Desktop adalah layar awal setelah Windows selesai memuat, atau layar beranda saat Anda masuk ke Windows. Jadi saya yakin istilah “windows” pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Apa tujuannya? Tujuan penempatan shortcut pada desktop adalah agar Anda dapat dengan mudah mengakses program atau file yang Anda butuhkan tanpa membuka menu Start atau membuka drive dan folder melalui My Computer terlebih dahulu.

Sedangkan jika kita menggunakan icon desktop, kita cukup klik dua kali pada icon tersebut, maka aplikasi atau file akan langsung terbuka.

Lihat juga: Cara mengubah ikon folder di Windows.

Namun biasanya, secara default, komputer Windows 10, 8.1, dan Windows 7 menampilkan ikon di desktop berukuran sedang. Dan bagi kebanyakan orang, ukuran ikon rata-rata mungkin terlalu besar atau terlalu kecil.

Cara memperkecil dan mengubah ukuran ikon desktop

Oleh karena itu, Anda memiliki opsi untuk mengecilkan atau memperbesar ikon desktop dari ukuran aslinya. Karena?

Caranya sangat mudah karena Anda bisa melakukannya dengan mudah dan sangat cepat. Baiklah, saya menulis cara mengurangi ikon desktop di komputer dengan Windows 7, Windows 8 atau 8.1 dan Windows 10.

1. Menggunakan keyboard dan mouse

Adapun cara mengecilkan dan memperbesar icon desktop bisa dikatakan sangat menyenangkan. Selain itu, dengan menggunakan keyboard dan mouse, ikon desktop dapat dikurangi dibandingkan dengan mengklik kanan.

Namun, jika Anda menggunakan laptop, yang Anda butuhkan hanyalah mouse. Sementara itu, jika Anda menggunakan komputer biasa, Anda harus menghubungkan keyboard dan mouse. Karena?

Caranya adalah Anda perlu menekan dan menahan tombol CTRL pada keyboard Anda dan kemudian gulir roda mouse ke belakang. Dengan demikian, ikon desktop Anda dapat dikurangi menjadi beberapa kali ukuran normalnya.

Kemudian, jika Anda ingin memperbesar ikon desktop, caranya hampir sama. Buat saja ke depan saat menggulir roda mouse.

Baca juga:   Cara Mengaktifkan & Menggunakan Bluetooth Laptop PC

2. Menggunakan menu konteks

inilah cara mudah mengurangi ikon desktop 1

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa melakukannya dengan mouse karena Anda bisa melakukannya lebih cepat. Namun, jika Anda menggunakan komputer layar sentuh, Anda hanya perlu menekan dan menahan area layar beberapa saat.

Membuat ikon desktop lebih kecil dengan mengklik kanan cukup mudah karena Anda cukup mengklik kanan pada area kosong di desktop Anda, sebuah tab muncul berisi beberapa pengaturan.

Kemudian, untuk membuat ikon lebih kecil atau lebih besar, pilih menu Lihat dan miringkan ke kanan.

Setelah itu, akan ada pilihan ikon Besar, ikon Sedang dan ikon Kecil. Untuk ikon desktop terkecil, pilih Ikon kecil, ikon sedang dipilih, dan untuk ikon terbesar, ikon Besar.

Nah, itulah dua cara mudah mengecilkan dan memperbesar ikon desktop yang saya rekomendasikan. Selain itu saya juga akan membagikan cara mengecilkan icon taskbar dan icon explorer dengan mudah. Yuk simak penjelasannya.

3. Cara Mengecilkan Ikon Taskbar di Windows 7

Untuk mempelajari cara mengubah ukuran ikon taskbar, ini khusus untuk pengguna Windows 7. Cukup klik kanan pada taskbar dan pilih Properties.

Selanjutnya, pada tab yang terbuka, centang opsi “Gunakan ikon kecil”. Sementara itu, jika Anda menginginkan ikon bilah tugas yang besar, hapus saja centang pada kotak ini. Bagaimana mudah bukan?

4. Cara Mengecilkan Ikon Taskbar di Windows 10

inilah cara mudah mengurangi ikon desktop 2

Untuk mempelajari cara mengubah ukuran ikon bilah tugas, ini khusus untuk pengguna Windows 10. Jika menu bilah tugas terlalu kecil, Anda dapat membuatnya lebih besar. Caranya klik kanan pada taskbar lalu pilih menu pengaturan taskbar.

Ini akan membawa Anda ke pengaturan taskbar jenis baru. Kemudian temukan menu “Gunakan tombol bilah tugas kecil” dan aktifkan. Sedangkan jika Anda menginginkan ikon taskbar berukuran besar, Anda hanya perlu menonaktifkan menu “Use small taskbar keys”.

