Terkadang banyak aplikasi di komputer atau laptop yang sebenarnya jarang digunakan, selain itu ada beberapa aplikasi yang cukup berat.

Agar dapat mengatasi laptop lemot agar berjalan lebih cepat dan optimal, kita perlu menghapus beberapa program yang tidak penting atau yang tidak pernah Anda gunakan di PC Anda.

Sekarang kita harus mencari tahu aplikasi mana yang ingin Anda hapus, dengan cara ini Anda dapat melakukannya di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows Xp 7/8/10 dan versi Windows lainnya.

Cara uninstall aplikasi di laptop

Sebenarnya ketika kalian menghapus aplikasi di PC Windows, sama saja sob, masuk ke control panel. Silakan merujuk ke Panduan Penghapusan Instalasi Perangkat Lunak untuk sepenuhnya, dengan ilustrasi yang mirip dengan yang di bawah ini.

Menu Mulai adalah fitur bawaan OS Windows untuk akses cepat ke fungsi atau aplikasi, folder di Windows.

Anda dapat menekan tombol Windows, yang secara default ada di pojok kiri bawah, kebanyakan dengan logo Windows.

Atau bisa juga klik keyboard logo windows, untuk menghilangkannya bisa langsung ikuti cara dibawah ini.

  1. Klik tombol jendela di sudut kiri bawah.
  2. Masukkan nama aplikasi.
  3. Temukan aplikasi yang ingin Anda copot pemasangannya.
  4. Klik kanan dan pilih Uninstall hingga proses uninstall selesai.
cara uninstall aplikasi

2. Melalui panel kontrol

Langkah kedua adalah Anda dapat menggunakan panel kontrol untuk menghapus instalan aplikasi dan game di komputer dan laptop.

  • Klik tombolnya Windows+R lalu ketik control panel lalu tekan enter (untuk semua windows)
  • Anda juga dapat mengklik “Mulai”, lalu pergi ke panel kontrol (untuk Windows XP, 7 dan 10).
  • Metode saat ini untuk Windows 8: Arahkan kursor ke pojok kanan atas, lalu ketik “Control Panel” di kotak pencarian, lalu klik “Control Panel”.
cara uninstall aplikasi di pc

1. Jika ya, maka panel kontrol akan muncul, jadi mari kita hapus programnya.

Baca juga:   2+ Cara Membuat Daftar Tanggal Urut di Microsoft Excel
cara uninstall aplikasi di laptop melalui control panel

2. Kemudian akan muncul daftar aplikasi yang terinstal di komputer Anda.

daftar aplikasi

3. Anda perlu mengklik aplikasi yang ingin Anda copot pemasangannya, lalu klik hapus.

uninstall aplikasi game di komputer

4. Selesaikan permintaan program dengan mengonfirmasi atau menekan tombol ok saat aplikasi meminta izin untuk menghapus.

Setiap aplikasi memiliki konfigurasi uninstalnya masing-masing, namun cara dari a sampai d sama saja sob.

3. Menggunakan Revo Uninstaller

uninstall dengan revo uninstaller

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa menggunakan revo uninstaller.

Aplikasi ini sangat berguna untuk dapat menghapus file registry dari aplikasi yang biasanya tidak terhapus secara otomatis. Untuk memastikan PC sudah terkoneksi internet agar bisa mendownload aplikasi Revo Uninstaller caranya sebagai berikut.

  • Unduh dan instal aplikasi: Revo Uninstaller.
  • Untuk penggunaannya, Anda bisa menyimak tutorial berikut ini.
  • Klik Aplikasi > Copot pemasangan.
  • Kemudian klik “Advanced” dan klik “Scan”.
uninstaller revo

Demikian tutorial yang bisa anda coba, cara ini sangat efektif bagi kita. Juga telah terbukti bahwa banyak yang menggunakannya jika Anda tidak puas dengan versi gratisnya. Versi berbayar dari revo uninstaller juga tersedia.

Ketiga cara yang dijelaskan di atas masih sulit untuk Anda coba, jadi Anda perlu mencoba menghapus aplikasi komputer melalui pengaturan. Pengaturan disini adalah pengaturan normal atau default yang bericon roda gigi, dan cara uninstall aplikasi dan game di laptop adalah sebagai berikut.

  • Klik tombol menu Mulai > ikon Pengaturan.
  • Masukkan “Aplikasi dan fitur.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik Uninstall.
cara uninstall aplikasi di laptop

Cara menghapus instalan Microsoft Office

Nah, untuk memperbaiki masalah ini, kita bisa uninstall program Microsoft Office lalu install ulang untuk mengatasi masalah/error tersebut.

Pada kesempatan kali ini Teknoinside akan memberikan panduan untuk uninstall semua versi Microsoft Office. Anda dapat menggunakan metode ini ketika Anda menemukan kesalahan seperti “Silakan restart, kami minta maaf sebelum kami bisa…”..

1. Melalui panel kontrol

1. Klik kanan tombol Mulai yang ada di pojok kiri bawah.

Baca juga:   5+ Cara Memperbesar Ukuran PDF: Online & Photoshop

2. Kemudian pilih Panel kendali.

2 cara untuk menghapus semua versi lengkap Microsoft Office 1

3. Pilih dari menu panel kontrol Program.

2 cara menghapus semua versi lengkap Microsoft Office 2

4. Kemudian pilih Program dan fitur.

2 cara menghapus semua versi lengkap Microsoft Office 3

5. Kemudian pilih aplikasi/program yang ingin di uninstall, misal disini kita akan uninstall program microsoft office, jadi klik kantor Microsoft dan pilih Menghapus.

2 Cara Uninstall Semua Microsoft Office 4 Full Version

Catatan: Jika Anda menginstal paket seperti Microsoft Office Professional Plus 2016, Microsoft Office Home, dll., cari nama paketnya. Namun, jika Anda menginstal Office secara terpisah, seperti hanya menginstal Microsoft Word, cari nama aplikasinya.

2. Menggunakan Microsoft Fixit

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, tentunya Microsoft telah menyiapkan langganan yang berbeda-beda untuk setiap masalah yang ada, kini Microsoft memiliki sebuah tool bernama Microsoft Fixit.

Alat ini digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Windows dan produk Microsoft lainnya seperti Office dan Internet Explorer.

Jika anda gagal menggunakan cara pertama, maka anda bisa menggunakan cara kedua yaitu menggunakan tools microsoft fixit. Anda dapat mengunduh dari tautan di bawah ini:

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk uninstall aplikasi komputer dengan mudah. Akan ada juga aplikasi yang tidak bisa di-uninstall, jadi bisa baca solusinya: Cara uninstall aplikasi laptop yang tidak bisa di-uninstall.

Jika langkah-langkahnya diikuti dengan benar, aplikasi dihapus sepenuhnya tanpa meninggalkan residu. Karena jika ada sisa maka akan menambah file yang tidak perlu yang tidak terpakai.

Nah, aplikasi sudah berhasil dihapus dari komputer sobat, tidak sulit kok sob cara menghapus aplikasi di komputer dan laptop.

Cara ini cukup ampuh untuk cara uninstall aplikasi di laptop, jika ada pertanyaan pada pembahasan kali ini, maka anda bisa mengirimkan pertanyaan anda ke kolom komentar dan jangan lupa ikuti informasi seputar komputer lainnya.

Baca juga:   6 Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word (Lengkap)


https://storyforgeproductions.com