Nah, bagi Anda yang memiliki smartphone Android, pernahkah Anda melihat iklan saat menggunakan Android? Pasti pernah sob, ini memang salah satu kendala di android yang selalu rawan virus dan iklan.

Virus adware atau yang biasa disebut dengan adware adalah sebuah iklan yang tiba-tiba muncul saat menggunakan smartphone sobat. Dan biasanya pop-up ini akhirnya menginstal aplikasi tanpa izin.

Selain itu, kita bisa menerapkan cara menghapus adware di Android, ini adalah langkah untuk menghapus virus adware Android. Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut.

Bagaimana menghapus adware (virus adware) Android

Nah, bagi Anda yang mungkin atau mungkin sering mengalami masalah ini. Pada pembahasan kali ini saya akan merekomendasikan beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghapus adware atau adware di Android tanpa root sobat.

Dan tentunya cara ini sangat mudah untuk dipraktekkan dengan benar. Untuk lebih jelasnya silahkan baca dan pahami pembahasan dibawah ini.

1. Hapus data

Pertama periksa akses administrasi android Anda di menu. Pengaturan – Keamanan – Administrator perangkat.

cara menghapus adware

Jika ada aplikasi mencurigakan yang akses administratifnya aktif, segera nonaktifkan.

Kemudian hapus aplikasi mencurigakan yang sebelumnya meminta akses administratif. Dan sangat direkomendasikan untuk **Hapus data** dan Cache terlebih dahulu sebelum dihapus.

cara menghapus adware

2. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Jika Anda tahu bahwa iklan ini terus bermunculan setelah Anda menginstal aplikasi, kemungkinan aplikasi tersebut merupakan sumber iklan berkelanjutan.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mencopot pemasangan aplikasi dari ponsel cerdas Anda.

Anda dapat menghapusnya dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi / Info aplikasi.

cara menghapus virus adware

Silakan temukan dan hapus aplikasi ini bersama dengan aplikasi lain yang tidak Anda kenal atau anggap mencurigakan.

Baca juga:   Cara Mengaktifkan Hybrid Sleep di PC Laptop: Lengkap

Jika Anda tidak yakin aplikasi mana yang harus dihapus, Anda dapat menghapus 3-5 aplikasi terinstal terakhir yang terlihat mencurigakan.

3. Dengan Aplikasi Android

Ada beberapa langkah yang harus diikuti, berikut adalah aplikasi yang terbukti efektif untuk menghapusnya.

  • Langkah pertama adalah menginstal dan mengunduh aplikasi: Malwarebytes.
  • Kemudian pindai seluruh ponsel android Anda.
  • Jika Anda memiliki virus, klik karantina atau hapus virus.

Baca Juga: Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android

4. Masuk ke Safe Mode

Jika cara di atas masih tidak berhasil, itu karena adware telah menyamar sebagai aplikasi sistem. Untuk mengatasinya bisa menggunakan cara lain dengan cara login Mode aman.

  1. Pertama, masuk ke Safe Mode menggunakan kombinasi tombol power dan volume. Namun, cara masuk Safe Mode berbeda untuk setiap smartphone.
  2. Setelah memasuki mode aman, Anda akan menemukan bahwa semua aplikasi terinstal lainnya hilang kecuali yang sistem. Adware yang diinstal sebagai sistem adware akan tetap ada dan Anda dapat mencoba menghapusnya dalam mode aman.
  3. Setelah mencopot pemasangan, mulai ulang Android.

5. Atur ulang ke pengaturan pabrik

Cara ini merupakan cara terbaru dan paling efektif yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan iklan yang terus bermunculan di smartphone Android Anda akibat virus dan malware lainnya.

Saat melakukan reset pabrik ini, semua aplikasi tambahan yang telah Anda instal beserta datanya akan dihapus dan hilang dari ponsel cerdas Anda.

Ponsel cerdas Anda akan seperti saat pertama kali keluar dari pabrik. Anda dapat melakukan reset pabrik ini dengan dua cara, yaitu soft reset dan hard reset.

Cara melakukan soft reset

  • Pertama, backup semua data yang Anda anggap penting di smartphone Anda. Silakan pindahkan data ke penyimpanan lain, seperti hard drive komputer, dll.
  • Kemudian, setelah memindahkan data penting, buka Pengaturan / Pengaturan > Cadangkan & Atur Ulang > Atur Ulang & Atur Ulang Pabrik.
  • Silahkan klik Setel ulang telepon untuk memulai proses reset.
  • Setelah itu, ponsel Anda akan reboot, tunggu proses uninstall selesai.
  • Kemudian, setelah ponsel dihidupkan kembali, ponsel Anda akan kembali seperti semula ketika Anda pertama kali membeli yang baru.
Baca juga:   5 Cara Membeli Diamond Free Fire dengan Pulsa (Murah)

Cara melakukan hard reset

  • Pertama, backup semua data yang Anda anggap penting di smartphone Anda. Silakan pindahkan data ke penyimpanan lain, seperti hard drive komputer, dll.
  • Kemudian matikan auto sync di akun google, caranya buka pengaturan > akun > google > klik (akun google Anda) > nonaktifkan sinkronisasi
  • Setelah itu, matikan smartphone Anda.
  • Kemudian tekan tombol Daya + Volume naik / naik secara bersamaan selama beberapa detik sampai menyala.
  • Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, lalu tekan tombol daya untuk mengonfirmasi dan melanjutkan.
  • Menu kemudian akan muncul. Pemulihan.
  • Di sini, silakan masukkan parameter Hapus cache/reset pabrik. Untuk mengarahkan bisa menggunakan tombol volume up/down dan untuk konfirmasi/ok gunakan tombol power.
  • Tolong pilih ya hapus semua data pengguna.
  • Kemudian tunggu hingga proses uninstall selesai.
  • Setelah itu, restart smartphone Anda, pertama kali reboot ini akan memakan waktu sedikit lebih lama dari reboot normal, jadi tidak perlu panik.

Kesimpulan

Memang, kemunculan iklan yang terus-menerus bisa membuat kita marah, apalagi saat kita sedang sibuk dengan sesuatu.

Dengan menghilangkan iklan yang muncul, kita bisa bermain game dengan bebas tanpa terganggu oleh iklan yang tidak perlu.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada pembahasan kali ini tentang cara menghapus adware (virus adware) di Android tanpa root.

Semoga cara di atas bisa bermanfaat dan bermanfaat karena jika Anda melakukan semuanya dengan benar, maka adware di smartphone Anda harus dihilangkan.

Sehingga smartphone Anda dapat digunakan kembali dengan sempurna. Jika masih ada pertanyaan, silahkan posting di kolom komentar yang tersedia ya sobat.


https://storyforgeproductions.com