Dengan bantuan internet kita bisa belajar sesuatu, tentunya hal ini tidak lepas dari kemudahan yang diberikan oleh mesin pencari seperti Google. Selain itu, saya akan membagikan tutorial atau cara merekam layar PC (laptop dan komputer) yang dapat Anda ubah menjadi video.

Pasti sangat membantu bagi sobat yang ingin memotret sambil menyimpan file video yang ingin merekam layar desktop di PC.

Misalnya Anda seorang gamer yang ingin membagikan hasil game PC teman Anda untuk diunggah ke internet, selain itu Anda juga seseorang yang ingin memberikan tutorial melakukan sesuatu di PC.

Banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu screen recording / perekaman layar. Bahkan, screen recorder ini hampir sama dengan fitur screen capture.

Namun, saat merekam layar, kita dapat menyimpan atau merekam layar desktop PC sebagai video, dan video yang ada dapat berupa audio dan video.

Baca Juga: Aplikasi Perekaman Layar Seluler.

Untuk dapat merekam layar komputer Anda dengan mengubahnya menjadi video, Anda memerlukan sebuah aplikasi, salah satu aplikasi yang mudah digunakan dan gratis adalah perekam layar gratis.

Cara Merekam Layar PC Laptop

Aplikasi ini cukup simple dan ringan sobat, cocok untuk sobat yang ingin merekam layar komputer atau laptop sambil bermain game atau ingin merekam tutorial tentang sesuatu yang ingin dibagikan dengan merekam layar laptop.

1. Screencast-O-Matic

Kegiatan ini pasti membutuhkan aplikasi, ada banyak aplikasi perekam layar yang bagus dan bagus, tetapi kali ini saya akan berbicara tentang aplikasi Screencast-O-Matic, di bawah ini saya akan menjelaskan cara merekam layar laptop dengan suara dengan aplikasi ini.

1. Jika Anda belum mengunduh Screencast-O-Matic, silakan.

2. Setelah diunduh, instal, jika Anda sudah memilikinya, buka aplikasinya.

3. Kemudian akan muncul bagian seperti berikut ini, klik Gunakan versi gratis.

cara merekam layar laptop di video

4. Setelah di klik aplikasinya tidak merekam seluruh layar laptop, untuk menginstallnya klik bagian yang saya tandai, lalu pilih layar penuh (untuk perekaman layar penuh) atau Anda dapat memilih ukuran lain sesuai keinginan.

cara mengambil video dari layar laptop / perekaman layar

5. Setelah itu, klik ikon merah atau, lebih mudah, tekan alt+p untuk mulai merekam, atau Anda dapat berhenti merekam dengan tombol. Jika sudah ditekan maka akan otomatis muncul angka hitung mundur seperti gambar dibawah ini, menandakan bahwa anda telah berhasil merekam.

cara merekam video layar di laptop

Informasi A: Perlu sobat ketahui, sobat bisa menggunakan mode capture dan video tubuh sobat dengan kamera webcam/laptop. Dan Anda dapat merekam presentasi atau aktivitas lainnya, seperti merekam gameplay/gameplay Anda dan kemudian mengunggahnya.

Baca juga:   6 Cara Main Game Android di PC Laptop tanpa Emulator

2. Perekam Layar Gratis

Seperti yang saya jelaskan di atas, ketika kita ingin merekam game, video, game atau presentasi, hal lain dengan merekam layar PC dapat dilakukan dengan aplikasi. Adapun cara menggunakan aplikasi perekam layar terbaik.

