Mempartisi adalah membagi menjadi beberapa bagian, jadi mempartisi hard drive berarti membagi hard drive kita menjadi beberapa bagian agar terlihat lebih teratur dan terorganisir.

Bagian tersebut sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi di dunia komputer, namun ada juga yang belum mengetahuinya.

Sebenarnya partisi hardisk itu penting, namun orang yang baru mengenal komputer dan tidak tahu apa partisi sering kali menganggap hal ini sebagai hal yang tidak penting atau sepele.

Namun bagi saya, pemisahan sangat penting dan harus dilakukan karena memungkinkan manajemen penyimpanan lebih cepat dan tentunya lebih terstruktur.

Jika Anda membagi file menjadi beberapa bagian, file akan tertata dengan rapi, seperti pada contoh saya, saya membuat bagian dokumen sekolah, sehingga isi dokumen sekolah tidak akan tercampur dengan file lain.

Apakah Anda sudah tertarik dan tertarik untuk mempartisi? namun perlu diingat bahwa tidak semua PC/Laptop memiliki OS yang sama.

Setiap rangkaian windows, baik itu windows 7, 8 atau 10, memiliki cara tersendiri untuk membelah. Di laptop Windows 10 Anda? jika demikian, Anda memenuhi syarat untuk membaca artikel ini.

Lihat juga: Aplikasi untuk membuat partisi hard disk.

Manfaat partisi hard drive

cara mempartisi hard drive eksternal

Beberapa keuntungan menggunakan partisi hardisk, sebenarnya bisa dilakukan pada saat proses instalasi sistem operasi, bagi yang belum tahu bisa memahami terlebih dahulu fitur dan manfaatnya.

  • Harddisk terstruktur karena fungsi partisi adalah untuk memisahkan setiap bagian. Kemudian akan lebih terstruktur antara data spesifik program dan data non program spesifik.
  • Mudah untuk memulihkan data ketika virus hanya menyerang sistem operasi. Maka data Anda di bagian lain bisa aman.
  • Sangat mudah untuk menemukan file karena datanya lebih terstruktur dan dapat ditemukan di bagian tertentu.
  • Tidak mempengaruhi kinerja sistem operasi karena alokasi sumber daya telah dibagi.

Cara mempartisi hard drive di Windows 7, 8, 10

Karena pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara memisahkan harddisk eksternal dan internal. Lihat langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga:   15+ Cara Menambah Followers Instagram Gratis 2022

1. Buka Manajemen Disk

Langkah pertama untuk membuat partisi adalah masuk ke Disk Management, dimana pada menu ini anda akan dapat mempartisi harddisk anda menjadi beberapa partisi. Cara ini juga sederhana, cukup ketik di kotak pencarian “Disk Management”, jika muncul opsi seperti gambar, tekan saja tombol “Enter”.

cara mempartisi hardisk di laptop windows 10

2. Mengenal menu manajemen disk

Jika anda membukanya maka akan otomatis muncul menu “Disk Management”, anda akan mengenali partisi harddisk pada PC/laptop anda.

Seperti yang Anda lihat, partisi hard drive laptop saya sangat bersih di sini, dipartisi dengan rapi. Catatan untuk System Reserved, Anda hanya mengabaikan ini.

3. Memahami alat yang ada

Penting untuk memahami istilah-istilah dalam partisi, termasuk mengecilkan volume untuk mengurangi ukuran partisi, new simple volume untuk membuat partisi baru, menghapus volume untuk menghapus partisi, dan terakhir memperluas volume untuk menambah ukuran partisi. . Dan saya akan menjelaskan caranya satu persatu, simak baik-baik.

Cara mengecilkan partisi

Mengurangi ukuran partisi itu mudah, dan keuntungan dari mengecilkan volume itu sendiri adalah mengecilkan atau membelah partisi sehingga menjadi ruang yang tidak terisi dan kemudian dapat digunakan untuk membuat partisi baru atau menambah ukuran partisi lain. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih bagian yang ingin Anda kecilkan volumenya, lalu klik kanan dan pilih Kurangi volume

cara mempartisi hardisk di laptop windows 10

2. Jika ya, maka isikan ukuran partisi yang akan dipisahkan/dipisahkan dari partisi aslinya, isikan sesuai keinginan, jika sudah pas maka tinggal klik “compress”.

cara mempartisi hardisk di laptop windows 10

3. Jika semua langkah di atas telah selesai, ukuran partisi secara otomatis akan berkurang dari yang sebelumnya, dan partisi yang dikompresi akan dipartisi dan diberi nama “Ruang yang tidak terisi”.

cara partisi hardisk di laptop windows 10 4

Cara membuat bagian baru

Untuk membuat partisi baru kita membutuhkan partisi kosong alias unallocated space, partisi ini bisa hasil kompresi atau karena ada partisi yang idle dan tidak terpakai.

