Font adalah huruf yang dapat ditata sesuai keinginan pengguna, tetapi biasanya font hanya dapat diubah setelah ponsel di-root. Font yang diubah bisa memiliki daya tarik tersendiri dan tentunya bisa lebih menarik.

Font sendiri biasa digunakan saat kita berkirim pesan, chatting, bermain media sosial, pada dasarnya segala sesuatu yang berhubungan dengan penulisan font akan digunakan dalam hal ini.

Banyak orang yang ingin mengganti font di ponselnya, tetapi kebanyakan tidak tahu bagaimana melakukannya, meskipun seperti yang saya jelaskan di atas, font dapat diubah jika ponsel di-root.

Dalam hal ini root sendiri bisa dilakukan menggunakan PC/laptop atau tidak.

Rooting juga termasuk pekerjaan yang sulit apalagi jika Anda melakukan root Android dengan PC, itu akan bekerja dua kali menurut saya, jadi gunakan bantuan aplikasi ketiga untuk mengubah font Android di ponsel favorit Anda.

Baca juga: Cara Mengganti Keyboard Android.

Jadi anda bisa mengganti font atau huruf di hp android anda tanpa root, sehingga garansi produk dari android tidak batal.

Bagaimana mengubah font Android

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara mengganti font tanpa rooting ponsel. Metodenya sangat sederhana, saya bertanya-tanya?

Silahkan simak langkah-langkah berikut di bawah ini, ya Anda bisa memilih salah satu langkah di bawah ini.

1. Tidak ada aplikasi

cara mengganti font di hp android
  • Masuk menu Pengaturan.
  • Masuk ke menu menampilkan (Melihat).
  • Masuk ke menu Font/huruf.
  • Kemudian ubah font atau Anda dapat menambahkan font dengan mengunduh font.

2. jenis huruf

cara mengganti font di hp android

iFont adalah aplikasi untuk mengubah font di Android menjadi lebih baik dan lebih keren. Dengan aplikasi ini, tampilan font di ponsel Anda menjadi lebih menarik.

Langkah-langkah mengubah font di Android menggunakan iFont adalah sebagai berikut:

1. Unduh iPhone

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi yang digunakan untuk mengubah font, yaitu Ifont. Anda dapat mengunduh melalui Play Store atau tautan unduhan berikut:

2. Buka aplikasi

Jika proses instalasi sudah selesai, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi dan pastikan perangkat Android Anda harus terhubung dengan internet.

Baca juga:   4 Cara Membuka File RAR dan ZIP di Android: Lengkap

3. Pilih font

Setelah itu, pilih font yang diinginkan (sesuai selera Anda). Jika Anda telah memilih font yang sesuai, klik “Unduh” atau “Unduh” untuk mengunduh font.

cara mengganti font di hp android 9

3. Berikan izin

Jika popup tentang superuser muncul, Anda dapat mengizinkan/mengizinkan.

cara mengganti font di hp android 10

4. Klik Aplikasi

Langkah selanjutnya klik aplikasi di bawah ini. Kemudian ponsel Android akan reboot. Setelah reboot, Anda dapat memeriksa apakah font telah berubah.

3. Pergi peluncur

ubah font dengan peluncur go

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Go Launcher.

Aplikasi ini termasuk dalam aplikasi untuk mengubah font populer dan keren dalam banyak hal, tidak hanya secara visual, tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus melakukan root pada Android Anda.

Untuk dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi Go Launcher, Anda hanya perlu mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store.

Namun dengan adanya update tersebut, aplikasi yang digunakan untuk mengubah font tersebut sudah tidak ada lagi, jadi saya sudah menguploadnya ke Google Drive untuk memudahkan anda dalam mempraktekkan cara ini.

Adapun cara mengubah font menggunakan Go Launcher:

1. Unduh aplikasinya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh materi aplikasi terlebih dahulu. Silakan unduh dari tautan berikut:

2. Instal aplikasi

Kemudian instal seluruh aplikasi jika Anda memilihnya dan tekan tombol beranda lalu pilih “Go Launcher” untuk menjadikannya peluncur default di ponsel android Anda.

3. Buka “Pengaturan”.

Masuk ke halaman beranda di Android, tekan dan tahan layar ponsel Android hingga muncul banyak pilihan seperti di bawah ini. pilih Buka pengaturan.

cara mengganti font di hp android 4

Setelah itu, pilih menu “Font” untuk mengubah tampilan font di ponsel Android kita.

cara mengganti font di hp android

5. Pilih font

Setelah itu, Anda tinggal memilih font yang ingin digunakan dengan mengklik “Choose Font”.

cara mengganti font di hp android

Kemudian klik “Scan Font”, intinya scan semua font yang ada di dalamnya.

cara mengganti font di hp android 7

Setelah proses pemindaian selesai, Anda dapat memilih font yang diinginkan, font akan secara otomatis berubah di peluncur Go yang Anda miliki.

cara mengganti font di hp android 8

6. Instalasi font yang berhasil

Sangat mudah, bukan? Cara diatas bisa dilakukan pada hp android yang belum di root, sehingga sangat bermanfaat untuk semua pengguna hp android.

