Setiap perangkat yang digunakan saat ini seperti handphone Android, laptop atau komputer tentunya akan terasa sangat hampa dan membosankan tanpa adanya akses internet.

Sebab, dengan menggunakan koneksi Internet, setiap orang dapat melakukan banyak hal: menjelajahi situs web, mengakses jejaring sosial, bermain game online, dan lain sebagainya.

Apalagi teknologi jaringan 4G sudah ada sekarang, bahkan beberapa negara sudah menerapkan jaringan 5G. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk mengakses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Namun perlu anda ketahui bahwa semakin tinggi kualitas jaringan internet maka akan semakin cepat pula kuota internet habis. Solusinya adalah dengan menerapkan cara menghemat kuota internet di hp android.

Memang, bagi sebagian pengguna smartphone Android, kuota bukanlah hal yang krusial.

Namun bagi anak kos atau pengguna yang memiliki kebutuhan lebih selain kuota tentunya penggunaan kuota internet harus tetap terjaga.

Cara menghemat kuota internet di hp android

Nah bagi anda yang ingin kuota internet tetap di android silahkan simak tips berikut ini.

1. Gunakan mode luring

Tips pertama yang bisa kamu coba untuk menghemat kuota internet adalah kamu bisa menggunakan mode offline untuk aplikasi tertentu.

Karena seiring dengan perkembangan teknologi tentunya beberapa aplikasi bisa saja tersedia secara offline. Misalnya, aplikasi YouTube dan Google Maps dapat digunakan secara offline.

Anda dapat mengalihkan dua aplikasi yang dibuat oleh Google ke mode offline untuk mengurangi penggunaan data internet di ponsel cerdas Anda. Juga, jika Anda menggunakan aplikasi streaming musik.

Maka Anda sebaiknya mengunduh musik yang Anda dengarkan menggunakan Wi-Fi. Jadi ketika Anda ingin mendengarkan musik, Anda dapat memutarnya secara offline.

2. Matikan koneksi internet Anda

Cara berikut ini bisa dibilang cukup ampuh untuk menghemat kuota internet di smartphone. Anda dapat mematikan koneksi internet pada smartphone Anda saat tidak digunakan.

Misalnya, jika ingin tidur, sebaiknya matikan koneksi internet terlebih dahulu untuk menghindari penggunaan kuota internet oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Selain itu, Anda juga dapat mematikan koneksi internet saat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Dan Anda dapat mengaktifkannya kembali jika tidak lagi tersambung ke jaringan Wi-Fi.

Memang untuk beberapa smartphone akan secara otomatis terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi jika ada koneksi Wi-Fi. Namun, jika koneksi Wi-Fi sangat buruk, smartphone akan tetap menggunakan paket data untuk terhubung ke Internet.

Baca juga:   15+ Cara Mengatasi HP Lag, Lemot, Macet: Terbukti

3. Tetapkan Pemberitahuan Penggunaan Data

Tips selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menghemat paket data internet di smartphone anda adalah dengan memanfaatkan fitur notifikasi penggunaan data di smartphone android anda. Cara menggunakannya juga sangat sederhana, Anda bisa menyimak langkah-langkah berikut ini.

Masuk ke menu terlebih dahulu Setelan > Jaringan & Internet > Penggunaan data.

5 Cara Menghemat Kuota Internet

Kemudian klik pada menu Peringatan dan Pembatasan Data > mengaktifkan Peringatan Set Data menggeser tombol > klik Peringatan Data > atur peringatan pemakaian data berapa GB > klik Mengatur.

5 Cara Menghemat Kuota Internet

Setelah Anda mengaktifkan dan mengatur fitur ini, nanti jika penggunaan data Anda mencapai batas, akan muncul notifikasi yang memperingatkan Anda tentang penggunaan data Anda.

4. Matikan fitur unduh otomatis

Selain membatasi penggunaan paket data internet, Anda juga bisa menonaktifkan fitur auto update atau download otomatis pada aplikasi di smartphone Anda.

Dengan aktifnya fungsi download atau update otomatis ini, tentunya Anda akan semakin menikmati internetan. Terlebih lagi, Anda tidak harus menggunakan aplikasi yang sering Anda perbarui.

Selain itu, Anda juga bisa mengupdate melalui Wi-Fi, jadi sebaiknya gunakan Wi-Fi untuk mengupdate aplikasi di smartphone Anda.

Untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis, Anda dapat membuka aplikasi Toko mainan kemudian buka menunya Pengaturan dan berubah Perbarui aplikasi secara otomatis gunakan saja Hanya melalui Wi-Fi.

5 Cara Menghemat Kuota Internet

Selain mematikan fitur auto update di Play Store, Anda juga perlu mematikan fitur auto download di aplikasi media sosial yang Anda gunakan.

Misalnya aplikasi WhatsApp yang memiliki fitur mengunduh secara otomatis gambar dan video yang Anda terima. Jika Anda tidak menonaktifkan fitur ini, maka kuota Anda akan sangat boros, apalagi gambar atau video yang Anda terima mungkin berguna atau mungkin tidak berguna bagi Anda.

5. Batasi Penggunaan Internet

Pada smartphone yang Anda gunakan tentunya terdapat aplikasi yang memakan banyak kuota internet dari paket data Anda.

Maka dari itu, kamu perlu menentukan aplikasi mana saja yang banyak memakan kuota di smartphone kamu.

Selain itu, Anda juga dapat menghentikan aplikasi yang sedang berjalan meskipun sedang tidak digunakan. Atau kamu juga bisa uninstall aplikasinya jika kamu jarang menggunakannya.

