dan jika hal ini terjadi, segera isi kertasnya.

Akan lebih sulit untuk menentukan apakah printer kehabisan kertas jika printer tersebut adalah printer bersama atau printer tempat penyimpanan kertas dan printer cetak berada di ruangan yang berbeda.

3. Memeriksa kabel printer

Seperti yang saya jelaskan di atas, kabel printer yang rusak dapat membuat printer tidak dapat digunakan, yaitu offline.

Jika konfirmasi bahwa tidak ada masalah dengan driver, Anda harus memeriksa apakah kabel printer terpasang dengan benar.

Jika kabel tidak dipasang dengan benar, atau jika kabel telah rusak, seperti dimakan mouse atau putus, printer mungkin rusak.

4. Hentikan printer sebentar

Printer diibaratkan orang yang butuh istirahat jika sudah banyak melakukan pekerjaan. Saat Anda menggunakan printer, ada kalanya printer perlu istirahat dan hanya mencetak secara bertahap.

Hal ini sangat dianjurkan karena jika Anda memaksa printer untuk melanjutkan pencetakan, yang akan terjadi adalah printer justru akan memaksanya bekerja sehingga printer bisa rusak.

5. Tinta isi ulang

Tinta adalah bagian utama dan terpenting dari printer selain kertas, jika tidak ada tinta, kita tidak akan bisa mencetak kan? Oleh karena itu, jika tinta habis, printer dapat mati secara otomatis.

Baca juga:   10 Cara Bobol WiFi di Laptop & HP Android: Work 2022

Sebaiknya jangan menunggu sampai tinta habis sepenuhnya, jika tinta sudah mencapai batas sebaiknya segera diisi. Karena mengisi ulang tinta jika benar-benar kosong dapat merusak cartridge.

6. Perbarui driver/instal ulang driver printer

Driver printer merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan, karena jika semua perangkat printer dalam keadaan baik, kertas, tinta dan cartridge aman, tetapi drivernya rusak maka printer tidak akan bekerja sama sekali.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cek terlebih dahulu apakah driver printer sudah terinstall atau belum, dan jika sudah corrupt maka selanjutnya yang harus diperhatikan adalah install ulang driver printer tersebut.

Lihat juga: Cara menginstal driver.

7. Perbaikan komponen printer

Jika driver sudah OK, namun hardware printer rusak, maka harapan terakhir adalah memperbaiki printer. Karena hardware yang rusak langsung membuat printer offline, maka memperbaiki printer akan menjadi solusi yang tepat untuk membuat printer offline kembali.

Cara diatas merupakan cara mematikan printer jika sedang diperbaiki dengan hardware atau komponen printer karena masalahnya terletak pada hardware atau software.

Jika hal diatas sudah dilakukan, biasanya printer akan otomatis terkoneksi ke jaringan, namun jika belum, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara agar printer bisa online, namun secara manual dengan penjelasan berikut ini.

8. Di Windows XP dan Vista

  • Klik Mulai
  • Kemudian pilih Printer dan faks
  • Anda memilih dan klik Pencetak
  • Jika Anda memiliki klik kanan pada opsi Pencetak hapus daftar centang pada opsi Gunakan pencetak secara offline

9. Di Windows 7

  • Klik Mulai
  • Kemudian pilih Perangkat dan Printer
  • Jika Anda memiliki klik kanan pada opsi Pencetak untuk memilih Lihat apa itu Printing
  • Kemudian beberapa opsi lagi akan muncul secara otomatis, Anda klik dua kali pada opsi yang sama seperti sebelumnya. Lihat apa itu segel
  • Kemudian klik pada tab Pencetak dan kemudian batalkan pilihan Gunakan pencetak secara offline dalam kotak dialognya.
Baca juga:   8 Cara Pinjam Pulsa Smartfren 2022: Pulsa Darurat

10. Di Windows 8 dan 10

  • Memasukkan Kemenangan + saya pada keyboard, lalu buka menu Pengaturan
  • Untuk memilih Perangkat dan Printer
  • Untuk memilih Pencetak
  • Kemudian kita cek apakah printer sudah terhubung ke jaringan, akan muncul tulisan “Ready”, jika dinonaktifkan maka “Disabled”.
  • Jika Anda memiliki klik kanan pada opsi Pencetak untuk memilih Lihat apa itu segel
  • Kemudian beberapa opsi lagi akan muncul secara otomatis, Anda klik dua kali pada opsi yang sama seperti sebelumnya. Lihat apa itu segel
  • Kemudian klik pada tab Pencetak dan kemudian batalkan pilihan Gunakan pencetak secara offline dalam kotak dialognya.

Cara Memperbaiki Printer Offline Manual

cara memperbaiki printer offline semua merek

Selain langkah-langkah di atas, ini bisa menjadi alternatif jika Anda masih mengalami kerusakan. Disini kita akan memperbaikinya secara manual, berikut adalah cara memperbaiki printer offline di manual online.

  • Buka Mulai, ketik dan klik Printer dan Faks.
  • Kemudian akan muncul layar seperti di atas, klik dua kali printer yang terhubung.
  • Kemudian hapus centang pada kotak “Gunakan printer secara offline, maka akan terhubung ke jaringan.

Ini adalah tutorial tentang Cara membuat printer offline online semoga bermanfaat dan semoga membantu, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar yang telah disediakan, selamat mencoba.


https://storyforgeproductions.com