Foto adalah cara untuk mengabadikan momen dalam hidup kita. Ini mempertahankan kenangan dan kenangan penting sampai di kemudian hari. Sehingga nantinya bisa menjadi pengingat dan bahan nostalgia di masa depan.

Dan sekarang, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kita bisa melakukan berbagai pengolahan pada foto. Salah satunya adalah menggabungkan beberapa foto sekaligus menjadi satu frame.

Ini mungkin lebih dikenal sebagai kolase foto. Dimana kita bisa menaruh banyak momen berharga dalam satu wadah agar lebih menarik. Guys, apakah Anda sudah tahu cara melakukannya?

Membuat kolase foto sebenarnya sangat sederhana. Baik komputer maupun ponsel Android memiliki beragam aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengedit foto. Apalagi hanya menggabungkan foto menjadi kolase, itu sangat sederhana.

Selain itu, Collage sering digunakan untuk membuat feed Instagram yang terhubung. Untuk membuat profil Instagram Anda terlihat lebih menarik dan enak dipandang.

Cara Menggabungkan di Android

Mari kita mulai dengan aplikasi smartphone Android bernama Collage Maker. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa APK ini memang didesain khusus untuk menggabungkan foto menjadi sebuah kolase. Apakah Anda ingin tahu cara menggunakannya? Mari kita lihat tutorial selanjutnya tentang cara menggabungkan foto di Android.

1. Unduh file APK Pembuat Kolase.

Pertama-tama, kita perlu mengunduh file APK dari Collage Maker terlebih dahulu. Kemudian tinggal install seperti biasa di hp Android masing-masing.

2. Mulai membuat kolase foto

Cara menggabungkan foto di HP

Jika berhasil diinstal, Anda dapat langsung membuka aplikasi. Di bagian menu, ketuk opsi Kolase untuk mulai membuatnya.

3. Berikan akses

Cara menggabungkan foto di HP

Pertama kali Anda menggunakan Collage Maker, Anda akan dimintai izin untuk mengakses vault. Klik “Izinkan” untuk mengizinkannya membaca foto dan gambar multimedia di memori Anda.

Lihat juga: Cara memotong dan menggabungkan lagu.

4. Pilih foto Anda

Cara menggabungkan foto di HP

Selanjutnya, kita dapat memilih gambar yang ingin kita gabungkan menjadi kolase. Di sini Anda dapat memilih maksimal 18 foto, silakan sesuaikan sesuka Anda. Ketika semuanya sudah siap, klik tombol “Next”.

5. Ubah bentuk kolase

Cara menggabungkan foto di HP

Sekarang kita bisa mulai melihat bentuk kolase dari foto yang digabungkan. Jika dirasa kurang pas, Anda masih bisa mengubah bentuknya dengan memilih opsi Layout.

Disana kita akan disuguhkan banyak pilihan bentuk kolase foto yang menarik dan keren. Silakan pilih yang sesuai dengan selera Anda.

6. Sesuaikan ukuran bingkai

Cara menggabungkan foto di HP

Selain mengubah bentuk kolase, Anda juga bisa menentukan ukuran bingkai yang akan digunakan. Di bagian Tata Letak, pilih menu Rasio. Akan ada banyak pilihan ukuran. Ada juga template untuk memposting ke jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook.

Baca juga:   4 Cara Membuat Akun Facebook di Laptop dan HP 2022

7. Ganti posisi foto

Cara menggabungkan foto di HP

Jika ada foto yang tidak sesuai, Anda dapat mengubah lokasi. Cukup klik salah satu foto, lalu pilih opsi Tukar dan klik foto lain yang ingin Anda tukar.

8. Tambahkan lebih banyak efek keren

Cara menggabungkan foto di HP

Jika Anda ingin mempercantik tampilan kolase foto Anda, Anda bisa menambahkan stiker, efek, atau caption. Tuangkan kreativitas Anda ke dalamnya dengan bebas. Setelah selesai, cukup klik Simpan.

9. Bagikan hasil kolase foto

Cara menggabungkan foto di HP

Selamat, foto Anda telah berhasil digabungkan menjadi sebuah kolase. Anda dapat langsung membagikan hasilnya dengan teman atau jejaring sosial.

Cara Menggabungkan Foto di Ponsel Android

Aplikasi berikut ini juga tidak kalah dengan Collage Maker. Dalam aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan fitur menggabungkan beberapa gambar dengan efek unik. Penasaran? Berikut cara menggabungkan di Android.

