Google Drive adalah penyedia layanan penyimpanan cloud atau layanan penyimpanan online.

Menggunakan layanan Google Drive, kita dapat menyimpan data dalam bentuk digital seperti foto, video, audio, dokumen, dll. Ruang penyimpanan yang disediakan oleh Google Drive juga cukup besar: gratis 15 GB.

Selain itu, kita juga dapat mengakses data yang kita simpan di Google Drive dari mana saja dan kapan saja.

Kita juga bisa mengakses Google Drive dari perangkat apapun, baik itu handphone, komputer, laptop, selama perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Untuk dapat menggunakan layanan Google Drive, syarat utamanya adalah memiliki akun Google Mail atau Gmail.

Baca juga: Cara Menggunakan Github.

Cara menggunakan Google Drive

Dengan akun Google Mail, Anda dapat menggunakan berbagai layanan yang disediakan oleh Google. Ada 2 cara untuk mengakses Google Drive dari PC atau laptop.

Artinya, Anda dapat menggunakan aplikasi browser internet atau browser web dan menggunakan aplikasi Google Drive itu sendiri.

1. Cara mengunggah file ke Google Drive

Jika Anda menggunakan aplikasi browser web atau browser web Chrome, Google Drive sudah terintegrasi dengan browser tersebut.

Jika Anda sudah menggunakan browser Chrome, klik ikon Google Apps yang terletak di sudut kanan atas. Ada banyak aplikasi dari Google di menu Google Apps, salah satunya adalah Google Drive.

Tetapi jika Anda menggunakan browser selain Chrome, Anda dapat menuliskan alamatnya https://drive.google.com/drive/ di bilah alamat browser Anda.

Lihat juga: Cara mengunggah file ke Google Drive.

Anda kemudian akan diminta untuk masuk ke akun Google Anda sehingga Anda dapat menggunakan layanan dari Google Drive.

2. Cara Mengunduh Google Drive dengan Aplikasi

unggah file ke google drive

Adanya aplikasi Google Drive ini bertujuan untuk sinkronisasi antara PC dan penyimpanan Google Drive. Anda bisa mendapatkan aplikasi Google Drive di https://drive.google.com/drive/download/.

Jika Anda telah menginstal aplikasi Google Drive di PC atau laptop, Anda tidak perlu lagi mengakses Google Drive melalui browser web Anda.

Karena Google Drive akan otomatis muncul di Windows Explorer atau di area penyimpanan di komputer atau laptop yang Anda gunakan. Jadi, jika Anda ingin mengakses data yang tersimpan di Google Drive, Anda hanya perlu mengaksesnya melalui Windows Explorer.

Namun, Anda tetap perlu menggunakan browser web untuk menjalankan aplikasi yang terdapat di Google Apps, karena aplikasi ini berbasis browser web dan tidak diinstal pada PC atau laptop.

Jika Anda membuka halaman Google Drive di web browser di PC atau laptop yang Anda gunakan, Anda akan melihat halaman yang berisi berbagai menu yang terletak di sebelah kiri seperti gambar di bawah ini betapa mudahnya menggunakan Google Drive.

Baca juga:   3+ Cara Menampilkan Ruler di Word: Semua Versi

3. Cara mengunggah file dan folder ke Google Drive

Sebelum mengupload file, ada baiknya terlebih dahulu membuat folder sesuai dengan jenis atau kategori file yang ingin diupload.

Ini untuk memastikan bahwa file atau folder yang Anda unggah tidak berserakan di halaman utama.

Namun jika tidak, file tersebut akan terdownload ke My Drive secara default dan Anda akan bingung nantinya saat mencari file saat dibutuhkan.

1. Untuk membuat folder baru, klik + Baru > Folder.

2. Kemudian beri nama pada folder yang anda buat, klik folder tersebut untuk menuju ke halaman folder yang anda buat.

3. Dalam sebuah folder, klik + Baru atau klik kanan > Unggah file > Pilih file yang ingin Anda unduh dari PC atau laptop Anda.

unggah file ke google drive

4. Tetapi jika Anda ingin mengunggah folder, klik Baru atau klik kanan > Unggah Folder > Pilih folder yang ingin Anda unduh dari PC atau laptop Anda.

4. Cara Download File atau Folder di Google Drive

Selain bisa mengupload file atau folder ke Google Drive, kita juga bisa mengupload file dan folder yang sudah kita upload.

Caranya klik kanan pada file atau folder yang ingin di download lalu klik Unduh terletak di pojok kanan atas.

Cara menyimpan foto ke Google Drive

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dan kami akan membahas mengunggah foto ke Gogole Drive secara detail sebagai berikut.

1. Unggah foto ke Google Drive

  1. Langkah pertama silahkan buka galeri dengan foto yang anda simpan di Google Drive, disini Mas Tekno menggunakan galeri foto Google.
  2. Kemudian cari dan pilih foto mana yang akan diupload atau disimpan ke akun Google Drive Anda, Anda juga dapat menyimpannya tidak satu per satu, tetapi banyak foto sekaligus, caranya adalah dengan memilih beberapa foto untuk diunggah ke Google Drive.
  3. Setelah bertemu dan memilih teman Anda, sebuah tombol akan muncul di galeri Anda untuk berbagi momen seperti mengirim foto, sekarang silakan klik tombol atau bagikan teks (setiap galeri mungkin berbeda).
  4. Akan ada banyak pilihan setelah itu, silahkan cari “Save to Google Drive”, biasanya di bagian bawah, geser ke bawah.
  5. Kemudian, setelah Anda memilih “Save to Drive”, nama dokumen yang akan kita simpan ke Google Drive, akun email yang digunakan di Google Drive, dan folder yang akan digunakan di Google Drive untuk menyimpan foto kita akan muncul.
  6. Isi data sesuai sobat, gambar dibawah ini adalah contoh saat Mas Tekno akan menyimpan foto ke Google Drive secara manual.
cara menyimpan foto secara manual ke google drive

Klik Menyimpanfoto anda sudah berhasil di simpan ke google drive, anda bisa cek terlebih dahulu melalui akun google drive anda apakah foto sudah di upload atau belum.

