Seringkali kita menemukan foto watermark yang bagus. Biasanya berbentuk logo atau huruf kecil, agak transparan. Pemberian watermark dimaksudkan untuk menunjukkan kepemilikan suatu foto atau gambar.

Namun, tentu saja, keberadaan watermark dapat menutupi beberapa bagian gambar. Dan bahkan ada tanda air yang menutupi hampir seluruh foto dengan teks transparan. Misalnya gambar dari situs seperti Shutterstock, Istock, fotolia dan lain sebagainya.

Nah, sekarang kamu ingin tahu bagaimana cara menghilangkan watermark pada sebuah gambar, bukan? Apa itu mungkin? Tentu saja, kita bisa menghilangkan watermark dengan Photoshop di laptop atau bahkan ponsel Android.

Cara Menghilangkan Tanda Air dengan Photoshop

Photoshop dapat membantu kita menghapus semua bentuk tanda air dari sebuah gambar. Sehingga nantinya hasilnya bersih dari watermark atau logo yang menutupi gambar. Mau tahu caranya? Silakan lihat panduan berikut.

1. Buka gambar dengan Photoshop

Hapus tanda air dengan Photoshop

Pertama-tama, rekatkan gambar yang diberi tanda air ke Photoshop. Anda dapat membuka software tersebut kemudian tekan CTRL + O dan cari file tersebut di penyimpanan Anda.

2. Buat lapisan kloning

Hapus tanda air dengan Photoshop

Selanjutnya, kita perlu membuat layer gambar kloning. Caranya tinggal tekan CTRL+J dan akan langsung muncul duplikat layer. Anda dapat memeriksa di sisi kanan Photoshop.

3. Pilih alat Spot Healing Brush.

Hapus tanda air dengan Photoshop

Setelah itu, Anda akan mengaktifkan alat bernama Spot Healing Brush Tool. Fitur ini akan membantu kita menghilangkan watermark pada gambar dengan mudah.

4. Hapus tanda air

Hapus tanda air dengan Photoshop

Kemudian silahkan arahkan ke bagian watermark, lalu klik kiri dan tahan, lalu gosok area watermark tersebut. Anda dapat menggunakan tombol [ untuk mengecilkan kuas dan ] memperbesar sikat.

5. Tanda air berhasil dihapus

Hapus tanda air dengan Photoshop

Jika Anda telah menghapus semua tanda air, maka cukup lepaskan tombol mouse dan tanda air akan langsung hilang. Mudah bukan?

Lihat juga: Cara menghapus latar belakang dari foto

Cara Menghapus Tanda Air di Ponsel Android

Bagi yang tidak memiliki laptop atau PC, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena hanya dengan smartphone Android, kita juga bisa dengan mudah menghilangkan watermark pada gambar. Penasaran? Simak tutorialnya berikut ini.

Baca juga:   20+ Cara Mengatasi Whatsapp Error, Pending, Lemot

1. Unduh dan instal aplikasi

Pertama-tama, kita perlu mengunduh dan menginstal aplikasi android bernama YouCam Perfect. APK tersedia dalam versi gratis yang dapat Anda unduh melalui Playstore.

2. Edit foto

Hapus Tanda Air di Ponsel Android

Jika sudah terpasang, segera buka aplikasinya terlebih dahulu. Dari menu utama, Anda dapat memilih opsi “Edit Foto” untuk memulai.

3. Berikan akses

Hapus Tanda Air di Ponsel Android

Pertama kali Anda menggunakan aplikasi YouCam Perfect, pasti akan meminta izin untuk mengakses penyimpanan. Klik “Allow” agar bisa membaca isi foto-foto yang ada di galeri Anda. Kemudian temukan gambar yang ingin Anda hapus tanda airnya.

4. Hapus tanda air

Hapus Tanda Air di Ponsel Android

Setelah itu, pilih opsi Hapus di bagian bawah. Alat ini digunakan untuk membersihkan foto dari segala bentuk watermark.

5. Blok tanda air

Hapus Tanda Air di Ponsel Android

Kemudian gosok bagian yang terkena watermark sampai benar-benar tertutup. Jika sudah, maka klik saja tombol “Hapus” di pojok kanan bawah.

6. Simpan hasil

Hapus Tanda Air di Ponsel Android

Tanda air menghilang seketika. Silahkan klik “Simpan” di pojok kanan atas untuk langkah terakhir.

Lihat juga: Mengedit efek blur di Photoshop.