1. Unduh dan Instal Kotak Foto

Jangan lupa, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi di ponsel Anda. Silahkan download melalui app APKPure dan lanjutkan dengan instalasi seperti biasa.

2. Buka dan buat kolase

Cara menggabungkan foto di HP

Untuk mulai menggabungkan beberapa foto, buka aplikasi PhotoGrid. Setelah itu, di menu utama, klik opsi Kotak-kotak.

3. Berikan akses

Cara menggabungkan foto di HP

Seperti biasa, aplikasi akan meminta izin untuk mengakses penyimpanan smartphone kita. Klik “Allow” agar bisa menampilkan koleksi foto di galeri.

4. Pilih gambar yang digabungkan

Cara menggabungkan foto di HP

Selanjutnya, kita hanya perlu memilih jumlah foto yang ingin kita buat kolase. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, lalu klik Continue.

Lihat juga: Cara menggabungkan file PDF.

5. Ubah bentuk tata letak

Cara menggabungkan foto di HP

PhotoGrid juga menyediakan cukup banyak template layout yang bisa Anda gunakan secara gratis. Pilih saja menu “Layout”, ada banyak pilihan keren dan menarik di sana.

6. Ganti posisi foto

Cara menggabungkan foto di HP

Jika ada yang ingin menukar foto yang ada, bisa langsung mengklik salah satunya. Kemudian pilih opsi “Bagikan” dan setelah itu klik foto lain.

7. Tambahkan berbagai efek keren

Cara menggabungkan foto di HP

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat menarik. Kita dapat menambahkan teks, efek, filter ke stiker untuk meningkatkan tampilan kolase.

8. Simpan perubahan

Jika semuanya sudah siap, cukup klik Simpan. Kemudian Anda bisa langsung membagikan hasil kolase tersebut ke Facebook, Instagram atau jejaring sosial lainnya.

Cara menggabungkan foto secara online

Anda pasti pernah mendengar nama Canva sebelumnya. Perangkat lunak ini benar-benar salah satu aplikasi desain paling populer di laptop. Bisa digunakan untuk mendesain brosur, poster, undangan dan lain sebagainya.

Baca juga:   10+ Cara Membuat Cover Makalah di Word: Lengkap

Selain itu, Canva memiliki fitur pembuat kolase. Jadi kita bisa menggunakannya untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu frame. Agar lebih jelas, mari kita langsung ke tutorial cara menggunakannya.

1. Unduh dan instal Canva

Mari kita mulai dengan mengunduh dan menginstal aplikasi di komputer Anda. Anda dapat langsung mengunduh Canva dari situs resminya.

2. Buat kolase foto

Cara Menggabungkan Foto di PC

Jika sudah berhasil diinstal, buka saja softwarenya. Klik pada formulir pencarian, lalu ketik Kolase. Maka akan muncul hasil, pilih opsi Photo Collage.

3. Pilih template kolase

Cara Menggabungkan Foto di PC

Nah, sebentar lagi akan banyak pilihan template untuk membuat kolase foto. Anda bebas memilih mana yang cocok dan terlihat menarik.

4. Tambahkan dan gabungkan foto

Cara Menggabungkan Foto di PC

Untuk dapat menambahkan foto, Anda mengklik tombol “Unggah”. Setelah itu, pilih Unggah gambar atau video dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Pilih foto Anda

Cara Menggabungkan Foto di PC

Silakan jelajahi penyimpanan di perangkat Anda dan temukan gambar yang ingin Anda gabungkan. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan template yang dipilih sebelumnya.

6. Masukkan gambar ke dalam kolase

Cara Menggabungkan Foto di PC

Tunggu proses download semua foto selesai. Untuk menambahkan foto ke kolase, Anda hanya perlu mengeklik salah satunya. Setelah bergerak, klik dan seret salah satu bingkai tempat Anda ingin meletakkannya.

7. Tambahkan efek dan filter

Cara Menggabungkan Foto di PC

Untuk membuat kolase lebih menarik, Anda dapat menambahkan berbagai efek dan filter. Anda dapat menemukan menu di bagian atas. Ada begitu banyak fitur untuk Anda jelajahi.

