Laptop adalah perangkat yang terlihat seperti komputer, tetapi relatif lebih kecil dan dapat berjalan dengan daya baterai tanpa harus terus-menerus terhubung ke sumber daya.

Mungkin sebagian dari Anda pernah berpikir untuk menghubungkan laptop ke TV atau menghubungkan laptop ke monitor di layar seperti LCD atau LED.

Nah, dibawah ini Teknoinside akan memberikan artikel terkait hal tersebut. Berikut cara menghubungkan laptop ke TV.

Bagaimana menghubungkan laptop ke TV dengan kabel VGA

Kabel VGA adalah salah satu jenis kabel yang dapat digunakan untuk mentransfer data berupa sinyal video. Kabel VGA ini digunakan sebagai penghubung antara komputer dan monitor.

Namun kabel vga ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan laptop ke TV. Kabel VGA ini tentunya memiliki dua jenis konektor yaitu konektor VGA positif dan konektor negatif VGA.

Kabel VGA biasanya memiliki konektor yang menghubungkan tiga baris di atas dan memiliki 15 pin per konektor.

Kabel VGA ini juga memiliki fungsi ganda, seperti digunakan sebagai konektor untuk perangkat elektronik seperti laptop, komputer, TV, kartu grafis, dan berbagai perangkat lainnya.

Selain itu, kabel VGA ini juga digunakan untuk menghubungkan dan mentransfer sinyal video/grafik antar perangkat yang terhubung.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda coba jika ingin menghubungkan laptop ke TV dengan kabel VGA. Cara menghubungkan laptop ke TV dengan kabel VGA:

  1. Pertama, sambungkan kabel VGA ke port VGA di laptop Anda.
  2. Kemudian sambungkan juga kabel VGA ke port VGA di TV, yang akan dihubungkan ke laptop dengan kabel VGA.
  3. Setelah itu, hidupkan TV dan hidupkan laptop yang terhubung dengan kabel VGA.
  4. Kemudian, di pengaturan TV Anda, pilih Input VGA, ini biasanya dapat dilakukan dengan menekan tombol AV pada remote control.
  5. Kemudian terakhir silahkan di laptop anda masuk ke pengaturan Panel Kontrol – Tampilan – Pengaturan Resolusidi daftar tarik-turun Tampilkan, pilih TELEVISI.
Baca juga:   3 Cara Cek Root HP Android Semua Merk (Terbukti)

https://www.youtube.com/watch?v=C56VBmOOCwM

Sekarang display di laptop anda disambungkan ke TV dengan kabel VGA, tapi kabel VGA ini hanya menghubungkan display.

Sehingga suara di laptop tidak menyala, seperti yang sudah dijelaskan diatas, kabel VGA ini digunakan untuk mentransfer data berupa sinyal video, bukan sinyal audio.

Bagaimana menghubungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI

Kemudian cara menghubungkan laptop ke TV yang kedua adalah dengan menghubungkan laptop ke TV menggunakan kabel HDMI, sebenarnya kabel HDMI ini tidak jauh berbeda dengan kabel VGA.

Hanya saja kabel VGA versi terbarunya yang dianggap terbaik. Anda juga dapat mengatakan bahwa VGA adalah standar lama untuk perangkat yang mampu mentransmisikan sinyal video.

Sedangkan HDMI adalah standar yang lebih baru di mana kabel HDMI dapat membawa video pada resolusi atau kejelasan yang lebih tinggi.

HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface, yang merupakan salah satu jenis antarmuka atau interface peralatan audio dan video digital yang tidak terkompresi.

HDMI ini menyediakan antarmuka atau antarmuka antara beberapa sumber video/audio digital yang sesuai seperti dekoder, AV, pemutar DVD, dan lainnya.

Saat ini, hampir semua jenis TV LED sudah memiliki port dan fitur HDMI.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti jika Anda ingin menghubungkan laptop Anda ke TV menggunakan kabel HDMI. Cara menghubungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI:

  1. Pertama, sambungkan kabel HDMI ke port HDMI di laptop Anda.
  2. Kemudian sambungkan juga kabel HDMI ke port HDMI di TV, yang akan disambungkan ke laptop dengan kabel HDMI.
  3. Setelah itu, hidupkan TV dan hidupkan laptop yang terhubung dengan kabel HDMI.
  4. Kemudian, di pengaturan TV Anda, pilih input HDMI, biasanya ini dapat dilakukan dengan menekan tombol AV pada remote control.
  5. Jika layar laptop tidak ditampilkan di TV, silakan lakukan pengaturan di laptop Anda dengan masuk ke Panel Kontrol – Tampilan – Pengaturan Resolusi kemudian dari daftar tarik-turun Tampilan pilih TELEVISI.
Baca juga:   20+ Cara Mengatasi HP Mati Sendiri / Restart: Lengkap

Berikut cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI. Selain bisa menghubungkan grafik di laptop ke TV, kabel HDMI juga bisa menghubungkan audio di laptop ke TV secara bersamaan.

Cara menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel

Ketiga, bagaimana menghubungkan laptop Anda ke TV Anda secara nirkabel menggunakan Chromecast.

Chromecast adalah alat sejenis USB yang berguna untuk menghubungkan perangkat, salah satunya TV dengan gadget seperti komputer atau laptop.

Chromecast adalah alat yang diluncurkan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk mengubah TV mereka menjadi perangkat media pintar yang dapat dihubungkan ke laptop.

Namun chromecast ini untuk sementara hanya mendukung laptop/komputer Windows/Mac untuk remote control saat TV tersambung ke Chromecast.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti jika Anda ingin menghubungkan laptop Anda ke TV secara nirkabel menggunakan Chromecast.

Cara menghubungkan laptop ke TV menggunakan Chromecast:

  1. Colokkan kabel Chromecast ke port di TV Anda.
  2. Nyalakan TV yang terhubung ke Chromecast, di bawah TV pilih input HDMI, yang biasanya dapat dilakukan dengan menekan tombol AV pada remote control.
  3. Setelah itu, buka halaman yang berisi Chromecast dan instal Chromecast di laptop Anda.
  4. Siapkan Chrome Cast, lalu sambungkan ke jaringan Wi-Fi yang ada dan ikuti petunjuknya.
  5. Masukkan kode verifikasi yang akan muncul di layar TV.

Kesimpulan

Ada beberapa cara untuk menghubungkan laptop ke TV, Anda bisa menggunakan kabel maupun koneksi nirkabel seperti yang dijelaskan di Teknoinside di atas.

Nah, berikut ini cara menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel dan dengan kabel. Semoga dapat bermanfaat dan bermanfaat bagi teman-teman semua.


https://storyforgeproductions.com