Terkadang orang juga tidak mengerti cara mengunci file Word agar tidak bisa dibuka, yang berguna untuk mencegah orang lain membukanya, jadi pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara melakukannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut caranya, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Dari waktu ke waktu, kita pasti menginginkan dokumen yang kita miliki dapat diakses oleh siapa saja. Baik itu dokumen berupa file word, excel, PDF dan lain sebagainya.

Dokumen yang tidak perlu diakses oleh siapa pun tentunya merupakan dokumen penting, baik itu dokumen pribadi maupun dokumen yang berisi data perusahaan.

Cara mengunci file Word dengan kata sandi

Untuk melakukan ini, kita pasti ingin mencegah orang lain mengakses file dokumen, salah satunya dengan mengunci dokumen dengan kata sandi. Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Buka file

Pertama buka lokasi tempat kita menyimpan file dokumen di microsoft word, disini saya menggunakan microsoft word 2016. Anda bisa membukanya di word yang biasa anda gunakan.

2. Klik File

Klik pada tab file karena ada panah pada gambar di bawah ini. Kemudian masukkan file teks yang ingin Anda blokir.

cara memblokir file di microsoft word

Lihat juga: Cara memblokir file di PC.

3. Pilih Lindungi Dokumen > Enkripsi dengan Kata Sandi.

cara memblokir file di microsoft word

Pada tab Info, pilih Lindungi Dokumen > Enkripsi Dengan Kata Sandi. Bagi Anda yang menggunakan Office versi 2007, lokasinya sedikit berbeda. Klik ikon Office seperti yang ditunjukkan oleh panah di atas. Kemudian pilih Siapkan > Enkripsi Dokumen.

4. Masukkan kata sandi

Masukkan kata sandi yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah penggunaan huruf kecil dan huruf besar (peka huruf besar kecil), lalu pilih OK.

cara memblokir file di microsoft word

Masukkan kembali kata sandi Anda, lalu pilih OK, tutup Microsoft Word, dan klik Simpan.

Baca juga:   5 Cara Membuka RAR, ZIP & Winrar yang Terkunci di Laptop

5. Memeriksa file

cara memblokir file di microsoft word

Dan dokumen Anda telah berhasil dikunci atau kata sandi telah diberikan padanya. Setiap kali Anda ingin membuka file dokumen Word, Anda harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu.

Cara menghapus kata sandi

cara memblokir file di microsoft word

Jika Anda ingin menghapus kata sandi, kembali ke langkah #3, hapus kata sandi, lalu klik OK, tutup kata, pilih Simpan.

Dengan memberikan kata sandi ke dokumen Anda, tidak ada yang bisa mengaksesnya. Jadi bagi anda yang memiliki dokumen penting yang bersifat pribadi, baik pribadi maupun perusahaan.

Sangat disarankan untuk memberikan kata sandi yang kuat (menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol) tetapi mudah diingat.

Cara mengunci Word dengan kata sandi

Sedangkan untuk langkah kedua sangat sederhana, berikut ini cara memasang password di laptop agar aman.

  1. Klik Simpan Sebagai > Kemudian klik Alat di sebelah tombol Simpan.
  2. Klik Opsi Umum dan masukkan kata sandi.

Jangan membuat kata sandi yang terlalu rumit jika Anda termasuk orang yang pelupa atau sulit mengingat kata sandinya, karena nanti jika Anda tiba-tiba lupa kata sandi yang Anda buat untuk dokumen tersebut, akan berakibat fatal dan selanjutnya merugikan Anda.

Kesimpulan

Membuat kata sandi dalam file teks itu mudah, Anda dapat menggunakan metode di atas untuk membuat kata sandi dalam file teks. Dengan demikian, isi kata tersebut aman dan hanya diketahui oleh Anda.

Demikian penjelasan singkat tentang cara mengunci file Word agar aman dan tidak dapat diakses oleh semua orang. Semoga dapat bermanfaat dan dapat diterapkan oleh anda.


https://storyforgeproductions.com