Untuk menghilangkan noise ini, Anda bisa menggunakan aplikasi gratis dan open source yaitu Audacity. Aplikasi ini juga memiliki kualitas hasil yang tidak seperti aplikasi pengeditan audio berbayar.

Nah, untuk merekam suara ini, kamu bisa menggunakan aplikasi perekam suara. Audicity sangat mudah digunakan untuk menghilangkan noise dari rekaman audio yang Anda buat.

Sebelum kita masuk ke proses pengeditan audio, perhatikan apakah noise pada audio yang Anda edit bersih atau tidak tergantung pada jumlah noise pada audio yang Anda edit.

Semakin sedikit noise dalam suara, semakin jernih dan tajam suaranya. Di sisi lain, jika ada banyak noise pada audio, hasil pengeditan mungkin masih meninggalkan noise.

Cara mengurangi kebisingan audio

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi noise saat merekam audio, agar selama proses editing audio, semua noise hilang dan suara menjadi jernih:

  1. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda merekam di tempat yang tenang. Jika Anda merekam audio dalam ruangan, Anda perlu mematikan AC atau kipas angin di lapangan. Jika berada di luar ruangan, silakan pilih tempat yang tenang dan tidak angin kencang.
  2. Kedua, saat merekam, usahakan jangan terlalu jauh dari mikrofon, lalu bicaralah dengan keras agar vokal Anda lebih mendominasi noise.
  3. Ketiga, gunakan kaca depan jika ada, atau jika menggunakan smartphone bisa menggunakan kain yang sudah ada.
  4. Keempat, saat menyimpan file audio yang direkam, simpan sebagai WAV, bukan mp3. Mengapa? Karena format WAV tidak terkompresi, lossless, kualitasnya sangat bagus untuk digunakan dalam proses pengeditan.
  5. Terakhir, ada baiknya Anda merekam audio, pertama-tama pastikan Anda diam selama 5 detik, ini penting karena kami akan menggunakannya nanti untuk mengambil sampel profil kebisingan.

Lihat juga: Cara memperbaiki kesalahan driver audio.

Cara menghilangkan kebisingan audio

Cara lain untuk menghilangkan noise pada audio dan video adalah dengan menggunakan aplikasi Audacity. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kebisingan. Langkah:

Baca juga:   9 Cara Hentikan Kebiasaan Buruk Supaya Hidup Semakin Produktif

1. Unduh aplikasi Audacity.

Setelah file audio Anda siap, langkah selanjutnya adalah mengeditnya dengan Audacity. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduh aplikasinya.

2. Pilih file audio

Kemudian silahkan pilih File >> Buka >> File (pilih file audio yang ingin Anda edit).

cara menghilangkan noise pada suara dengan audacity 1

3. Pilih sampel kebisingan

Untuk menghilangkan noise pada audio, pilih contoh profil noise, seperti yang saya katakan sebelumnya. Inilah sebabnya mengapa diam selama 5 detik itu penting.

Atau Anda juga dapat mengambil sampel kebisingan dari mana saja di area kosong saat merekam. Kemudian setelah itu klik Efek >> Pengurangan Kebisingan >> Dapatkan profil kebisingan.

cara menghilangkan noise dari audio menggunakan Audacity 2

5. Tekan Ctrl+A

Kemudian, setelah itu, pilih semua audio dengan Ctrl + A.

6. Klik Efek > Pengurangan Noise.

Klik Efek >> Pengurangan Kebisingan >> lalu di setting disini teknoinside menggunakan 12 dB untuk noise reduction, dengan frekuensi 3 dan sensitivitas 6. Kemudian jika sudah silahkan klik OKE.

cara menghilangkan noise dari suara menggunakan audacity 3

7. Proses selesai

Sekarang Anda dapat melihat bahwa suara Anda lebih bersih dari kebisingan. Di sinilah Anda benar-benar dapat berhenti, karena kebisingan di audio Anda hilang. Jadi silahkan coba dengarkan hasil audionya, suaranya beda dan lebih jernih bukan?

cara menghilangkan noise dari audio menggunakan Audacity 4

8. Simpan file audio

Jika Anda puas dengan hasilnya, maka Anda selesai. Jika Anda hanya ingin menghilangkan kebisingan dalam suara, maka Anda dapat berhenti sekarang.

