Jika kita melihat sebuah font pada sebuah website, maka kita dapat dengan mudah mengetahui nama font tersebut dengan melihat script website tersebut.

Atau, jika Anda melihat desain dalam bentuk teks, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis font yang digunakan. Tapi bagaimana jika desain yang kita lihat adalah .jpg, .png, .gif, dan sebagainya? Ada jalan keluar.

Dengan menggunakan situs web berikut, Anda akan dapat melihat jenis font apa yang digunakan dalam sebuah gambar. Jadi mari kita lihat baik-baik.

Pemeriksaan jenis font gambar otomatis

Ada banyak website yang bisa anda gunakan untuk mengetahui font pada sebuah gambar, namun disini saya hanya akan merekomendasikan 5 website saja.

Website yang akan saya sebutkan di bawah ini terbukti handal dalam mendeteksi font pada sebuah gambar.

Bahkan diantara website-website berikut ini ada yang menyediakan link jenis font yang kita cari. Hal ini tentunya akan sangat membantu kita, selain menambah pengetahuan juga akan menambah koleksi font kita.

1. Apa Fontnya?

Situs untuk secara otomatis mencari font dalam gambar 1

Yang pertama adalah situs ApaTheFont, Anda dapat mencari jenis font gambar di situs web WhatTheFont. Anda dapat memanfaatkan fitur dan layanan yang tersedia di situs web ini.

Selain itu, Anda juga dapat mencari font baru dari gambar yang telah Anda unggah sebelumnya.

Aplikasi dari situs online ini tergolong sangat kompleks karena hanya bisa mengenali jenis font dari sebuah gambar.

Tentunya website ini akan sangat membantu ketika kita tiba-tiba menemukan sebuah gambar yang memiliki font yang menarik perhatian kita, namun kita tidak mengetahui nama font yang digunakan pada gambar tersebut.

Sangat mudah: Anda hanya mengambil foto dan mengunggah gambar font ke WhatTheFont. Jika jenis font tidak ditemukan, font yang mirip dengan font tersebut akan ditampilkan. Kunjungi saja situs webnya.

2. Font identifikasi

Situs untuk secara otomatis mencari font dalam gambar 2

Situs berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk menemukan jenis font hanya berdasarkan gambar adalah IDFont.

Baca juga:   6+ Cara Bayar Pakai OVO Belanja, Olshop (Terbaru 2022)

Anda dapat menggunakan situs pencarian font ini secara gratis, situs online ini dapat mengidentifikasi font dari sebuah gambar dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana tentang tampilan di situs.

Selain itu, di situs Identifont ini, Anda dapat memesan jenis font setelah situs menyelesaikan identifikasi font yang Anda kirimkan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur-fitur situs ini, silakan kunjungi situsnya secara langsung.

3. Pencocokan Font

Situs untuk secara otomatis mencari font dalam gambar 3

Situs selanjutnya yang tidak kalah keren dan tidak kalah menarik dari dua situs sebelumnya yaitu nama situsnya Pencocokan Font. Kita bisa dengan mudah mengetahui jenis font dari gambar yang kita upload ke situs FontMatcherator ini.

Setelah Anda mengunggah gambar dengan font, situs akan secara otomatis memberikan deskripsi. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mengunjungi situs web FontMatcherator secara langsung.

4. Font apa?

Situs untuk pencarian otomatis font dalam gambar 4

Anda pasti pernah melihat gambar yang memiliki font yang menurut Anda keren dan menarik dan Anda ingin tahu dan ingin memiliki font tersebut.

Jika font ada di sebuah website, mudah untuk mengetahuinya, Anda hanya perlu melihat script dari website yang menggunakan font tersebut.

Tetapi jika font ada di gambar, maka caranya berbeda, Anda memerlukan aplikasi untuk mencari jenis font yang ada di gambar.

Atau, jika Anda mengetahui siapa pembuat font tersebut, Anda dapat menanyakan nama font tersebut kepada mereka. Jika Anda tidak tahu siapa yang melakukannya, Anda dapat menggunakan situs ini ApaFontl untuk mengetahui jenis font.

Setelah mengunggah font ke situs WhatFontls, situs akan secara otomatis menentukan nama font. Selain itu, kita juga akan diberikan link download untuk font yang kita cari. Cukup kunjungi situs web WhatFontls.

5. FontFaceNinja

Situs untuk secara otomatis mencari font dalam gambar 5

Situs terakhir yang saya rekomendasikan adalah FontWajahNinja, Anda dapat menggunakan situs ini untuk menemukan font berdasarkan gambar secara otomatis. Jadi apa FontFaceNinja ini?