Baca juga:   17 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop PC: Windows 7/8/10

5. Cara mengecilkan ikon di File Explorer menggunakan keyboard dan mouse

Untuk mengecilkan dan memperbesar ikon di File Explorer dengan cara ini, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka folder di File Explorer.

Kemudian tekan dan tahan tombol CTRL, lalu gulir roda mouse ke belakang (untuk memperkecil) dan maju (untuk memperbesar).

Untuk mengubah ukuran ikon folder atau file, pilih jalur dari menu Lihat. Alurnya terlihat seperti ini: Ikon Ekstra Besar > Ikon Besar > Ikon Sedang > Ikon Kecil > Daftar > Detail > Ubin > Konten.

Dengan cara ini Anda akan dapat mengubah ukuran ikon di File Explorer lebih cepat.

Lihat juga: Cara membuat kata sandi di Windows 10.

6. Mengklik menu tampilan

inilah cara mudah mengurangi ikon desktop 3

Anda dapat melakukannya secara manual dengan memilih mode tampilan ikon. Anda hanya perlu membuka folder di File Explorer. Kemudian pada tampilan atas, Anda akan melihat rangkaian menu seperti File, Home, Share, dan View.

Kemudian, untuk memperkecil atau memperbesar ikon atau thumbnail, pilih menu View. Setelah itu, dimungkinkan untuk menampilkan ikon dalam beberapa ukuran dan opsi.

Ada delapan pilihan menu untuk menampilkan ikon di File Explorer, yaitu:

  1. Ikon Ekstra Besar untuk menampilkan ikon yang sangat besar,
  2. Ikon besar untuk ukuran besar,
  3. Lencana sedang untuk ukuran sedang standar,
  4. Ikon kecil untuk ukuran kecil,
  5. Daftar untuk menampilkan ikon sebagai daftar,
  6. Detail untuk menampilkan ikon dalam daftar dengan informasi detail,
  7. ubin,
  8. Isi.

7. Dengan mengatur resolusi layar monitor

cara memperkecil ukuran ikon desktop

Resolusi layar monitor Anda juga dapat memengaruhi ukuran atau tampilan ikon desktop. Semakin tinggi resolusi layar, semakin besar ukuran ikon desktop.

Untuk itu sebaiknya atur ukuran resolusi layar agar sesuai dengan spesifikasi layar monitor laptop atau komputer Anda. Kondisi ini terkadang terjadi saat komputer sudah direset atau semacamnya saat resolusi layar tidak sesuai.

Baca juga:   10 Paket Internet Telkomsel 4G Unlimited + Murah 2022

Jadi, untuk memperbaikinya, yang harus Anda lakukan adalah mengubah resolusi layar Anda seperti ini:

  1. Klik kanan di desktop.
  2. Kemudian pilih Resolusi layar.
  3. Setelah itu di Izinsilahkan instal sesuai keinginan. Kami menyarankan Anda mengikuti rekomendasi yang disarankan Windows.
  4. Jika Anda mengklik Berlaku untuk melamar dan klik BAGUS.

8. Atur skala layar

cara memperkecil ukuran ikon desktop 2

Terakhir, Anda juga dapat mengubah skala layar komputer atau laptop untuk mengurangi ukuran ikon desktop dan bilah tugas agar lebih kecil.

Metode ini masih terkait dengan pengaturan resolusi yang digunakan pada metode sebelumnya. Jika Anda menggunakan metode sebelumnya dan ikon masih terlihat besar, skalanya mungkin tidak benar.

Nah silahkan atur timbangan di laptop anda :

  1. Klik kanan di desktop.
  2. Kemudian pilih Personalisasi.
  3. Kemudian pilih Menampilkan.
  4. Di sini silakan periksa bagian “Biarkan saya memilih tingkat zoom untuk seluruh tampilan saya”.
  5. Pilih yang mana Kurang dari – 100% (default).

Kesimpulan

Ikon desktop yang terlalu besar jelek dan dapat membebani komputer Anda. Itu sebabnya Anda harus mengurangi ukuran ikon desktop Anda. Selain menjadi lebih ringan, desktop juga menjadi lebih bebas.

Inilah cara Anda dapat membuat ikon desktop, bilah tugas, dan pengelola file menjadi lebih kecil, seperti yang saya jelaskan di atas. Bagaimana? Mudah bukan cara yang saya rekomendasikan di atas?

Silakan ikuti setiap langkah dengan benar, jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tulis pertanyaan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com