Dengan membuang Windows lama yang biasanya berukuran sangat besar tentunya hal ini dapat menambah cukup banyak ruang kosong pada harddisk bawaan PC atau laptop kita.

Windows lama sendiri biasanya muncul karena kita tidak melakukan clean install sistem operasi Windows di PC atau laptop, melainkan menimpa sistem operasi Windows sebelumnya yang kita gunakan.

Lihat juga: Cara menginstal Windows 10.

Padahal, Windows Old berguna jika sewaktu-waktu kita ingin mengembalikan data dari sistem operasi Windows sebelumnya, atau bisa dikatakan Windows Old adalah file cadangan dari sistem operasi Windows kita yang digunakan sebelumnya.

Berikut 2 cara uninstall Windows lama di PC/Laptop dengan mudah dan cepat.

Cara menghapus Windows.old di Windows 7, 8, 10

Untuk menghapus Windows.old di Windows, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Anda bisa menggunakan cara ini untuk Windows 7, 8 dan 10. Berikut langkah-langkah untuk menghapus Windows.old:

Masuk ke pengaturan penyimpanan

Langkah pertama silahkan sobat masuk Pengaturan->Sistem->Memori, hapus jendela lama di PC/laptop Anda.

Atau lebih gampang sob, ketik di windows search Penyimpanankemudian pilih salah satu di bawah ini yang mengatakan Pengaturan sistem. Seperti pada gambar di bawah ini.

cara menghapus windows lama di pc

Klik Ubah saat kami mengosongkan ruang

Klik Ubah cara Anda mengosongkan ruang yang ada di bagian rasa penyimpanan.

cara menghapus windows lama di laptop

Klik Bersihkan Sekarang

Juga, jika kita mengklik Bersihkan Sekarang untuk membersihkan file Windows lama, file sementara dan file lain yang tidak diperlukan yang sudah tidak dibutuhkan lagi sesuai sistem komputer/laptop kita.

cara menghapus windows lama di pc

Periksa apakah penyimpanan

Selesai silahkan cek free space apakah sudah bertambah atau belum, dan pastikan windows lama sudah terhapus, jika belum bisa coba cara kedua dibawah ini.

Baca juga: Cara Install XAMPP di Laptop.

Cara menghapus Windows lama di pengaturan PC / laptop

Selain cara di atas, cara berikut ini juga bisa kamu gunakan untuk uninstall windows lama di setting PC/laptop kamu. Langkah-langkahnya adalah:

Baca juga:   5 Cara Backup & Mengembalikan SMS yang Terhapus

Buka Pembersihan Disk

Pertama, buka aplikasi bawaan Windows. Pembersihan diskcara membukanya, bisa Pergi ke explorer -> klik kanan pada drive sistem (biasanya C 🙂 -> Disk Cleanup. (Biasanya di sebelah wadah di sebelah kanan).

Atau kita juga bisa menggunakan pencarian Windows secara langsung dengan mengetik Pembersihan diskdan pilih satu dengan deskripsi Aplikasi Desktop seperti yang saya tunjukkan pada gambar berikut.

cara menghapus windows lama menggunakan disk cleanup di komputer

Pilih drive sistem

Pilih drive sistem Anda, ini saya drive C: lalu klik OK.

cara menghapus windows lama menggunakan disk cleanup di laptop

Klik Bersihkan file sistem.

Klik “Bersihkan file sistem” dan pilih kembali drive sistem Anda, lalu klik “OK”, tunggu hingga memuat, terkadang butuh waktu lama.

Jika sudah selesai proses downloadnya, kita klik Ok.

cara menghapus windows lama menggunakan disk cleanup di komputer

Dilakukan

Selesai, banyak file sampah Anda telah dihapus, dan ruang disk kosong di komputer atau laptop Anda bertambah.

Kesimpulan

Windows lama sendiri bisa sangat berguna bagi sebagian orang karena kita dapat mengembalikan data sistem operasi lama kita tanpa kesulitan, cukup gunakan Windows lama dan pulihkan sehingga laptop atau PC kita dapat kembali ke sistem operasi lama.

Namun dibalik fitur yang cukup bagus ini, biasanya Windows lama berukuran sangat besar, sehingga memakan banyak ruang disk, dan terkadang dapat menyebabkan kinerja perangkat kita menjadi kurang optimal, karena semakin kecil disk kosong sistem, biasanya disk yang lebih lambat memproses dan membaca data, dan sebaliknya.

Demikian artikel yang sedang kita bahas ini, bagaimana cara menghapus file Windows lama di PC atau laptop? atau bahkan laptop atau PC anda tidak memiliki file windows lama?

Jika Anda ingin mencoba cara menghapus jendela lama diatas, dan masih ada yang kurang paham bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih atas kunjungannya Mas Tekno, semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca semuanya.

Baca juga:   12+ Aplikasi Nonton Film Gratis di Android (Terbaik 2022)


https://storyforgeproductions.com