Silakan periksa ekspor audio dengan mengklik File >> Simpan Lainnya >> kemudian ekspor ke format yang diinginkan.

Baca juga: Cara Mengatasi Bola Mati di Laptop.

Cara biar suaranya lebih jernih lagi

Namun, Teknoinside tidak akan berhenti di situ untuk dapat mereproduksi suara yang lebih murni, kemudian Teknoinside akan terus menghasilkan suara yang lebih murni dan lebih baik.

Baca juga:   EaseUS Aplikasi Mengembalikan File Terhapus di PC Laptop Terbaik 2022

1. Klik Efek > Kompresor.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pembersihan kebisingan dari suara, pilih kembali seluruh suara, lalu pilih Efek >> Kompresor.

Kompresor ini adalah efek yang digunakan untuk menyamakan level suara, jadi jika ada bagian yang terlalu keras dan lambat dalam audio, maka semuanya bisa lebih merata.

Jumlah ambang batas tergantung pada beberapa level volume rekaman yang Anda buat, Disin Teknoinside akan menggunakan 18 dBlalu pilih BAGUS.

cara menghilangkan noise dari audio menggunakan audacity 5

2. Tambahkan efek penyelarasan

Untuk membuat suara lebih baik, Anda dapat menambahkan frekuensi tinggi atau rendah dengan melewatkan Efek >> Perataandi sini Anda dapat mengatur campuran frekuensi tinggi dan rendah Anda sendiri.

Anda dapat memilih dari menu yang disediakan atau membuat pengaturan Anda sendiri.

Tentu campurannya berbeda untuk setiap orang, tergantung selera masing-masing suara, jadi silakan bereksperimen. Jika demikian, silakan klik BAGUS.

cara menghilangkan noise dari audio menggunakan Audacity 6

3. Klik Efek > Normalisasi.

Kemudian langkah selanjutnya adalah menormalkan cara memilih Efek >> Normalisasi. Dalam normalisasi pertama ini, atur amplitudo ke 0 dB lalu pilih BAGUS.

cara menghilangkan noise dari suara menggunakan audacity 7

4. Pasang pembatas

Jika demikian, maka kami akan memotong bagian suara yang terlalu pedas, jadi silakan pilih. Efek >> Pembatas >> pastikan itu ada di opsi Batas Keras >> lalu atur limiter ke angka sehingga bagian-bagiannya memuncak tanpa merusak sisa suara >> lalu pilih BAGUS.

cara menghilangkan noise pada suara dengan audacity 8

5. Normalisasi lagi

Dan hal terakhir yang akan kita normalkan kembali dengan memilih Efek >> Normalisasi >> tapi di sini kita mengatur amplitudo maksimum -3 dB

Selesai, sekarang periksa kualitas suara yang telah Anda edit. Anda mungkin mendengar bahwa audio atau suara lebih bersih dan lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga:   8 Aplikasi Chatting Terbaik 2022: Fitur, Aman dan Mudah

6. Simpan file audio

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengekspor audio yang telah diedit dengan memilih File >> Simpan Lainnya >> ekspor audio ke format yang diinginkan, misalnya WOWDilakukan.

cara menghilangkan noise dari audio menggunakan Audacity 9

Kesimpulan

Noise pada sebuah audio atau video terkadang sangat mengganggu dan membuat video menjadi kurang ideal. Itu sebabnya kita perlu menghilangkan kebisingan. Gunakan metode di atas untuk menghilangkan noise dari video dan audio.

Lihat juga: Cara menghilangkan suara suara.

Demikian tutorial yang dapat saya berikan tentang cara menghilangkan noise dengan audacitydan langkah selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih jelas dan lebih baik.

Dengan menghilangkan noise pada rekaman atau suara Anda, hasil audio Anda akan lebih jernih dan bagus saat Anda mendengarkannya, semoga bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com