Baca juga:   4 Cara Mengatasi Instagram Following Sendiri Otomatis 2022

Seperti yang kita ketahui, masih banyak pengguna yang belum melakukan root pada ponsel Androidnya, jadi menurut saya ini sangat bermanfaat.

Baca juga: Cara Mengganti Tema di Hp Android.

4. Pengaturan

Cara yang kedua ini bisa anda gunakan dengan mudah, cara ini sangat simple sob, ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini, biasanya di hp android samsung, atau mungkin ada hp android lainnya.

Langkah-langkah untuk mengubah font tanpa aplikasi:

1. Buka pengaturan

Langkah pertama sobat masuk ke Setting/Pengaturan di handphone sobat.

2. Pilih Tampilan / Tampilan

Kemudian Anda memilih Tampilan. Tampilan akan memiliki banyak aturan di dalamnya, salah satunya adalah mengubah gaya/font tulisan

cara mengganti font di hp android 1

3. Pilih jenis font

Selain itu, akan ditampilkan banyak opsi pengaturan font seperti di bawah ini, untuk dapat mengubah gaya font, Anda dapat memilih jenis font.

cara mengganti font di hp android 2

4. Pilih font

Jenis font telepon yang Anda gunakan kemudian akan muncul. Font default adalah font default yang Anda gunakan dan jika Anda ingin mengubah gaya penulisan yang berbeda Anda dapat memilih 2 font di bawah ini.

cara mengganti font di hp android 3

Sekarang Anda dapat melihat perubahan font pada ponsel android Anda. Dalam hal ini, font di ponsel Anda akan lebih keren dan sesuai dengan keinginan Anda.

5. HiFont

HiFont adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengubah tampilan font di ponsel Anda.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Unduh HiFont

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Anda dapat mengunduhnya melalui Play Store di ponsel Anda atau dari tautan berikut:

2. Buka aplikasi

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, buka aplikasi HiFont dan izinkan aplikasi mengakses perangkat Anda.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi Subtitle Hilang di Gom Player (Work 2022)

3. Pilih jenis font

cara menggunakan font tinggi 2

Kemudian pilih jenis font atau tema font yang diinginkan. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih seperti Brushed, All Caps, Holiday dan lain sebagainya.

Setelah itu, pilih font yang diinginkan dari jenis atau kategori font.

4. Unduh dan gunakan font

cara menggunakan highfont 3

Unduh font yang diinginkan, kemudian Anda dapat menggunakannya. Cara mengklik MENGGUNAKAN untuk menerapkan font yang diunduh.

6. zFont

Mirip dengan HiFont, zFont juga merupakan aplikasi pengubah font Android gratis. Dengan aplikasi ini tampilan font HP menjadi lebih keren dan menarik.

Bagaimana cara menggunakannya:

1. Unduh zFont

cara menggunakan zfont

Seperti biasa, unduh dulu aplikasi zFont dari Play Store. Atau anda bisa mendownloadnya melalui link yang saya berikan dibawah ini :

2. Buka aplikasi

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi zFont, buka dan izinkan untuk mengakses perangkat Android Anda.

3. Pilih jenis font

cara menggunakan zfont 2

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis font yang ingin Anda gunakan di ponsel Anda. Silakan lihat dan pilih yang paling cocok. Jika demikian, silakan klik Unduh.

4. Gunakan font

cara menggunakan zfont 3

Setelah unduhan selesai, langkah terakhir adalah menggunakan atau menerapkan font yang diunduh. Silahkan klik Terpasang menerapkan font.

Kesimpulan

Ada dua cara untuk mengubah font di ponsel Android, yang pertama adalah menggunakan aplikasi dan mengubah font tanpa aplikasi.

Namun bagi yang belum memiliki aplikasinya, jenis font yang bisa Anda pilih sangat terbatas, selain itu Anda juga perlu mengetahui jenis font yang Anda inginkan. Saat menggunakan aplikasi, jenis font yang tersedia menjadi lebih beragam.

Susahnya sobat, jika sudah bisa diterapkan dengan cara ini maka sobat tidak lagi repot mengganti font android, tinggal download aplikasinya, pilih font yang sobat suka, simpan, maka fontnya sudah diganti dan menjadi lebih menarik.

Mungkin cukup sekian sobat tutorial kali ini tentang cara mengganti font di hp android. Jika tutorial di atas kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, tanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah.


https://storyforgeproductions.com