Baca juga:   6+ Cara Mengganti Password WiFi Indihome Terbaru 2022

2. Cara mencadangkan foto ke Google Drive

Juga untuk langkah pertama, cara menyimpan foto otomatis ke Google Drive, sejauh yang kami tahu, hanya bisa dilakukan dengan Google Photo Gallery (jika Anda mengetahui aplikasi lain, Anda dapat menambahkannya di komentar, teman-teman)

Jika Anda tidak memiliki Google Foto, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store. Setelah itu, buka aplikasi Google Photo Gallery.

  1. Jika ini pertama kalinya Anda membuka aplikasi Google Photo Gallery, akan muncul slider backup dan sync, akan lebih mudah bagi Anda untuk hanya mengaktifkannya dan memilih alamat email yang akan digunakan, lalu klik “Selesai”.
  2. Jika sudah, langkah selanjutnya tidak perlu dibaca, karena sudah selesai, bagi yang sering membuka galeri foto google, silakan baca langkah selanjutnya ya sobat
  3. Kemudian buka foto dengan Google Photos, lalu pada halaman utama, jika auto save foto ke Google Drive / auto backup foto ke Google Drive tidak aktif, akan muncul logo cross cloud tunggal di pojok kanan atas, klik logo tersebut. Lihat gambar di bawah.
cara otomatis menyimpan foto ke google drive

Langkah selanjutnya, setelah Anda mengaktifkan logo cloud, akan muncul slider seperti gambar di bawah ini, klik saja. Dilakukan.

Lihat juga: Cara mencadangkan foto dan video ke Google Drive.

Aplikasi Google Office di Google Drive

Selain menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud, Google Drive juga menyediakan aplikasi Google Office. Diantaranya adalah Google Docs, aplikasi pengolah kata atau pengolah kata yang mirip dengan Microsoft Word.

Google Sheet yang merupakan aplikasi lembar kerja yang memiliki kemiripan dengan Microsoft Excel. Dan Google Slides adalah aplikasi presentasi yang mirip dengan Microsoft PowerPoint.

Jadi, jika Anda bisa menggunakan aplikasi dari Microsoft Office, tentunya Anda tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi dari Google Office ini.

Namun perlu Anda ingat bahwa hasil dokumen dari Google Office (Docs, Sheets, Slides) tidak bisa langsung dibaca oleh aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint).

Baca juga:   15+ Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduh dokumen dari Google Office ke PC atau laptop yang Anda gunakan dalam format Microsoft Office (convert/export). Cara mengekspor file dari Google Docs ke format Microsoft Office sangat sederhana. Simak cara berikut ini.

Ekspor file Google Sheet ke Microsoft Office Forms dengan membuka tab File > Unduh Sebagai > Microsoft Word (.docx)

cara mengakses dan menggunakan google drive

Ekspor file Google Sheet ke Microsoft Office Forms dengan membuka tab File > Unduh Sebagai > Microsoft Excel (.xlsx)

cara mengakses dan menggunakan google drive

Ekspor file Google Sheet ke Microsoft Office Forms dengan membuka tab File > Unduh Sebagai > Microsoft PowerPoint (.pptx)

cara mengakses dan menggunakan google drive

Selain itu, Google Drive juga menyediakan aplikasi lain seperti Google Forms yang sering digunakan untuk survei online.

Aplikasi Google Drawing yang dapat digunakan untuk menggambar, seperti Microsoft Paint. Aplikasi Google My Maps untuk menampilkan peta. Dan aplikasi Google Site untuk membuat situs web.

Aplikasi pihak ketiga dari Google Drive

Selain aplikasi yang disediakan oleh Google Drive, Google Drive juga menyediakan kumpulan aplikasi dari pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi dari pihak ketiga ini. Aplikasi ini dapat digunakan untuk bisnis, hiburan bahkan game. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan cara berikut.

cara mengakses dan menggunakan google drive

1. Klik +Baru > Lainnya > + Hubungkan lebih banyak aplikasi

2. Kemudian pilih aplikasi yang diinginkan dari daftar aplikasi dan tekan + Hubungkan. Kemudian akan muncul pop-up yang memberi tahu Anda bahwa aplikasi terhubung ke akun Google Drive Anda.

cara mengakses dan menggunakan google drive

3. Jika berhasil, aplikasi akan masuk dalam daftar menu aplikasi Google Drive. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik +Baru > Lainnya > Klik pada aplikasi yang kita pilih sebelumnya.
cara mengakses dan menggunakan google drive

Tetapi jika Anda ingin menghapus App Collection menggunakan akun Google Drive Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik menu Pengaturan Google Drive terletak di sudut kanan atas dengan ikon gigi.
  2. Lalu klik Manajemen aplikasi yang ada di panel kiri.
  3. Klik berikutnya Pilihan di sebelah kanan aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan atau hapus dari Google Drive.
  4. Itu yang diklik Putuskan sambungan dari Drive
  5. Klik terakhir Dibuat.
cara mengakses dan menggunakan google drive

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang bisa Anda gunakan di Google Drive. Namun jika semuanya beres dalam artikel ini, tentu akan sangat panjang dan membosankan.

Demikian artikel dari teknoinside tentang cara mudah menggunakan Google Drive di PC atau laptop. Sekian dari teknoinside, semoga bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com