Ketika berurusan dengan malware Android yang sulit dihapus, Anda membutuhkan lebih dari sekadar antivirus. Selain itu juga bisa membersihkan Android dari virus hingga bersih.

Tetapi Anda perlu mengikuti serangkaian metode yang harus Anda ikuti jika Anda ingin membersihkan malware di Android sepenuhnya secara efektif tanpa meninggalkannya.

Cara Menghapus Virus Berbahaya di Ponsel Android

Memang sudah banyak antivirus baik berbayar maupun gratis yang cukup handal, namun tidak selalu menghapusnya dengan optimal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dibarengi dengan kegiatan-kegiatan penting seperti berikut ini.

1. Gunakan antivirus terbaik

aplikasi antivirus

Nah langkah utama yang perlu anda lakukan adalah menggunakan aplikasi antivirus yang handal, kebanyakan dari kita jarang memperhatikan fungsi antivirus.

Meskipun Anda perlu tahu bahwa ancaman virus sangat berbahaya, tetapi Anda tidak tahu waktu, Anda tidak tahu harus pergi ke siapa. Virus tetaplah virus yang merusak perangkat dan data Anda.

Lihat juga: aplikasi antivirus untuk android.

Untuk menghapus virus berbahaya dan sulit dihilangkan, tentunya Anda membutuhkan antivirus yang handal, serta database pengenalan virus, yang kemudian akan menghapus virus (malware, trojan, dan sebagainya).

Jika saya masih merekomendasikan teman untuk menggunakan Android Antivirus AvastSaya juga menggunakannya, mengatasi virus dengan lebih mudah dan lebih efektif.

2. Masuk ke Mode Aman

cara mengaktifkan mode aman

Kemudian langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke Android Safe Mode. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan malware yang membuat ponsel Android Anda terkena malware.

  • Tekan tombol “Power” untuk me-restart ponsel Android Anda.
  • Kemudian tekan dan tahan “Matikan”.
  • Kemudian akan muncul pilihan sobat klik “restart in safe mode”. lalu klik Oke.

Hanya dengan begitu Anda dapat memeriksa file mana yang mencurigakan, serta aplikasi mana yang terinfeksi virus. Dengan demikian, cukup ampuh untuk menghapus virus yang menginfeksi Android Anda.

Jika Anda ingin menonaktifkan mode aman, Anda dapat mempelajari cara menonaktifkan mode aman di ponsel Android semua merek.

3. Atur ulang ke pengaturan pabrik

Jika langkah-langkah di atas masih belum efektif untuk menghilangkan virus berbahaya di HP Android, langkah terakhir yang kami sarankan adalah mereset HP Android ke pengaturan pabrik.

Baca juga:   4 Cara Mudah Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee

Atau anda bisa flash hp android semua merk dengan mudah dan aman. Oleh karena itu, penting untuk diperhatikan hal-hal berikut:

Pastikan Anda telah mencadangkan data penting Anda dan yakin ingin menyelesaikan langkah ini. Karena semua data memori internal + sistem operasi akan dihapus ke pengaturan pabrik.

cara reset hp android
  • Langkah pertama adalah membuka pengaturan ponsel Android.
  • Kemudian pilih Pengaturan lainnya > Cadangkan dan setel ulang.
  • Lalu sentuh bagian factory reset, tunggu hingga proses selesai.

4. Cara menghindari malware

Untuk menghindari malware, Anda tidak boleh menginstal aplikasi apa pun. Alangkah baiknya jika Anda mencermati beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menginstal software di ponsel Android.

  • Periksa pembuat/pengembang aplikasi.
  • Jangan asal download di situs lain (kecuali Play Store), situs ini 100% aman.
  • Jangan izinkan aplikasi yang meminta akses penuh.

Nah, sebagai antisipasi terhadap serangan virus, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan ketiga aspek di atas.

Cukup sekian dulu teman-teman tutorial cara menghilangkan virus berbahaya di android, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda di kolom komentar.

Semoga tutorial yang dapat saya bagikan dapat bermanfaat untuk menghilangkan malware di ponsel android.


https://storyforgeproductions.com