Nah, kali ini saya akan membagikan tutorial cara uninstall aplikasi android. Kita sudah mengetahui bahwa ponsel Android banyak digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk anak muda yang gemar bermain game.

Aplikasi android sendiri sangat mudah untuk didapatkan dan kemudian di instal di perangkat android, namun banyak dari kita yang belum paham bagaimana cara menguninstall software tersebut di hp android.

Jadi kali ini saya memberikan cara yang sangat mudah untuk uninstall atau uninstall atau bisa juga disebut menguninstall aplikasi android tanpa perlu rooting.

Tipe aplikasi

Ada dua jenis aplikasi yang dapat Anda hapus, yaitu aplikasi default dan aplikasi opsional.

  • Aplikasi default itu sendiri biasanya membutuhkan akses root terlebih dahulu jika Anda ingin menghapusnya.
  • Aplikasi tambahan dapat di-uninstall tanpa root.

Dengan demikian, kita dapat dengan mudah mencopot atau menghapus instalan aplikasi dan game android langsung di ponsel android.

Perlu Anda ketahui bahwa menghapus aplikasi dan game yang tidak penting atau tidak digunakan akan meningkatkan kinerja Android menjadi lebih baik.

Pasalnya, ketika terlalu banyak game/aplikasi yang terpasang di ponsel Android (penyimpanan internal), akan sangat membebani kinerja Android sehingga tidak maksimal. Jadi anda harus mencoba untuk mengatasi android yang lemot.

Kemudian Anda perlu mencopot pemasangan aplikasi atau mentransfernya ke penyimpanan eksternal. Jadi ketika Anda melakukan metode ini, ponsel Android akan bekerja lebih baik.

Baca juga: Cara Menambah RAM Android.

Nah, jika sudah memahami maksud dan fungsi uninstall aplikasi, maka kita bisa melihat betapa mudahnya uninstall aplikasi Android sebagai berikut.

Cara mencopot pemasangan aplikasi melalui pengaturan

Secara default, menu pengaturan harus menyediakan kemampuan untuk menghapus aplikasi yang diinstal pada smartphone Android. Bagi yang belum tahu dimana dan bagaimana caranya, silahkan ikuti panduan berikut ini.

1. Buka pengaturan

cara menghapus aplikasi android

Pertama, buka pengaturan pada ponsel Android masing-masing. Kemudian coba cari menu aplikasi yang ada di sana.

Pada beberapa jenis smartphone mungkin akan sedikit berbeda, namun Anda pasti akan menemukannya.

2. Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus instalannya

Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus instalannya

Setelah ditemukan, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di perangkat Android Anda. Silakan temukan mana yang tidak lagi diperlukan dan Anda ingin menghapusnya.

3. Hapus aplikasi

Hapus aplikasi

Selanjutnya, Anda akan menemukan opsi hapus di sana. Cukup klik tombol untuk memulai proses mencopot pemasangan aplikasi.

Baca juga:   8+ Cara Screenshot Layar HP Android Vivo Semua

4. Konfirmasi

Mengonfirmasi

Perangkat akan meminta konfirmasi Anda sebelum mencopot pemasangan aplikasi. Ini untuk mencegah tindakan uninstall yang tidak disengaja. Jika sudah yakin, klik saja OK.

5. Proses penghapusan aplikasi

Terakhir, kita hanya perlu menunggu perangkat untuk mencopot pemasangan aplikasi. Tunggu saja sampai selesai dan setelah itu periksa apakah aplikasi berhasil di-uninstall atau tidak.

Cara menghapus aplikasi melalui Play Market

Selain dari pengaturan, Anda juga dapat menghapus aplikasi langsung dari Playstore. Cara ini juga sangat sederhana dan tidak memerlukan koneksi internet, cukup ikuti panduan berikut ini:

1. Buka Play Store

cara menghapus aplikasi android

Mari kita mulai dengan membuka Playstore di perangkat Android masing-masing. Setelah itu, klik item menu dengan ikon tiga baris di pojok kiri atas.

2. Buka daftar aplikasi

Buka daftar aplikasi

Di bagian menu, Anda akan melihat opsi untuk Aplikasi dan Game Saya. Klik opsi ini untuk melihat aplikasi apa saja yang tersedia di ponsel cerdas Anda.