Baca juga:   100+ Download Tema Asus Zenfone: Keren, Terbaik 2022

FontFaceNinja adalah plugin atau ekstensi browser yang dapat digunakan untuk mendeteksi jenis font.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah Anda dapat menggunakan FontFaceNinja di hampir semua browser web seperti Chrome, Firefox, Safari, dll.

Karena Anda dapat menginstal aplikasi ini di browser web Anda, aplikasi ini berguna untuk mengidentifikasi jenis font situs web. Selain digunakan untuk menentukan jenis font yang digunakan, Anda juga bisa melihat ukuran font.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengunduh font secara gratis. Dengan cara ini Anda dapat menambahkan koleksi font Anda.

FontFaceNinja adalah aplikasi yang dibuat oleh Paris State Creative Studio. Menggunakan plugin FontFaceNinja ini sangat mudah. Anda hanya perlu menginstal plugin ini dan ikon FontFaceNinja akan muncul di sudut kanan atas layar browser Anda.

Jika Anda ingin menggunakannya, Anda hanya perlu mengklik ikon FontFaceNinja. Untuk melihat apakah ini benar atau tidak, Anda dapat mengunjungi situs web FontFaceNinja secara langsung.

6.WhatsFontIs

cara mengetahui nama jenis font tanpa aplikasi

Untuk melakukan ini, sebagai layanan situs web, Anda dapat mengunggah foto atau gambar yang berisi font ke WhatsFontIs untuk menggunakannya. Selain mengunduh, Anda juga dapat menyalin URL gambar ke situs web WhatsFontIs.

7. Identifikasi Font Flickr

Anda mungkin tidak asing dengan situs bernama Flickr ini. Anda mungkin mengenali situs ini sebagai tempat untuk berbagi foto dan gambar. Namun ternyata Flickr memiliki “fitur” yang bisa digunakan untuk mengetahui nama dan jenis font.

Anda dapat menanyakan nama font di forum khusus di Flickr. Silahkan masuk flickr dan tanyakan jenis font yang ingin Anda ketahui di sana.

Cara mengetahui jenis font menggunakan aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah ini. Silakan ikuti panduan yang telah kami susun di bawah ini:

Baca juga:   Ukuran Kertas A4 dalam MM, CM, Inchi, Pixel [Lengkap]

1.WhatTheFont – iPhone

cara mengetahui nama jenis font tanpa aplikasi

Untuk pengguna iPhone, ada aplikasi WhatTheFont, yang dengannya Anda dapat mengetahui jenis dan nama font. Cara menggunakannya cukup sederhana, Anda hanya perlu mengambil gambar dari font yang Anda temukan.

Usahakan agar gambar font tetap terlihat jelas agar hasilnya akurat. Aplikasi ini kemudian akan mencocokkan bentuk font dengan semua jenis font di database-nya.

Proses ini akan membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan Anda online. Nama font akan segera muncul.

2. Photoshop

cara mengetahui nama jenis font tanpa aplikasi

Tak disangka, aplikasi familiar ini juga memiliki fungsi untuk mengenali nama dan jenis font. Agar mudah digunakan, buka foto yang berisi font di Photoshop.

Kemudian pilih menu Jenislalu pilih opsi Pencocokan font. Setelah itu, Anda memilih bagian gambar yang fontnya terlihat jelas. Tunggu beberapa detik hingga proses identifikasi selesai dan muncul hasil.

3. Cari font

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan ekstensi Google Chrome yang disebut Font Finder. Pencari font ini dapat mengurai font dan menampilkan informasi tentang nama font, spasi, ukuran, dll.

Menggunakan ekstensi ini mirip dengan WhatFont, Anda hanya perlu menginstal ekstensi Font Finder ini dan ekstensi siap digunakan. Anda dapat mengunduh ekstensi Font Finder dari tautan berikut:

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, ada banyak website yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui jenis font yang digunakan dalam sebuah gambar. Anda bisa mencoba beberapa situs yang saya rekomendasikan di atas.

Namun cara ini tidak 100% berhasil, terkadang gambar juga mengandung beberapa font yang tidak dapat ditemukan.

Jadi, ikhtisar singkat situs secara otomatis mencari jenis font pada gambar. Situs-situs di atas pasti akan sangat membantu Anda, terutama bagi para desainer yang suka mengoleksi berbagai jenis font yang Anda lihat dan ingin Anda miliki. Oleh karena itu, situs di atas sangat berguna bagi para desainer.


https://storyforgeproductions.com