Cara Menghapus Tanda Air di Ponsel Android

Bagi mereka yang mencari aplikasi alternatif lain untuk menghapus objek seperti tanda air pada foto, disarankan untuk menggunakan aplikasi bernama Pixel Retouch. APK Android ini memiliki fitur-fitur canggih dan mudah digunakan.

1. Unduh dan instal APK

Seperti biasa, bagi yang belum memilikinya, unduh dan instal aplikasi Pixel Retouch terlebih dahulu. Anda bisa langsung ke Playstore atau download APK dari Google.

2. Izinkan akses

Hapus tanda air dengan retouch piksel

Setelah itu buka Pixel Retouh yang sudah terinstall. Kemudian berikan izin untuk mengakses penyimpanan sehingga dapat membaca file media di perangkat Anda.

3. Pilih alat Hapus Objek.

Hapus tanda air dengan retouch piksel

Saat memasuki menu utama aplikasi, ketuk opsi Buka untuk membuka fitur-fiturnya. Kemudian pilih “Hapus Objek” dan cari foto yang memiliki tanda air yang ingin Anda hapus.

Baca juga:   4 Cara Mengetahui Kecepatan Mengetik Jari: Online Akurat

4. Hapus tanda air gambar

Hapus tanda air dengan retouch piksel

Langkah selanjutnya, klik opsi brush di bagian bawah. Kemudian gosok bagian yang diberi watermark sampai benar-benar tertutup. Terakhir, cukup klik “Go” untuk menyelesaikannya.

5. Tanda air berhasil dihapus

Hapus tanda air dengan retouch piksel

Hanya dalam beberapa detik, tanda air benar-benar hilang. Klik tombol “Next” di bagian atas untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Simpan foto

Hapus tanda air dengan retouch piksel

Jika sudah sesuai harapan, kita tinggal menyimpan hasilnya. Caranya dengan mengklik ikon simpan di pojok kanan atas. Gambar kemudian akan disimpan langsung ke galeri.

Lihat juga: Cara memotong foto di Photoshop.

Penghapus tanda air Meixu XiuXiu

Beberapa dari Anda mungkin baru pertama kali mendengar nama aplikasi ini. Tapi percayalah, APK ini sangat ampuh untuk membersihkan logo dan watermark dari foto. Penasaran? Silakan coba sendiri dengan panduan berikut.

1. Unduh dan instal APK

untuk mendownload aplikasinya kita bisa langsung menuju website resmi Meitu Xiuxiu. Di sana kita dapat mengunduh APK dan kemudian menginstalnya di ponsel Android kita.

2. Pilih Pengeditan Foto.

Hapus tanda air dengan Meitu Xiuxiu

Jika sudah terpasang, saat dibuka, beri izin untuk mengakses media penyimpanan.

3. Pilih Pengeditan Foto.

Hapus tanda air dengan Meitu Xiuxiu

Kemudian pilih menu “Photo Editing” dan cari gambar dengan logo atau watermark.

4. Hapus tanda air

Hapus tanda air dengan Meitu Xiuxiu

Pilih opsi Eraser, seperti namanya, alat ini menghilangkan objek seperti watermark dengan sangat mudah.

5. Blok tanda air area

Hapus tanda air dengan Meitu Xiuxiu

Kemudian gosok saja area tersebut dengan watermark. Pastikan semua partisi terkunci dengan benar. Setelah itu, Anda dapat melihat sendiri bahwa logo tersebut telah hilang sama sekali.

6. Simpan perubahan

Hapus tanda air dengan Meitu Xiuxiu

Terakhir, kita tinggal menyimpan hasilnya dengan mengklik tanda centang di pojok kanan atas. Sangat mudah digunakan bukan?

Baca juga:   6+ Cara Membuat Linktree Instagram, WA, Shopee, Line

Cara menghapus tanda air dari foto online

cara menghilangkan watermark online

Ternyata selain menggunakan aplikasi tambahan, kita juga bisa dengan mudah menghilangkan watermark dari foto online. Jadi kami mengunggah dan kemudian langsung menghapus tanda air.

  • Langkah pertama buka website https://theinpaint.com/
  • Kemudian upload gambar atau foto yang ingin dibersihkan watermarknya.
  • Kemudian klik ikon merah dan pilih bagian watermark.
  • Setelah itu klik hapus dan tunggu sampai proses selesai, jika ada klik download.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghilangkan watermark pada foto online dan offline yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan watermark pada gambar.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan seperti Photoshop atau bahkan menggunakan aplikasi lain di ponsel Android Anda. Dengan tips di atas, Anda dapat menghapus semua bentuk tanda air dari foto dengan sangat mudah.


https://storyforgeproductions.com