3. Temukan aplikasi untuk dicopot pemasangannya

temukan aplikasi yang ingin Anda hapus

Selanjutnya, dalam daftar aplikasi, gulir daftar untuk melihat mana yang tidak lagi diperlukan. Cukup klik pada nama aplikasi, yang tidak terlalu penting.

4. Hapus

uninstall aplikasi android melalui play store

Setelah diklik, Anda akan melihat tombol berlabel “Hapus”. Anda dapat mengklik tombol jika Anda yakin ingin menghapus aplikasi.

5. Konfirmasi penghapusan

konfirmasi penghapusan aplikasi

Sebelum perangkat memulai proses pencopotan pemasangan, perangkat akan meminta konfirmasi terlebih dahulu kepada Anda. Sebelum mengklik tombol OK, pastikan Anda yakin dengan langkah ini.

6. Proses penghapusan aplikasi

Jika sudah dikonfirmasi, maka proses uninstall aplikasi akan langsung dimulai. Kami hanya bisa menunggu penyelesaian dan penghapusan lengkap aplikasi.

Baca juga: Cara uninstall aplikasi di laptop.

Cara ketiga ini mungkin belum diketahui banyak orang. Namun, metode ini juga agak lebih sederhana dan lebih sederhana daripada yang sebelumnya. Mau tahu caranya? Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

1. Buka menu di Android

cara uninstall aplikasi android melalui menu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu di ponsel Android masing-masing.

Anda pasti tahu caranya, kan? Biasanya ada tombol menu khusus atau Anda dapat langsung menggesek ke atas.

2. Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus.

Setelah membuka menu, Anda akan melihat aplikasi mana yang diinstal pada perangkat. Gulir untuk menemukan aplikasi mana yang ingin Anda copot pemasangannya.

Baca juga:   5+ Cara Cek Kecepatan Internet di HP & PC Laptop

3. Hapus aplikasi

Hapus aplikasi

Jika sudah ditentukan, tekan dan tahan ikon aplikasi, lalu geser sedikit hingga ikon bergerak. Biasanya opsi hapus atau hapus akan muncul di bagian atas/bawah layar. Terus tahan dan seret ikon aplikasi ke menu, lalu lepaskan

4. Konfirmasi penghapusan

Terakhir, yang harus Anda lakukan adalah mengonfirmasi penghapusan aplikasi sebelum proses dimulai. Klik OK untuk memulai proses dan tunggu saja hingga aplikasi dihapus dari perangkat.

Cara mencopot pemasangan aplikasi/game Android

Kita bisa meng-uninstall aplikasi yang ada menggunakan pengaturan langsung dari ponsel Android yang Anda gunakan, sejauh metode seperti ini.

cara menghapus aplikasi android
  1. Langkah pertama Anda harus masuk ke menu Pengaturan.
  2. Lalu pergi ke APL/Aplikasi.
  3. Kemudian pilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus.
  4. Selanjutnya akan muncul menu pilihan untuk menghapus dan menguninstall aplikasi, anda pilih Uninstall Device.
cara menghapus aplikasi android

Tunggu proses uninstall untuk menghapus aplikasi dan kemudian aplikasi akan dihapus dari ponsel Anda.

Cara menghapus beberapa aplikasi sekaligus di ponsel android secara permanen

Ada banyak cara untuk meng-uninstall aplikasi, salah satunya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan menginstal aplikasi tambahan, Anda dapat dengan mudah menghapus beberapa aplikasi sekaligus.

Karena tidak semua android bisa meng-uninstall banyak aplikasi secara bersamaan. Berikut cara uninstall beberapa aplikasi sekaligus di Android.

1. Menggunakan aplikasi Clean Master

Untuk aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi karena aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk menghapus banyak aplikasi dengan cepat secara bersamaan.

Karena jika Anda menghapus aplikasi satu per satu, mungkin butuh waktu lebih lama. Berikut cara menggunakannya untuk mencopot pemasangan aplikasi.