1. Pertama-tama sobat download dulu aplikasi yang ingin kita gunakan yaitu Free Screen Recorder.

2. Jika sudah diunduh, buka dan instal aplikasi perekam layar gratis.

3. Kemudian jalankan programnya, maka akan terlihat seperti di bawah ini, namun sebelum merekam, kita memilih opsi umum (gear gambar). Tujuannya adalah untuk mengatur area desktop agar dapat ditulis.

cara merekam game di pc

4. Kemudian akan muncul menu general options yang memiliki tiga pilihan lebar layar yaitu Normal (untuk ukuran kecil), fixed region (teman menunjukkan layar manual) dan full screen (layar penuh). Anda dapat menyesuaikannya sendiri, lalu klik OK.

cara merekam layar desktop

5. Dan untuk mulai merekam, tekan tombol lingkaran merah dan perekaman dimulai.

cara merekam layar laptop di komputer

6. Setelah selesai, tekan tombol kota biru untuk mengakhiri video.

7. Kemudian akan muncul jendela penyimpanan, di mana Anda dapat menyimpan video yang telah direkam ke dalam folder video yang mudah Anda temukan. Cukup klik “Simpan” untuk menyimpan data Anda.

3. Bandika

bandika

Bandicam adalah perangkat lunak lain yang dapat Anda gunakan untuk merekam layar di laptop atau komputer Anda. Beberapa kelebihan software ini dibandingkan software lain adalah kita hanya bisa merekam layar pada area tertentu saja.

Selain itu, Bandicam juga mendukung perekaman layar mulai dari game dan video streaming. Kita juga bisa memilih format video yang direkam dari aplikasi Bandicam ini, yaitu AVI dan MP4.

Terlebih lagi, Bandicam juga menyediakan banyak fitur keren lainnya, salah satunya adalah fitur live drawing yang bisa kita gunakan untuk menggambar pada area tertentu di layar saat kita melakukan proses perekaman layar.

Fitur lain yang bisa Anda dapatkan di software Bandicam adalah fitur perekaman suara real-time yang bisa Anda gunakan untuk siaran rahasia. Dengan demikian, Anda dapat menambahkan komentar selama proses perekaman layar.

Anda juga bisa menghilangkan watermark pada video tersebut, namun pada versi gratisnya, sayangnya watermark tersebut tidak bisa dihilangkan. Memang software perekam layar ini sangat cocok untuk para gamers.

Kenapa ini? Karena dimungkinkan untuk menambahkan efek suara mouse yang pasti akan membuat hasil rekaman video semakin impresif. Namun sayangnya, versi gratis aplikasi ini hanya mampu merekam layar selama 10 menit.

Lihat juga: Cara memperbaiki layar hitam putih.

4. Buka perangkat lunak penyiar

Buka perangkat lunak penyiar

Software Open Broadcaster atau yang lebih sering disebut dengan OBS merupakan software perekam layar komputer atau laptop yang kami rekomendasikan selanjutnya. Open Broadcaster Software adalah perangkat lunak open source multi-platform.

Baca juga:   5 Cara Cek ID Pelanggan PLN: Prabayar & Pascabayar

Dengan demikian, Software Open Broadcaster dapat digunakan di berbagai sistem operasi mulai dari Windows, Linux dan sebagainya. Pengguna juga dapat memilih format video yang direkam, apakah itu MP4 atau FLV.

Ini memiliki tampilan dan nuansa yang cukup sederhana, yang membuat perangkat lunak Open Broadcaster sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula. Salah satu keunggulan OBS adalah dapat merekam menggunakan webcam bawaan atau webcam opsional.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan teks atau emoji saat streaming. Karena kelebihan dari software Open Broadcaster ini adalah memiliki berbagai macam filter dan theme yang bisa anda gunakan sesuai keinginan.

5. Aksi!

Tindakan!

Action adalah perekam layar komputer atau laptop yang bisa digunakan untuk live streaming. Selain itu, hasil perekaman layarnya juga memiliki resolusi yang cukup baik mulai dari HD hingga Full HD.

Dengan demikian, video yang dihasilkan akan sangat jernih dan memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, tidak jarang software ini menjadi salah satu software perekam layar komputer atau laptop terbaik yang bisa Anda gunakan.

Dari segi fitur yang ditawarkan, action ini menawarkan fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengambil foto secara cepat atau mengambil screenshot saat ingin memotret. Oleh karena itu, action ini sangat cocok untuk merekam game dan tutorial lainnya. Anda juga dapat memilih format video yang dihasilkan, yaitu MP4 atau AVI.