Baca juga:   6+ Cara Menggunakan Google Drive (Upload/File/Berbagi)

Cara membuat partisi baru sangat sederhana, kita bisa menggunakan ruang yang sebelumnya tidak terisi untuk membuat partisi baru. Simak baik-baik cara mempartisi hardisk di laptop sebagai berikut:

1. Pilih ruang yang tidak terisi untuk digunakan sebagai partisi baru, lalu klik kanan dan pilih Volume Sederhana Baru

cara partisi hardisk di laptop windows 10 5

2. Selanjutnya akan muncul welcome wizard… anda tinggal klik Next.

cara partisi hardisk di laptop windows 10 6

3. Kemudian tentukan berapa kapasitas yang akan digunakan saat membuat partisi, saya membutuhkan 300 MB, jadi saya klik “Next”., jika Anda ingin mengubahnya, ubah terlebih dahulu lalu klik berikutnya.

cara partisi hardisk laptop windows 10 7

4. Selanjutnya muncul perintah untuk mengisi huruf drive, huruf drive itu sendiri adalah identifikasi partisi yang berupa abjad A – saya disini anda bebas memilih sesuai selera jika anda memilih, klik Lanjut

cara partisi hardisk di laptop windows 10 8

5. Kemudian isi label volume dengan nama partisi yang anda inginkan, gratis, tidak penuh, tidak apa-apa karena secara otomatis akan bernama “Volume Baru”, lalu klik Lanjut, karena saya ingin membuat partisi “My Documents” maka label volume juga diisi dengan “My Documents”.

cara partisi hardisk di laptop windows 10 9

6. Langkah terakhir silahkan klik Finish., itu berarti partisi Anda telah dibuat

cara mempartisi hardisk di laptop windows 10 10

Cara menghapus partisi

Sebelum menghapus partisi, penting untuk membuat cadangan data di hard drive Anda agar data Anda tidak terhapus.

Sehingga partisi yang Anda hapus tadi bisa menjadi ruang kosong, dan bisa digunakan untuk keperluan lain. Cara menghapus partisi harddisk sangat sederhana, caranya adalah sebagai berikut:

1. Pertama pilih bagian yang ingin Anda hapus, lalu pilih di bagian ini Hapus volume

cara partisi hardisk di laptop windows 10 11

2. Kemudian akan muncul notifikasi berikut, jika data anda sudah tercopy klik Ya saja, tetapi jika Anda belum membuat cadangan, Anda memilih Bukan dan pertama-tama buat cadangan data Anda

cara partisi hardisk di laptop windows 10 12

3. Jika langkah-langkah di atas sudah diikuti, maka bagian yang tadinya akan menjadi tempat gratis ini dapat digunakan untuk membuat ulang partisi baru atau menambahkan partisi lain

Baca juga:   8 Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Data Hilang

Bagaimana cara menambahkan bagian?

Penting dan wajib untuk diketahui bahwa untuk menumbuhkan partisi baru, Anda harus menggunakan hanya ruang yang tidak terisi, karena ruang kosong khusus tidak dapat digunakan, jadi kita harus mengubah ruang kosong menjadi tidak terisi sebagai berikut:

1. Pertama klik kanan pada free space/partisi yang menjadi free space, lalu pilih Hapus bagian.

cara mempartisi hardisk di laptop untuk windows 10 13

2. Kemudian jika muncul notifikasi anda tinggal memilih Yes sebagai catatan jika anda melakukan backup, jika tidak melakukan backup anda pilih Tidak, lalu buat cadangan

cara partisi hardisk di laptop windows 10 14

3. Kemudian ruang kosong secara otomatis menjadi “ruang yang tidak terisi”, sekarang Anda menambahkan partisi ke partisi lain.

4. Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada partisi yang sebelumnya menjadi unallocated space/akan diperbesar dan pilih “Extend Volume”.

cara partisi hardisk di laptop windows 10 15

5. Kemudian akan muncul tab selamat datang master ekstensi kamu tinggal klik Next

6. Kemudian tentukan jumlah unallocated space yang ingin ditambahkan ke partisi, jika diinginkan tinggal klik Next, jika ingin mengubahnya sesuaikan dengan keinginan.

cara partisi hardisk di laptop windows 10 16

7. Langkah terakhir klik Finish.

Kesimpulan

Ketika Anda ingin mempartisi hard drive Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan di mana fitur-fitur tertentu atau kemampuan untuk menggabungkan partisi mungkin tidak terlalu fleksibel. Namun secara umum, untuk bagian basic, Anda bisa mencoba langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Hardisk Yang Rusak.

Demikianlah cara setting partisi pemula lengkap di windows 10, jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham silahkan bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.


https://storyforgeproductions.com