Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Pak Excel. Microsoft Excel adalah software kesayangan yang sangat membantu seseorang dalam pekerjaan yang berhubungan dengan tabel, angka dan perhitungan.

Jadi dengan Microsoft Excel, kita tidak perlu repot menghitung angka satu per satu, baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pak Excel Lengkap.

Dengan demikian, Excel dapat digunakan sebagai kalkulator atau alat hitung yang sederhana dan efisien. Anda dapat dengan mudah menghitung rata-rata menggunakan Excel.

Cara Menghitung IPK di Excel

Apakah Anda tahu cara menghitung rata-rata menggunakan Microsoft Excel? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menghitung rata-rata menggunakan Microsoft Excel. Dan fungsi yang akan kita gunakan adalah fungsi mean.

Mean digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data pada waktu atau periode atau kelompok data tertentu. Saya akan membantu sobat menghitung rata-rata di excel, begini caranya.

  1. Masukkan data yang akan Anda hitung rata-ratanya.
  2. Tempatkan kursor di sel yang diperlukan.
  3. Klik bilah menu “Formula”, lalu klik “JumlahOtomatis”, lalu pilih menu “Rata-rata” darinya.
  4. Maka nilai rata-rata rumus akan otomatis muncul di sel ini. Misalnya, =AVERAGE(C2:C11) Artinya, kolom dari C2 hingga C11 dihitung. Dan Anda dapat mengubahnya sesuai dengan data yang Anda inginkan.
  5. Setelah itu, tekan “Enter”, setelah itu hasil perhitungan akan muncul di sel.

Jadi bagaimana jika Anda ingin rata-rata beberapa kolom? Anda tidak perlu mengulangi langkah-langkah di atas karena ada langkah-langkah sederhana untuk mendapatkannya yaitu sebagai berikut.

  1. Letakkan kursor pada kotak centang dari nilai rata-rata yang Anda dapatkan sebelumnya.
  2. Kemudian arahkan kursor ke pojok kanan bawah sel hingga muncul tanda “+”, lalu tahan dan seret sel ke sel tengah lainnya.
  3. Setelah itu, lepaskan kursor dan nilai rata-rata di beberapa kolom akan muncul.
Baca juga:   5 Cara Mengunci File Word dengan Password: Lengkap

Cara Menghitung Rata-Rata di Baris Excel

Saat menggunakan Excel untuk melakukan perhitungan, Anda biasanya akan menemukan angka dalam satu baris dan angka-angka ini perlu dirata-ratakan.

Menggunakan Excel, Anda dapat dengan mudah menemukan rata-rata berturut-turut. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung rata-rata dalam baris di Excel:

1. Pilih baris untuk rata-rata

cara menghitung rata-rata di baris excel

Pertama pilih baris yang berisi angka yang akan Anda hitung rata-ratanya. Sebagai contoh, pada gambar di atas, ada tabel yang memiliki satu baris berisi angka dan rata-rata terlihat di bagian akhir.

2. Tulis rumus di kolom rata-rata.

cara menghitung rata-rata di excel baris 2

Kemudian tulis rumus untuk mencari rata-rata di bagian kolom. biaya rata-rata. Rumus untuk mencari rata-rata di excel: Rata-ratauntuk menggunakannya, Anda perlu menambahkan simbol ‘=’ (sama dengan) sebelum tengah.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat contoh di atas, lalu tambahkan tanda kurung buka ‘(‘ setelah tanda kurung tengah dan penutup ‘)’ setelah memasukkan tempat/bidang angka yang ingin Anda temukan rata-rata.

3. Blokir baris yang berisi angka

Pada langkah kedua, setelah membuat tanda kurung buka, Anda dapat memblokir baris yang berisi angka dan kemudian tekan Untuk masuk. Setelah itu, nilai rata-rata garis akan muncul.

Atau Anda bisa merekam lokasi dimana data tersebut berada di data C2 hingga C13. Jadi, jika ditulis, itu akan menjadi:

= jarak menengah (C2:C13)

cara menghitung rata-rata di excel baris 3

4. Selesai

cara menghitung rata-rata di excel baris 4

Selesai, sekarang Anda telah berhasil menemukan nilai rata-rata suatu bilangan secara berurutan di excel.

Baca Juga: Cara Menyejajarkan Teks di Excel dengan Kanan.

Cara Menghitung Rata-Rata di Kolom Excel

Selain baris, Excel juga memiliki kolom. Nah, terkadang ada kalanya juga kita perlu mencari rata-rata dalam sebuah kolom di Excel. Sebenarnya cara mencarinya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama.

Baca juga:   7 Tips Memilih Domain yang Tepat: untuk Pemula

Langsung di bawah ini adalah contoh bagaimana menemukan rata-rata di kolom Excel:

1. Tentukan kolom

Tentukan kolom yang berisi angka yang ingin Anda cari rata-ratanya.

2. Tuliskan rumus rata-ratanya

cara menghitung rata-rata di kolom excel

Selanjutnya, tulis rumus rata-rata di bagian atau baris biaya rata-rata. Seperti sebelumnya, gunakan rentang rata-rata untuk menemukan rata-rata.

3. Masukkan kolom data

cara menghitung rata-rata di excel kolom 2

Kemudian masukkan kolom yang berisi data numerik seperti sebelumnya. Dalam hal ini, saya akan menggunakan rumus berikut:

= tengah(C2:J2)

4. Selesai

cara menghitung rata-rata di excel kolom 3

Setelah menekan Enter, rata-rata kolom yang berisi angka-angka ini akan muncul. Selesai, Anda sekarang telah berhasil menghitung rata-rata di kolom Excel.

Kesimpulan

Menghitung rata-rata di Excel sebenarnya tidak sulit jika Anda sudah mengetahui rumus dan konsep cara menggunakannya. Jadi silahkan gunakan rumus yang sudah saya berikan dan pelajari konsep penggunaannya.

Berikut adalah cara menghitung rata-rata pada Microsoft Excel 2013 yang dapat saya sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga cara yang sudah saya bahas dan saran diatas bisa bermanfaat dan membantu sobat.

Jika masih ada pertanyaan yang perlu ditanyakan mengenai cara yang saya posting diatas, silahkan ajukan pertanyaan anda di kolom komentar yang sudah tersedia.


https://storyforgeproductions.com