6. RemahAmbil

TinyTake

Rekomendasi software perekam layar laptop atau komputer selanjutnya adalah TinyTake. TinyTake tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan berbayar dan tentunya kedua versi tersebut memiliki perbedaan dan kelebihan masing-masing.

Pada versi berbayar, TinyTake menyediakan fitur anotasi lengkap, namun sayangnya TinyTake hanya dapat merekam layar selama 5 menit. Artinya setiap 5 menit kita harus mengulang perekaman layar.

Tentu saja hal ini tidak efisien jika digunakan untuk merekam game. Namun karena beberapa kekurangan tersebut, TinyTake juga memiliki kelebihan yaitu memiliki tampilan yang sederhana sehingga hanya dengan sekali klik, kita dapat merekam layar komputer.

Kelebihan lain dari software TinyTake ini adalah tidak adanya watermark pada video yang direkam. Selain itu, terdapat penyimpanan cloud sebesar 2 GB yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Baca juga:   4 Cara Print Warna Hitam Putih Semua Merk Printer)

7. Pembuat Video Ezwid

Pembuat Video Ezwid

Ezvid Video Maker merupakan software perekam layar komputer atau laptop terbaik selanjutnya yang bisa anda gunakan di komputer atau laptop Windows anda. Dengan menggunakan Ezvid Video Maker ini, Anda dapat memilih area pada layar yang ingin Anda rekam.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan judul, kata kunci, metadata, deskripsi ke video yang direkam di layar. Keuntungan lain dari Ezvid Video Maker adalah dapat menyimpan secara otomatis saat Anda memulai perekaman layar.

Anda juga dapat menggunakan fungsi sintesis suara, yang dapat digunakan untuk membersihkan suara saat merekam. Kita bisa merekam langsung dari webcam lalu menguploadnya langsung ke YouTube.

Dengan waktu perekaman layar yang cukup lama yaitu lebih dari 45 menit, software Ezvid Video Maker ini cocok untuk anda yang sering membuat video pendek. Salah satu kekurangan dari Ezvid Video Maker adalah tidak adanya shortcut untuk mempermudah pengguna.

8. Permainan Bayangan

    Permainan bayangan

Software perekam layar komputer atau laptop terbaru yang direkomendasikan oleh Teknoinside adalah ShadowPlay. ShadowPlay adalah jenis perekaman layar akselerasi perangkat keras yang digunakan pada komputer atau laptop yang menjalankan sistem operasi Windows.

Perangkat lunak perekaman layar ini dibuat oleh NVIDIA dengan GPU Ge-Force mereka. Salah satu kelebihan ShadowPlay adalah dapat merekam mundur selama 20 menit dengan mengklik pintasan yang menunjukkan akhir video.

Nantinya, ShadowPlay akan otomatis merekam layar secara terbalik. Sejauh kualitas video yang dihasilkan, ShadowPlay menawarkan video berkualitas tinggi. Dengan demikian, ShadowPlay sangat cocok untuk merekam game.

Kesimpulan

Selain memilih aplikasi perekaman layar yang tepat, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan saat merekam layar Anda. Mulai dari lamanya waktu, serta durasi perekaman, pemilihan microphone, pemilihan webcam dan masih banyak lagi lainnya yang dapat mendukung hasil screen recording di komputer atau laptop anda.

Lihat juga: Aplikasi untuk mengambil tangkapan layar laptop.

Nah, cara merekam layar laptop menjadi video sebenarnya sangat mudah kan sob, jika anda seorang gamer pasti membutuhkan software ini, karena jika anda bermain game bisa merekam dan menguploadnya ke youtube.

Jika Anda menyukai artikel ini, Anda dapat membagikannya di jejaring sosial Anda atau jika Anda memiliki pertanyaan yang ingin Anda tanyakan. Selanjutnya anda bisa mengajukan pertanyaan pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah ini, selamat mencoba dan selamat merekam layar PC anda.


https://storyforgeproductions.com