Hard disk akan dibagi menjadi beberapa partisi. Hal ini dilakukan untuk mencegah pencampuran data untuk tujuan yang berbeda. Selain itu, membagi harddisk menjadi beberapa partisi akan memudahkan kita untuk mengelompokkan dan mengatur data.

Pada partisi harddisk biasanya terdapat 2 pilihan partisi sistem, yaitu MBR dan GPT. Sebelum kita membahas cara mengubah hard drive MBR ke GPT, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan dua jenis partisi sistem.

Perbedaan antara sistem partisi MBR dan GPT

MBR atau Master Boot Record adalah sistem partisi di mana semua data pada disk dikelola dan dikendalikan oleh sistem MBR. Sedangkan GPT atau Guid Partition Table adalah sistem partisi dimana data disimpan di lebih dari satu lokasi sehingga apabila terjadi kerusakan pada sistem utama masih ada cadangan yang dapat digunakan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara hard drive yang menggunakan sistem partisi MBR dan GPT, silakan baca informasi di bawah ini:

  • Sistem partisi MBR hanya dapat digunakan untuk penyimpanan maksimum 2TB, sedangkan GPT dapat mencapai kapasitas 9 ZB (Zettabyte tiga tingkat di atas Terabyte).
  • MBR hanya dapat dibagi menjadi 4 partisi utama sedangkan GPT dapat dibagi menjadi 128 partisi utama.
  • Dalam sistem partisi MBR, data akan disimpan di sektor pertama, tidak seperti GPT, yang menyimpan beberapa kali untuk membuat cadangan. Artinya, jika ada data yang hilang atau rusak pada hard drive GPT, masih dapat disimpan karena ada cadangan.

Dilihat dari beberapa perbedaan di atas, tentunya kita sudah mengetahui bahwa sistem partisi GPT memiliki kelebihan yang lebih dibandingkan MBR. Hal ini membuat banyak orang ingin mengubah partisi harddisk mereka dari MBR ke GPT.

Tidak ada yang salah dengan itu, karena mengubah MBR ke GPT memiliki banyak keuntungan. Namun sebagian orang takut melakukan hal ini, karena takut kehilangan data penting.

Baca juga:   10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di HP Android & Laptop 2022

Jangan khawatir, berikut ini cara mengubah partisi sistem hard disk dari MBR ke GPT tanpa memformat agar tidak ada data yang hilang.

Cara mengubah MBR ke GPT tanpa format data

Nah, sejauh ini masalah terbesar yang dihadapi banyak orang ketika mereka ingin mengubah partisi sistem mereka adalah kehilangan data. Ini karena sebagian besar panduan konversi MBR ke GPT memastikan untuk melalui proses pemformatan terlebih dahulu.

Lalu adakah cara agar tidak menghapus data di hardisk? Tentu ada, jika anda sangat takut kehilangan file penting di hdd, maka anda bisa menggunakan tips berikut ini.

Kami akan menggunakan aplikasi bernama EaseUS Partition Master. Lihat tutorial lengkapnya di bawah ini.

1. Unduh dan instal EaseUS

Pertama-tama siapkan software yang diperlukan terlebih dahulu dengan mendownload EaseUS Partition Master. Setelah itu, silahkan install di komputer/PC anda sesuai kebutuhan.

2. Buka Master Partisi EaseUS.

Setelah diinstal, Anda dapat langsung membuka aplikasi. Layar akan segera menampilkan daftar disk dan partisi pada perangkat Anda.

Lihat juga: Cara mempartisi hard drive laptop menjadi beberapa bagian.

3. Ubah MBR ke GPT

Mengonversi hard disk MBR ke GPT

Sekarang sangat mudah untuk mentransfer sistem dari MBR ke GPT. Yang harus Anda lakukan adalah klik kanan pada bagian yang ingin Anda ubah dan kemudian pilih opsi Konversikan ke GPT.

4. Konfirmasikan prosesnya

Mengonversi hard disk MBR ke GPT

Kemudian akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa proses sedang berjalan. Anda dapat langsung mengklik “Terapkan” untuk melanjutkan eksekusi.

5. Tunggu proses konversi

Sekarang, akhirnya, kita tinggal menunggu prosesnya selesai. Ini biasanya tidak akan memakan waktu lama, dan data di hard drive Anda juga akan tetap aman dari penghapusan.

