Portable Document Format, atau PDF, adalah format file dokumen yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk memenuhi kebutuhan pertukaran data digital. PDF sendiri dapat digunakan untuk lay out dokumen dua dimensi berupa teks, huruf, gambar, dan sejenisnya.

Membuat Format File Dokumen PDF Portable Tentu ada hal yang lebih baik, berikut ini beberapa manfaat file dokumen yang disimpan dalam format PDF. Beberapa keuntungan dari dokumen PDF:

  • Ini fleksibel sehingga dapat dibuka dengan platform yang berbeda seperti ponsel/PC/laptop tanpa perlu aplikasi tambahan karena banyak browser sekarang mendukung melihat file PDF.
  • Dapat dilindungi dengan kata sandi, dengan perlindungan kata sandi asalkan file dapat lebih aman dan mengurangi kemungkinan penyalahgunaan, seperti pengeditan atau tampilan yang ceroboh oleh siapa pun.
  • Dapat menampung berbagai macam file 2D, tidak hanya teks/huruf karakter, tetapi juga dapat berupa gambar.
  • Dapat dikonversi ke berbagai format lain seperti .doc atau .docx.
  • Banyak pembaca PDF dapat digunakan untuk mengedit konten dokumen PDF.

Cara Mengonversi File Word ke PDF

cara mengubah word ke pdf

Nah, sehubungan dengan hal di atas, dalam hal ini Teknoinside ingin membagikan artikel yang akan membahas tentang cara mengubah word ke pdf. Oke sobat silahkan simak baik-baik artikel dibawah ini.

Lihat juga: Cara mengompres Word.

1. Cara Mengonversi Word ke PDF di Laptop

Mungkin ini cara yang paling mudah dan efisien untuk dilakukan, karena hampir setiap PC/laptop pasti sudah terinstall Microsoft Office.

Nah dibawah ini adalah cara convert file word ke pdf di laptop dengan semua versi microsoft word.

1. Silahkan sobat buka dulu dokumen yang ingin di convert ke dokumen PDF.

Baca juga:   5+ Cara Mengunci Aplikasi Android Semua Merk: Lengkap

2. Selanjutnya jika sobat punya sobat buka dokumen yang akan di convert ke PDF sobat pilih Mengajukan. Seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

cara mengubah dokumen word ke pdf

3. Lalu jika sudah di menu file sobat pilih Menyimpan KITA dan tentukan lokasi yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan kata yang dikonversi ke file PDF.

4. Saat menyimpan file, perhatikan Simpan sebagai tipe lalu ubah menjadi PDF (*.pdf) seperti pada gambar yang saya tandai di bawah ini. Jika Anda berteman, ubah menjadi PDF (*.pdf), langkah terakhir klik Menyimpan.

cara mengubah dokumen word ke pdf

2. Cara Mengonversi Word ke PDF Online

Jika teman Anda tidak menggunakan Microsoft Word, Anda juga dapat menggunakan metode kedua ini, dalam kasus kedua, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan apa pun, cukup gunakan aplikasi browser di perangkat teman Anda.

Semua perangkat harus memiliki browser yang diinstal, baik itu Internet Explorer, Mozilla, Chrome, atau yang lainnya. Inilah cara Anda dapat mengonversi dokumen Word ke PDF melalui situs Word ke PDF:

1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke situs konversi Word ke PDF melalui browser atau klik di sini.

2. Jika sudah di halaman konversi, maka langkah selanjutnya sobat klik tombol Pilih file seperti yang saya tandai pada gambar di bawah ini dengan lingkaran merah. Klik pada teks:

cara mengubah dokumen doc ke pdf

3. Kemudian temukan dokumen yang ingin Anda konversi ke .PDF di perangkat penyimpanan teman Anda.

Kalau sudah sob, klik dokumen yang mau diedit, lalu klik membuka. Seperti yang saya catat pada gambar di bawah ini.

cara convert doc ke pdf

4. Setelah Anda klik Open, tunggu beberapa saat hingga proses download dimulai dan konversikan dokumen yang dipilih ke format PDF.

Baca juga:   5 Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih (Terbukti)

Proses ini akan dilakukan secara otomatis setelah Anda memilih file yang ingin Anda konversi, durasi unduhan dan proses konversi tergantung pada kecepatan koneksi Anda serta ukuran file yang perlu Anda konversi sebelumnya.

konversi dokumen ke pdf

5. Jika proses nomor 4 selesai, maka hasil konversi akan otomatis ditampilkan seperti gambar di bawah ini. Silahkan teman-teman klik tombol download.

konversi doc ke pdf tanpa aplikasi

3. Konversi Word ke PDF di ponsel Android

Selain online dan menggunakan komputer laptop, kita bisa menggunakan hp android untuk mengkonversi word ke pdf. Untuk lebih jelasnya simak tutorial cara convert word ke pdf berikut di hp android.

  • Langkah pertama buka situsnya
  • Kemudian masukkan file PDF, lalu upload dan klik “Convert to PDF”.
  • Tunggu hingga proses selesai dan bisa langsung diunduh setelah selesai.

Mengkonversi word ke pdf di android sangat mudah tanpa menggunakan aplikasi, tentunya ini menjadi keuntungan yang jelas.

Lihat juga: Cara mengonversi PDF ke Word.

Kesimpulan

Nah, kali ini ada artikel dari Teknoinside tentang cara convert word ke pdf. Semoga artikel ini bermanfaat dan bermanfaat untuk membantu teman-teman yang mengalami kesulitan saat ingin mengubah format file dokumen ke PDF.

Jika ada yang kurang paham atau kurang paham dengan langkah dan cara yang dijelaskan di atas, Anda bisa menyampaikannya melalui kolom komentar yang sudah tersedia di bagian bawah artikel ini.


https://storyforgeproductions.com