8. Simpan kolase foto

Cara Menggabungkan Foto di PC

Setelah selesai mengedit dan menggabungkan foto, klik ikon panah bawah. Selain itu, Anda juga dapat memilih format gambar keluaran, sebaiknya JPG atau PNG. Terakhir, cukup unduh dan simpan hasilnya ke perangkat Anda.

Cara menggabungkan foto tanpa aplikasi

Untuk tip terakhir, kami tidak akan menggunakan aplikasi apa pun. Karena sebenarnya banyak juga situs online yang menyediakan jasa pembuatan kolase foto. Dengan demikian, kita tidak memerlukan bantuan software pihak ketiga.

1. Masuk ke situs

Pertama, kita perlu mengakses situs yang menyediakan layanan kolase foto. Salah satunya adalah Photo Collage, Anda bisa mengaksesnya langsung menggunakan browser di ponsel atau PC Anda.

2. Tambahkan foto

Cara menggabungkan foto secara online

Kemudian klik “Tambah Gambar” untuk mengunggah gambar. Temukan foto yang ingin Anda buat kolase dan tunggu hingga semuanya berhasil diunggah.

Lihat juga: Cara menggabungkan video online.

3. Pilih bentuk kolase

Cara menggabungkan foto secara online

Sekarang lihat, Anda akan dapat melihat jumlah gambar yang telah berhasil diunggah. Klik menu Template untuk melanjutkan memilih bentuk kolase yang akan digunakan.

Baca juga:   2 Cara Logout Akun Google Gmail di HP & Laptop

4. Pilih yang menarik

Cara menggabungkan foto secara online

Di sini Anda akan melihat banyak opsi yang tersedia. Silahkan klik pada template jika memiliki jumlah frame yang sesuai dengan gambar yang Anda gunakan.

5. Ganti posisi gambar

Cara menggabungkan foto secara online

Secara otomatis, foto tersebut akan langsung dimasukkan ke dalam template frame yang Anda pilih tadi. Untuk menukar posisi gambar, klik menu Tukar Foto, lalu pilih foto dan klik posisi yang ingin ditukar.

6. Simpan hasil

Cara menggabungkan foto secara online

Setelah selesai, Anda cukup menekan CTRL+S untuk menyimpan hasilnya. Kemudian beri nama file, pilih format yang tersedia, dan klik Simpan. Hasil edit Anda akan diunggah secara otomatis.

Cara menggabungkan foto di pc laptop

Jika Anda masih mencari perangkat lunak alternatif lain, kami merekomendasikan CollageIt. Karena aplikasi yang satu ini sangat simple bila digunakan untuk menggabungkan banyak foto sekaligus.

Jadi sangat mudah digunakan dan tidak akan membingungkan pemula. Penasaran? Berikut adalah fitur yang bisa Anda dapatkan di CollageIt.

1. Unduh dan instal CollageIt

Aplikasi ini tersedia secara gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun. Untuk mengunduhnya, Anda bisa langsung ke situs resmi CollageIt dan kemudian menginstalnya di komputer Anda.

2. Pilih template kolase

Cara Menggabungkan Foto di PC

Saat Anda membuka aplikasi, Anda akan langsung disajikan dengan banyak pilihan bentuk kolase. Oleh karena itu, silakan pilih yang sesuai dan klik “Pilih”.

2. Tambahkan gambar

Cara Menggabungkan Foto di PC

Untuk memasukkan foto ke dalam kolase, cukup klik menu “Tambah”. Kemudian temukan gambar yang ingin Anda tambahkan ke brankas. Jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah frame yang ada di template.

3. Ubah template

Cara Menggabungkan Foto di PC

Selanjutnya, gambar yang Anda pilih akan secara otomatis dimasukkan ke dalam bingkai. Jika menurut Anda tidak cocok dengan template, Anda bisa menggantinya dengan memilih opsi Choose Template atau Random Layout.

4. Simpan kolase foto

Cara Menggabungkan Foto di PC

Sekarang setelah Anda selesai, yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol “Ekspor” untuk menyimpannya. Kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Pilih format dan kualitas

Cara Menggabungkan Foto di PC

Terakhir, kita juga bisa memilih format gambar keluaran, bisa JPG, PNG atau yang lainnya. Di bagian bawah Anda juga dapat menyesuaikan kualitas. Setelah selesai, cukup klik Ekspor.

Berikut beberapa cara menggabungkan foto menjadi satu secara online di Android dan laptop. Silakan pilih salah satu yang mudah dipraktikkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan tulis komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com