Namun kini dengan bantuan Android ternyata kita bisa mencetak foto atau dokumen di ponsel Android dengan lebih cepat..

Biasanya, Android sekarang dilengkapi dengan fitur cloud printing yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen dengan menghubungkan printer Android. Cara ini cukup cepat dan efisien untuk pencetakan nirkabel tanpa menyalakan komputer.

Cara mencetak dari ponsel Android ke printer

Nah bagi anda yang bertanya-tanya bagaimana mudahnya mencetak dokumen atau foto dari Android, berikut akan saya jelaskan sedikit langkah yang bisa anda coba untuk mencetak file dokumen/foto dari Android.

1. Cetak Bintang

Namun cara yang saya sarankan tidak memanfaatkan fitur cloud printing, melainkan menggunakan aplikasi lain bernama StarPrint yang merupakan aplikasi gratis untuk mencetak di smartphone atau tablet Android.

Ada beberapa opsi yang bisa Anda coba dengan aplikasi StarPrint, mulai dari menggunakan kabel USB, Bluetooth, atau koneksi WiFi.

Aplikasi StarPrint ini juga mendukung lebih dari 3000 model printer di dunia, seperti Epson, Samsung, Canon, Dell, Lexmark dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, ketika Anda mencetak dokumen menggunakan aplikasi StarPrint, akan ada tanda air kecil di setiap dokumen. Nah bagi Anda yang mungkin tertarik untuk mencoba aplikasi StarPrint ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi PrintShare Mobile terlebih dahulu dari Google Play store.
  2. Kemudian sambungkan smartphone Android Anda ke printer dengan kabel USB.
  3. Kemudian buka aplikasi dan temukan dokumen, foto, atau gambar yang ingin Anda cetak. Setelah dipilih, cukup pilih Oke.
  4. Ini akan membawa Anda ke halaman pratinjau cetak. Pada halaman ini, Anda dapat mengatur ukuran kertas dan pilihan lainnya sesuai keinginan. Kemudian gulir ke bawah untuk mengatur Salinan Lembar yang ingin Anda cetak. Gunakan tombol (+) dan (–) untuk menambah dan mengurangi.
  5. Setelah Anda selesai mengatur, Anda dapat mengklik mencetakatau pilih nama printer yang Anda gunakan untuk mencetak. Tunggu hingga proses pencetakan selesai.
Baca juga:   15 Cara Blokir Rekening Penipu Online Semua Bank

Jika setelah membaca panduan di atas namun masih kurang paham, Anda bisa menyimak panduannya seperti video berikut ini agar lebih jelas dan mudah dipahami. Berikut video tutorial cara print dari HP semua merk printer :

2. Google Cloud Print

Google Cloud Print adalah layanan dari Google yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan dan mentransfer pesanan dari ponsel ke printer, termasuk mencetak dokumen penting lainnya.

Berikut cara menggunakan Google Cloud Print, perhatikan baik-baik ya guys.

  1. Buka browser Chrome di ponsel Anda.
  2. Buka situs web Google Cloud Print.
  3. Klik tombol Tambah Pencetak.
  4. Kemudian periksa jenis printer yang Anda gunakan.
  5. Klik printer tambahan lagi.
  6. Buka ponsel Anda dan masuk ke menu pengaturan.
  7. Masuk menu Cetak > Alat > Cloud Print.
  8. Sekarang Anda dapat menggunakan Google Cloud Print dan Anda dapat langsung mencetak dokumen atau foto Anda dengan mengklik menu mencetak.
pencetak awan google

Lihat juga: Cara mengetik maju dan mundur.

3. Epson iprint

Epson iPrint adalah aplikasi yang dirilis oleh Seiko Epson Corporation khusus untuk pengguna printer Epson yang dapat mencetak dokumen dari ponsel.

Anda tidak memerlukan kabel OTG atau USB untuk terhubung ke printer karena aplikasi Epson iPrint ini sudah memiliki fungsi Wi-Fi untuk menghubungkannya. Begini caranya.

  1. Hubungkan ponsel Anda ke printer menggunakan Wi-Fi.
  2. Oh, pastikan untuk mendownload dan menginstal aplikasi Epson iPrint terlebih dahulu, lalu buka.
  3. Pilih jenis file atau dokumen yang akan dicetak.
  4. Atur tata letak dan semua pengaturan.
  5. klik tombolnya mencetak.
  6. Tunggu respon printer dan mulai proses pencetakan.
epson iprint

Fungsi dalam aplikasi Epson iPrint telah disediakan untuk mengelola printer Epson, Anda juga dapat mencetak file di cloud drive seperti Google Drive.

Baca juga:   6 Cara Cek Nomor Indosat IM3 Ooredoo Sendiri (Terbaru 2022)

4. Canon PRINT Inkjet/SELPHY

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah dari smartphone pada semua jenis printer Canon. Langsung saja, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah panduan untuk menggunakannya.

  1. Unduh dan instal aplikasi Cannon PRINT Inkjet/SELPHY di ponsel Anda.
  2. Hubungkan printer melalui kabel USB, OTG, atau bisa juga melalui Wi-Fi.
  3. Pilih jenis file yang ingin Anda cetak.
  4. Opsi cetak per halaman Pratinjau Print.
  5. Setelah selesai, tekan tombol mencetak.
  6. Printer akan mulai mencetak.
pencetakan inkjet canon

Lihat juga: Cara mencetak dalam hitam putih.

5. NocoPrint

Nah, aplikasi terakhir ini sangat cocok untuk Anda yang terlalu malas untuk mencolokkan pengalaman tanpa koneksi kabel, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

  1. Unduh dan instal aplikasi NokoPrint dari play store.
  2. Buka aplikasi dan sambungkan melalui Wi-Fi atau Bluetooth.
  3. Pilih file, foto, atau halaman web.
  4. Atur posisi dan halaman di bagian “Pratinjau”.
  5. Tekan mencetak untuk mulai mencetak.
  6. Tunggu sampai selesai.
nocoprint

Kesimpulan

Kesimpulannya, ternyata kita bisa mencetak melalui handphone kita tanpa menggunakan laptop atau komputer. Selain itu, kita juga bisa menggunakan beberapa metode mulai dari USB, OTG, Bluetooth hingga WIFI. Pilih saja yang menurut Anda paling mudah.

Demikian penjelasan tentang cara print dari handphone via OTG, USB, Bluetooth dan WiFi. Semoga informasi dan cara yang saya rekomendasikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda para pembaca.

Mungkin jika ada yang ingin ditanyakan sehubungan dengan pembahasan ini, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com