Baca Juga: Perbedaan Hard Disk dan Solid State Drive

Cara mengubah MBR ke GPT melalui CMD

Cara ini bisa digunakan ketika Anda ingin menginstal OS baru atau mengganti OS lama. Dengan kata lain, kita akan mengubah sistem hard disk dari MBR ke GPT bersamaan dengan proses instalasi sistem operasi.

Baca juga:   Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui (Terbukti)

Namun perlu ditegaskan juga bahwa cara ini pasti akan menghapus semua data yang Anda miliki seiring dengan proses instal ulang. Jadi ada baiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu sebelum mencoba tips ini. Jika demikian, Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini.

1. Siapkan untuk proses instalasi ulang

Mengonversi hard disk MBR ke GPT

Pertama, mulailah proses instalasi ulang dengan memasukkan CD OS atau flash drive yang sudah berisi OS tersebut. Tunggu hingga perangkat laptop/PC melakukan booting dan siap untuk menyelesaikan proses instalasi hingga muncul layar berikut. Anda bisa langsung klik “Install Now” dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Lihat juga: Cara menginstal ulang Windows 10.

2. Buka cmd

Sekarang pada titik ini, untuk dapat masuk ke command prompt, Anda perlu menekan tombol Shift + F10 dan tahan selama beberapa detik. Tunggu hingga CMD berhasil dibuka dan siap digunakan.

3. Tampilkan partisi disk

Mengonversi hard disk MBR ke GPT

Setelah berhasil masuk ke CMD, masukkan perintah pisahkan lalu tekan enter. jenis berikutnya lagi daftar disk dan ketik, perintah ini digunakan untuk menampilkan partisi harddisk yang kita miliki.

4. Pilih partisi hard disk

Mengonversi hard disk MBR ke GPT

Setelah daftar partisi muncul, kita dapat memilih partisi yang ingin kita format dan mengubahnya dari MBR ke GPT. Perhatikan ukuran partisi agar tidak salah dalam memilih. Masukkan perintah pilih disk 0 misalnya dan masuk. Anda dapat pergi ke disk 1 dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

5. Format hard disk

Mengonversi hard disk MBR ke GPT

Sebelum mengubah partisi sistem, kita harus memformatnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memasukkan perintah wipe, lalu masukkan dan tunggu proses penghapusan data selesai.

6. Ubah MBR ke GPT

Nah, akhirnya jika proses pemformatan sudah selesai, kita tinggal mengubahnya menjadi GPT. Untuk jenis perintah konversi gpt lalu tekan enter. Tunggu hingga proses selesai dan selamat, partisi Anda kini telah mengubah sistem menjadi GPT.

Baca juga:   5+ Cara Setting APN Indosat 3G/4G Tercepat & Stabil 2022

Bagaimana cara mengubah Manajemen Disk MBR ke GPT

Dalam kasus terakhir, kita dapat menggunakan fungsi manajemen disk. Namun tips ini memiliki satu kelemahan yaitu kita harus menghapus semua partisi yang ada di harddisk kita. Hal ini tentunya juga akan menghapus semua data yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, sebelum mencoba mengubah hardisk dari MBR ke GPT dengan cara ini, perlu dilakukan backup data-data penting. Sehingga nantinya bisa di restore kembali agar tidak hilang. Setelah itu ikuti panduan selanjutnya.

1. Buka Manajemen Disk

Bagi yang belum tahu caranya, di Windows 10 buka File Explorer atau klik Windows + E. Klik kanan Komputer inilalu pilih Untuk memerintah. Setelah itu, di sisi kiri menu, pilih opsi Manajemen Disk.

2. Format partisi hard drive Anda

Selanjutnya, kita perlu menghapus data pada hard drive yang ingin kita konversi ke GPT. Caranya klik kanan pada harddisk yang diinginkan dan pilih Delete Volume. Ini akan menghapus semua partisi.

3. Konversikan ke GPT

Mengonversi hard disk MBR ke GPT

Terakhir, jika semua data sudah hilang, kita bisa langsung mengonversinya ke GPT. Cukup klik kanan pada drive yang tidak dipartisi, lalu pilih Konversikan ke disk GPT.

4. Bagikan partisi hard drive

Setelah selesai, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian jika perlu. Caranya klik kanan pada harddisk lalu pilih Kurangi volume. Jika perlu, masukkan kapasitas partisi yang diinginkan.

Demikianlah cara mengubah partisi hardisk dari MBR ke GPT di Windows 7,8 dan 10 tanpa memformat. Semoga panduan di atas untuk mengonversi dan mengubah sistem partisi hard disk tanpa kehilangan data akan membantu Anda. Bagi pemula yang masih bingung silahkan bertanya di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com