Menggunakan Android yang memancarkan cahaya cukup terang pasti akan membuat mata kita silau dan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Apalagi jika Android digunakan di ruangan gelap, yang menyebabkan cahaya fokus tepat ke mata kita.

Salah satu solusi untuk mengurangi kecerahan perangkat Android kita adalah dengan meredupkan layar Android agar saat menggunakan Android tidak terlalu banyak memancarkan cahaya ke mata.

Kebanyakan orang biasanya kurang menyukai pencahayaan layar Android yang rendah, namun tentunya tergantung kebutuhan.

Misalnya kita harus menggunakan cahaya yang lebih terang di siang hari karena cahaya di android akan dibiaskan oleh cahaya luar seperti matahari.

Hal lain adalah ketika kita menggunakan ponsel di malam hari, meskipun cahayanya tidak begitu terang, tetapi cahaya dari luar hanya dari lampu jalan.

Atau mungkin tidak ada cahaya sama sekali, sehingga kecerahan layar android tidak terlalu dibutuhkan, melainkan Anda harus menggunakan kecerahan layar yang tidak terlalu terang.

Cara Mengurangi Kecerahan Layar di Ponsel Android

Nah sobat, untuk mengatur kecerahan pada ponsel android sebenarnya tidak sulit. Dan pada dasarnya fitur penyesuaian kecerahan layar sebenarnya sudah tersedia di ponsel android Anda.

Tapi kali ini saya akan merekomendasikan betapa mudahnya mengatur kecerahan Android dan pasti akan menyenangkan mata kita.

Baca juga: Cara Meredupkan Layar Laptop.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan aplikasi Night Screen Dimmer – Blue Light Filter untuk mengatur kecerahan layar Android. Di sini saya merekomendasikan langkah-langkah berikut.

1. Unduh Kecerahan Rendah

cara mudah mengatur kecerahan layar android 1

Silakan instal Aplikasi Lower Brightnes di Google Play Sore terlebih dahulu. Atau anda bisa mendownload dari link yang kami sediakan dibawah ini :

2. Buka aplikasi

Kemudian buka aplikasi Night Screen Dimmer – Blue Light Filter yang Anda instal sebelumnya.

Baca juga:   4 Cara Print Warna Hitam Putih Semua Merk Printer)

3. Sesuaikan kecerahan layar

Setelah itu, sesuaikan kecerahan seperti gambar di bawah ini.

cara mudah mengatur kecerahan layar android 2

4. Konfirmasikan perubahan

Kemudian pilih kotak centang seperti yang ditunjukkan di bawah ini, maka layar di android Anda akan sesuai dengan kecerahan yang telah Anda atur di aplikasi.

cara mudah mengatur kecerahan layar android 3

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah mungkin untuk meredupkan layar tanpa aplikasi?

Bisa. Sebenarnya, secara default, fungsi ini tersedia di panel notifikasi atau saat menggulir ke bawah panel notifikasi, biasanya di sana Anda dapat mengatur kecerahan layar ponsel, atau Anda dapat melalui pengaturan.

Apakah ada aplikasi lain untuk mengatur kecerahan layar?

Ada banyak aplikasi yang memiliki fitur serupa, yaitu hanya mengatur kecerahan layar.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, untuk mengatur kecerahan layar, sebenarnya setiap ponsel memiliki fitur, namun meski begitu, masih banyak orang yang kurang puas dengan tingkat kecerahan layar yang disediakan.

Itu sebabnya ada banyak aplikasi dengan fitur tambahan untuk mengatur kecerahan layar sesuai keinginan Anda. Silakan coba cara di atas, atau bisa juga menggunakan aplikasi lain yang sejenis.

Selain aplikasi yang disebutkan di atas, ada banyak aplikasi peredupan layar lainnya yang dapat Anda gunakan.

Demikian tips yang bisa saya rekomendasikan pada pembahasan kali ini tentang cara mengatur kecerahan layar android. Semoga tutorial di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang ingin mengatur kecerahan layar di Android Anda, yang pasti akan membuat mata Anda lebih sehat.

Jika ada yang ingin ditanya tentang apa yang saya sampaikan di atas, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar yang telah disediakan.


https://storyforgeproductions.com