Apakah ponsel cerdas Anda mengalami masalah saat menyambung ke jaringan Wi-Fi? Di era super modern ini, kebutuhan akan internet tidak bisa dihindari.

Dan sekarang sudah banyak yang mulai beralih ke jaringan Wi-Fi agar bisa mengakses internet. Teknologi Wi-Fi memang memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan menggunakan layanan dari provider.

Terlebih lagi, ada juga banyak Wi-Fi yang tersedia di tempat-tempat umum yang dapat Anda gunakan secara gratis. Pasti susah kalau hp android tidak terkoneksi internet, sehari saja sudah sangat sakit.

Namun terkadang kita juga mengalami kesulitan saat ingin terhubung ke jaringan Wi-Fi. Masalah yang sering terjadi adalah smartphone Android kita tidak mau terkoneksi ke jaringan.

Mungkin Anda sendiri pernah atau sering mengalami hal ini dan bingung mencari alasan dan cara menghadapi kenyataan bahwa android tidak terhubung ke Wi-Fi.

Nah, pada kesempatan kali ini, Teknoinside akan membahas hal tersebut secara detail. Jadi silahkan tonton sampai habis.

Cara mengatasi hp tidak bisa konek ke wifi

ponsel tidak dapat terhubung ke wifi

Nah, pasti Anda bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki ponsel yang tidak mau terhubung ke Wi-Fi.

Anda mungkin juga telah mencoba berbagai kiat yang dibagikan di sana, tetapi tidak ada yang berhasil.

Namun jangan khawatir karena kami akan memberikan trik yang tepat untuk mengatasinya. Saya ingin tahu? Langsung saja simak tutorialnya dari teknoinside di bawah ini.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Windows 10 Tidak Menghubungkan Wi-Fi.

1. Pastikan waktu dan tanggal sudah benar

Ini mungkin tampak sepele, tetapi juga dapat menyebabkan masalah serius dengan ponsel cerdas Anda.

Contohnya saja seperti saat ini, terkadang pengaturan waktu dan tanggal yang salah juga dapat menyebabkan smartphone Anda tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Baca juga:   10 Aplikasi Karaoke Android Online Offline: Terbaik 2022

Jadi silakan periksa pengaturan HP Anda dan pastikan semuanya sudah diatur dengan benar.

2. Lupakan jaringan Wi-Fi yang tidak digunakan

Jika Anda salah satu pemburu Wi-Fi, tentu Anda sudah login ke banyak jaringan.

Sekarang semua nama jaringan biasanya akan disimpan di smartphone, dan jika banyak, pasti akan menumpuk.

Terkadang ini juga menyebabkan masalah, coba masuk ke pengaturan, lalu pilih Wi-Fi, lihat berapa banyak jaringan yang tersimpan di sana.

Jika terlalu banyak, klik salah satu yang tidak terpakai, lalu pilih lupakan / lupakan. Ini akan mengurangi jumlah jaringan yang tersimpan di ponsel cerdas Anda.

3. Jaringan Wi-Fi dalam keadaan terbatas

Mengenai hal ini, saya yakin kalian sering menjumpai hal ini, banyak orang yang tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi karena terbatas.

Jadi apa solusinya? Coba mulai ulang perangkat Anda, biasanya Anda dapat memperbaiki masalah ini. Jika tidak, coba lagi setelah beberapa saat, router mungkin baru saja dihidupkan, jadi statusnya masih dibatasi.

4. Periksa dan nonaktifkan layanan antivirus Anda

Aplikasi antivirus memang sangat penting dalam melindungi dari serangan virus dan malware.

Namun terkadang antivirus ini terlalu melindungi kita hingga membatasi jaringan yang bisa dimasuki.

Akibatnya, jaringan Wi-Fi yang mungkin baru dan belum dikenal diduga dalam keadaan bahaya, sehingga memblokirnya dan akhirnya gagal terhubung.

Jika ini terjadi, nonaktifkan layanan perlindungan antivirus untuk sementara waktu untuk menyambung kembali ke jaringan Wi-Fi.

5. Masalah router dan jaringan Wi-Fi

Dalam kasus terakhir, masalahnya mungkin bukan pada perangkat Anda, tetapi dengan sumber yang tidak berfungsi dengan benar.

Pastikan jaringan Wi-Fi yang Anda coba sambungkan berfungsi dengan baik.

Jika Anda dapat terhubung ke jaringan tetapi tidak dapat menggunakannya untuk mengakses Internet atau menjelajahi web, Wi-Fi mungkin terlalu lambat. Coba ganti perangkat jika memiliki yang sama.

Baca juga:   10 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris: Semua Merk Printer

6. Instal aplikasi Android Wifi Fixer.

Anda bisa mengatasi Wi-Fi Android yang tidak bisa browsing atau browsing internet, selanjutnya Anda bisa menggunakan Aplikasi Wifi Fixer.

Aplikasi ini akan menganalisis jaringan, kemudian memperbaiki koneksi Wi-Fi yang lemah dan membuatnya lebih kuat.

Selain menggunakan hotspot yang banyak digunakan orang, Anda dapat mengunduh aplikasi Wi-Fi fix dari Play Store.

7. Bersihkan Cache Android

Pada solusi keempat, Anda dapat menghapus cache Android yang mungkin menumpuk, perlu Anda ketahui bahwa untuk cache Android, jika Anda meninggalkan terlalu banyak untuk menumpuk, itu akan membuat Android terlalu berat dan menyebabkan Android lag.

Juga, Anda perlu menghapus cache di Android untuk memperbaiki masalah dengan koneksi Wi-Fi Anda yang tidak dapat mengakses internet, metode ini cukup mudah untuk Anda.

Lihat juga: Aplikasi untuk menghapus cache.

Pertama-tama, Anda terlebih dahulu menginstal aplikasi Pembersih lalu pilih menu clear cache, jika sudah maka matikan saja hp android anda dan keluarkan baterai selama 30 detik. Kemudian nyalakan kembali smartphone Android Anda lalu nyalakan jaringan Wi-Fi.

8. Bersihkan partisi cache

Ini adalah masalah umum bagi pengguna android, tetapi jika dibiarkan akan membuat Anda marah karena sedang menjelajah internet, mengapa putus.

Smartphone Android menghapus partisi cache yang tidak menghapus data pribadi Anda di perangkat android, maka Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah.

Lihat juga: Cara menghapus cache Android.

Caranya adalah anda harus masuk ke recovery mode terlebih dahulu sesuai dengan merk handphone yang anda gunakan, setelah itu tinggal pilih “Clear cache partition” yang bisa wipe cache. Tujuannya adalah untuk membuat smartphone lebih ringan.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab hp tidak bisa konek ke Wi-Fi, tapi di atas adalah pengalaman saya sendiri dan dijamin.

Baca juga:   4 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update

Nah kali ini pembahasan tentang beberapa cara mengatasi hp android yang tidak bisa konek ke jaringan wi-fi.

Semoga beberapa tips di atas bisa menjadi solusi bagi smartphone yang tidak mau terkoneksi dengan Wi-Fi. Jika Anda memiliki saran atau pertanyaan terkait artikel ini, silakan lihat di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com