2 Cara Menghapus Beberapa Aplikasi Sekaligus di Ponsel Android 1
  1. Download terlebih dahulu aplikasi Celan Master.
  2. Jika sudah terpasang, Buka wizard pembersihan > pilih menu Instrumen. Kemudian di Ruang bebasTolong pilih Manajer Aplikasi.
  3. Aplikasi yang terpasang di ponsel Android Anda akan muncul. Segera, silakan pilih atau Memeriksa di kotak yang berisi aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu pilih MENGHAPUS.
  4. Sebuah kotak dialog akan muncul untuk mengkonfirmasi penghapusan aplikasi, pilih DENGAN BAIK dan tunggu aplikasi Celan Master untuk meng-uninstall aplikasi tersebut.
2 Cara Menghapus Beberapa Aplikasi Sekaligus di Ponsel Android 2

2. Menggunakan Aplikasi Easy Uninstaller

Untuk aplikasi pertama, ini cukup besar dan bekerja cukup keras pada ponsel spesifikasi rendah. Untuk aplikasi kedua cukup ringan dan ukurannya kecil.

Baca juga:   8 Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Data Hilang

Aplikasi ini dapat digunakan tidak hanya untuk menghapus aplikasi, tetapi juga untuk memindai ponsel Anda dari virus. Tepat setelah Anda menggunakannya.

2 Cara Menghapus Beberapa Aplikasi Sekaligus di Ponsel Android 3
  1. Pertama, unduh aplikasi Easy Uninstaller dari Google Play Store.
  2. Jika sudah terinstal, buka dan pilih MULAI GUNAKAN SEKARANG dan tunggu proses inisialisasi selesai.
  3. Setelah itu, daftar aplikasi akan muncul di ponsel Anda. tolong teman-teman Memeriksa aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu pilih MENGHAPUS dan tunggu beberapa detik hingga proses uninstall selesai.
  4. Selesai, aplikasi sekarang telah berhasil dihapus dari perangkat Android Anda.
2 Cara Menghapus Beberapa Aplikasi Sekaligus di Ponsel Android 4

Cara uninstall banyak aplikasi di hp android sangat mudah, dengan aplikasi pihak ketiga ini tidak perlu uninstal satu per satu secara manual yang akan memakan banyak waktu.

Anda hanya perlu menginstal aplikasi tersebut kemudian menggunakannya untuk meng-uninstall beberapa aplikasi yang tidak Anda gunakan sekaligus.

Cara mencopot pemasangan aplikasi dari layar beranda

Berikut cara mencopot pemasangan aplikasi atau game melalui layar beranda atau layar beranda Android. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih aplikasi

Langkah pertama, pilih aplikasi atau game yang ingin Anda hapus dari Android Anda.

2. Ketuk dan tahan aplikasi

cara mencopot pemasangan aplikasi dari layar beranda

Setelah mengidentifikasi aplikasi yang ingin Anda hapus, silakan tekan terus selama beberapa detik hingga jendela opsi muncul. Tolong pilih Menghapus untuk menghapus aplikasi.

3. Pilih Copot Aplikasi.

cara mencopot pemasangan aplikasi melalui desktop 2

Setelah itu, Anda akan menerima pemberitahuan yang mengonfirmasi penghapusan. Silahkan klik Menghapus jika Anda benar-benar ingin menghapus aplikasi.

4. Aplikasi berhasil dihapus

Selesai, sekarang Anda telah berhasil meng-uninstall aplikasi yang diinginkan. Sekarang aplikasi tidak lagi ada di ponsel Anda, tetapi Anda masih dapat mengunduhnya lagi dari Play Store.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi yang bisa diinstal di ponsel Android, terkadang menginstal banyak aplikasi dapat memperlambat ponsel. Maka Anda perlu mencoba aplikasi mempercepat android.

Salah satu caranya adalah dengan menghapus aplikasi atau game yang tidak lagi dimainkan. Metode ini telah terbukti efektif untuk optimasi kinerja yang lebih baik lagi.

Cukup mudah sob cara uninstall aplikasi android jika masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan sobat.

Anda kemudian dapat meninggalkan komentar Anda di kolom komentar di bawah, jangan lupa untuk mengikuti panduan lain untuk memperluas pengetahuan Anda tentang teknologi.


https://storyforgeproductions.com