6. Gunakan Wi-Fi/hotspot jika tersedia

Cara ini biasanya digunakan orang untuk menghemat biaya internet sekaligus menjaga kuota internet tetap hemat dan tidak boros. Selain itu, Wi-Fi biasanya tidak terbatas dan kecepatannya stabil, terutama jika sinyal kartu SIM lambat, yaitu tidak ada sinyal.

Baca juga:   8 Cara Mengirim Email Gmail di HP dan Laptop PC

Anda kemudian bisa menggunakan Wi-Fi sebagai alternatif, biasanya di area publik yang menyediakan akses Wi-Fi gratis yang bisa Anda gunakan dengan mudah.

Agar Anda dapat menghemat uang Anda, Anda dapat mengunduh sebanyak yang Anda inginkan menggunakan Wi-Fi di tempat-tempat tertentu.

Teman-teman tidak perlu takut kehabisan kuota, karena Wi-Fi tidak terbatas dan ketika Anda terhubung ke Wi-Fi, akses internet otomatis menggunakan Wi-Fi itu sendiri.

7. Matikan pembaruan otomatis

Beberapa kasus update otomatis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, terutama yang biasa terjadi pada ponsel baik itu Android maupun tablet Android.

Pembaruan otomatis akan memungkinkan Anda memperbarui aplikasi yang terinstal di perangkat Anda dengan mudah tanpa harus mencari secara manual, tetapi dengan pembaruan otomatis yang sering dari sejumlah besar aplikasi.

Lihat juga: Cara menonaktifkan pembaruan otomatis.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan hal ini dengan baik, karena fitur update otomatis akan mengupdate sendiri. Beberapa keluhan dari teman-teman yang menggunakan internet di pc dan hp android menghadapi masalah ini, mereka tidak menyangka dan tidak mengerti mengapa paket internet cepat habis.

Ternyata masalah tersebut disebabkan oleh update otomatis, biasanya update otomatis atau update otomatis sering kali menggunakan kuota data di handphone dan komputer anda.

Coba bayangkan jika ada satu atau lebih aplikasi dengan update otomatis sebesar 40MB atau lebih, bisa dibayangkan kebutuhan penggunaannya sob.

Apalagi jika aplikasi sering diupdate dan dalam jumlah banyak saat update, tentunya kuota internet tandanya cepat habis.

Oleh karena itu, Anda dapat menonaktifkan fitur auto-update di ponsel Android atau PC (laptop dan komputer) Anda. Biasanya pengaturan untuk ponsel Android bisa digunakan di pengaturan ponsel Android, dan juga jika Anda menggunakan PC, Anda dapat mematikan pembaruan otomatis di pengaturan aplikasi yang sering meminta pembaruan.

8. Hindari streaming langsung, Instagram,

Biasanya seseorang yang sedang online akan merasakan hal yang sama saat streaming atau bermain game online, mereka baru bisa menggunakan layanan tersebut saat sedang online.

Kemudian, dalam hal pengunduhan, kita dapat membuka data yang diunduh tanpa online. Namun, streaming video, bermain game online, dan mengunduh file memang memboroskan kuota jika dilakukan secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga:   8+ Cara Install Android di PC Laptop tanpa Emulator

Selain mengatasi paket internet mahal dan hemat kuota internet, penggunaan dan fitur internet juga harus diperhatikan.

Ini adalah tips yang dapat mengatasi masalah ini, Anda dapat mengunduh game atau file lain yang lebih kecil.

Cara hemat seperti ini cukup membantu anda agar irit kuota tidak mudah habis, untuk video streaming sebaiknya jangan lakukan ini atau bisa saja tapi gunakan grafik kualitas rendah. Hal ini dilakukan untuk menghemat kuota yang Anda beli tadi.

Saya sarankan download, streaming dan main game online, sebaiknya menggunakan akses internet via Wi-Fi atau hotspot. Selain itu, koneksi Wi-Fi sudah stabil, dibandingkan dengan biaya untuk membeli paket internet Wi-Fi akan jauh lebih murah.

9. Memilih Browser yang Tepat

Agar dapat mengakses website dengan cepat, kita juga membutuhkan browser yang cepat dan ringan, tidak semua browser memiliki fitur untuk mengompres data saat mengakses internet.

Meskipun fitur ini sangat berguna saat mengakses Internet, semakin banyak kompresi data yang Anda miliki, semakin cepat situs web atau blog Anda terbuka.

Baca juga: Browser seluler terbaik untuk Android.

Saya sarankan untuk menggunakan browser Google Chrome dan Opera Mini agar bisa digunakan di smartphone atau PC. Karena sudah terbukti dua browser membuka website lebih cepat.

Saya sudah membuktikannya dan lebih memilih Google Chrome karena lebih ringan dan memiliki set fitur yang lebih lengkap. Namun berbeda dengan UC Browser, menurut saya UC Browser cukup berat saat membuka internet.

10. Jangan unggah file besar

Salah satu penyebab borosnya penggunaan kuota internet adalah seringnya mengunduh file berukuran besar, baik itu film, video, foto, atau file lainnya. Pastikan untuk menghindari hal ini karena kuota internet akan cepat habis.

Demikian pembahasan singkat kami tentang betapa mudahnya menjaga kuota internet tanpa aplikasi. Penggunaan kuota internet yang semakin boros tentunya akan mempengaruhi biaya yang harus Anda keluarkan.

Oleh karena itu, kelola kuota internet dan penggunaan aplikasi dengan bijak agar penggunaan kuota internet Anda lebih hemat. Mungkin bisa membantu.


https://storyforgeproductions.com