Virtualbox adalah aplikasi yang memudahkan untuk menginstal OS virtual (buatan). Aplikasi ini mirip dengan mesin virtual yang digunakan untuk berlatih menginstal Windows, Linux, dan OS lainnya.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis atau dengan nama lain, orang biasanya menyebutnya sebagai aplikasi open source.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menginstal OS lain tanpa harus dual OS atau menginstal ulang di laptop yang Anda gunakan.

Uniknya, meski diinstall, data asli di laptop tidak akan hilang atau rusak, jadi Anda tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi ini. Kita akan belajar lebih banyak tentang cara menggunakan virtualbox dan instalasinya yang mudah.

Bagaimana cara menginstal virtualbox?

Proses menginstal virtualbox dan menjalankan mesin virtual tidak rumit. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara install virtualbox untuk menjalankan virtual machine.

1. Unduh kotak virtual

Pertama, unduh aplikasi kotak virtual terlebih dahulu. Silahkan sesuaikan dengan laptop Anda.

2. Instal

Jika sudah di download, klik dua kali pada aplikasi tersebut kemudian akan muncul layar seperti berikut ini, untuk melanjutkan proses instalasi tinggal klik next.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 1

3. Atur folder

Maka akan muncul layar Custom Setup, jangan ubah apapun. Ikuti saja pengaturan default, lalu pilih Next.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 2

4. Kustomisasi

Langkah selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini, tampilan ini digunakan untuk mensetup virtualbox anda, berikan checklist semuanya, lalu klik next.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 3

5. Terima peringatannya

Kemudian pada langkah selanjutnya akan muncul jendela yang meminta Anda untuk menonaktifkan sementara jaringan internet selama proses instalasi virtual box, jika Anda setuju, klik saja Ya.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 4

Maka ini adalah langkah terakhir, Anda tinggal klik “Install” lalu tunggu prosesnya sampai selesai.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 5

6. Instalasi berhasil

Ketika proses instalasi selesai, layar berikut akan muncul. Saat menjalankan Oracle VM VirtualBox 5.1.8 setelah instalasi, cukup centang checklist, lalu klik Finish, maka proses instalasi akan selesai.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 6

Cara membuat mesin virtual

Setelah menginstal VirtualBox di laptop, kita perlu melanjutkan dengan membuat mesin virtual terlebih dahulu. Berikut cara menggunakan virtualbox.

Baca juga:   15 Cara Mengecilkan Ukuran (Kompres) Video Online

1. Buat mesin virtual baru

Untuk membuat mesin virtual, pertama-tama klik “Baru” di sudut kiri atas atau tekan Ctrl+Baru pada keyboard Anda.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 7

2. Atur jenis sistem operasi

Anda kemudian akan diminta untuk nama, jenis, dan versi mesin virtual yang ingin Anda buat. Pada Type and Version, isikan sesuai dengan OS yang ingin di install, lalu klik next.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 8

3. Pasang RAM

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyesuaikan ukuran RAM. Virtualbox secara otomatis mengkonfigurasi dirinya sendiri sesuai dengan OS yang Anda pilih secara default, tetapi Anda juga dapat menyesuaikannya sesuka Anda.

Semakin banyak RAM yang dialokasikan maka virtualbox akan semakin lancar, jika sudah selesai dengan setup tinggal klik “Next”.

Pastikan tidak lebih dari 50% dari spesifikasi RAM yang Anda gunakan, jika RAM Anda 4GB, maka RAM tersebut cukup di bawah 2GB/2000MB.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 9

4. Manajemen hard disk

Kemudian, pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat hard disk virtual yang akan digunakan untuk menginstal program dan sistem operasi pada mesin virtual. Ada 3 pilihan untuk membuat harddisk, yaitu:

  • Jangan tambahkan hard disk virtual = Ini berarti hard disk akan dibuat dalam pengaturan terpisah setelah pembuatan mesin virtual selesai, dan opsi ini biasanya dipilih oleh orang yang sudah mahir.
  • Create VHD now = Ini berarti membuat hard disk bersama dengan mesin virtual.
  • Use existing virtual hard disk file = Artinya menggunakan virtual hard disk yang sudah dibuat sebelumnya.
cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 10

Karena ini adalah awalan, kami membuat mesin virtual, cukup pilih opsi “Buat hard disk virtual sekarang”, lalu pilih “Buat”.

5. Atur jenis hard drive

5. Pada langkah selanjutnya, pilih hard disk yang ingin Anda gunakan di mesin virtual. Ada 3 jenis harddisk, yaitu:

  • VMDK/Virtual Machine Disk = Hard drive ini adalah format milik VMWare.
  • VDI / Virtualbox Disk Image = Hard disk ini adalah format asli dari aplikasi Virtualbox.
  • VHD / Virtual Hard Disk = Hard disk ini adalah format asli dari Microsoft Virtual PC.
cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 11

Jika hanya ingin virtual maka saran saya pilih saja VDI, jika sudah klik next.

Baca juga:   Ikuti Tutorial Ini untuk Menggunakan KoinBill dengan NEO Card!

6. Metode penyimpanan

Langkah selanjutnya akan ada pilihan untuk menyimpan hardisk di hardisk fisik kita, ada dua pilihan yaitu :

  • Dynamically Allocated = Dalam opsi ini, ini berarti hard disk fisik akan sesuai dengan hard disk virtual yang tidak sesuai dengan ukuran yang ditentukan sebelumnya.
  • Fixed Size = Pengaturan ini berarti hard disk fisik yang digunakan akan cocok dengan hard disk virtual yang Anda buat.
cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 12

Pada titik ini, sangat disarankan agar Anda memilih Dynamically Alocated lalu klik Next.

7. Atur kapasitas hard disk

Ini adalah langkah terakhir yaitu mengatur lokasi dan ukuran hard disk virtual di virtualbox. Silahkan install sesuai OS yang terinstall dan sesuai kebutuhan anda, jika sudah benar tinggal pilih “Create”.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 13

Cara menginstal sistem operasi di VirtualBox

Langkah-langkah yang dilakukan sebelumnya adalah membuat mesin virtual, sekarang kita akan memulai mesin virtual yang telah kita buat tadi. Sama seperti menginstal laptop, Anda juga perlu menyiapkan file ISO dan DVD instalasi untuk menginstalnya.

Juga, pastikan ISO Anda cocok dengan jenis dan versi yang ditentukan sebelumnya dalam proses pembuatan mesin virtual. Ketika Anda selesai menempatkan ISO untuk instalasi, klik “Start” dan proses instalasi akan dimulai.

cara menginstal dan membuat mesin virtual di virtualbox 14

Lihat juga: Cara menginstal Windows 10.

Kesimpulan

Selesai, mesin virtual dapat dimulai. Cara ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin belajar cara install ulang tanpa menggunakan laptop asli kita, dengan mesin virtual kita juga tidak khawatir karena jika menginstall data di laptop tidak akan hilang atau rusak.

Artikel ini adalah tentang Cara menginstal dan membuat mesin virtual di Virtualbox Semoga membantu anda lebih memahami dan semoga artikel ini bermanfaat, jika ada langkah-langkah yang kurang jelas silahkan bertanya langsung di kolom komentar. Semoga beruntung!

Baca juga:   6+ Cara Menghapus Virus di HP Android Sampai Bersih


https://storyforgeproductions.com