Kali ini saya akan membahas tentang tutorial remote atau mengelola desktop, komputer, laptop atau PC dengan hp android, mungkin remote desktop sudah banyak dikenal. Namun yang menarik kali ini kita tidak membutuhkan kuota atau akses internet.

Bagi yang tidak tahu remote desktop, itu seperti menonton TV dan kita hanya bisa mengganti saluran dengan remote.

Kurang lebih seperti yang telah dijelaskan, meskipun pada kebanyakan kasus ketika kita ingin menghubungkan komputer atau laptop dari jarak jauh, koneksi internet diperlukan, tetapi bagi Anda yang tidak memiliki kuota besar, Anda tidak perlu khawatir.

Lihat juga: Cara mengubah ponsel Android Anda menjadi remote control

Cara menghubungkan PC dari jarak jauh ke laptop Android

Oke, apakah Anda tertarik, sobat? Silakan ikuti petunjuk langkah demi langkah di bawah ini, untuk itu Anda hanya perlu menyiapkan PC, perangkat Android, dan aplikasi yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Menggunakan TeamViewer

Namun pada pembahasan kali ini hanya akan membahas bagaimana cara menghubungkan laptop atau komputer dari jarak jauh melalui mobile menggunakan aplikasi TeamViewer. Penasaran bagaimana? Langsung saja simak langkah-langkah selanjutnya.

1. Unduh aplikasi TeamViewer.

Unduh aplikasi TeamViewer.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja harus memiliki aplikasi penampil tim di laptop atau komputer yang Anda gunakan, lalu unduh aplikasinya TeamViewer untuk kendali jarak jauh pada ponsel yang akan Anda gunakan sebagai remote melalui Play Store.

Jika sudah mendownload aplikasinya, install di laptop, komputer atau handphone yang akan anda gunakan. Saat menginstal di laptop atau komputer, pilih opsi Penggunaan Pribadi / Non-Komersiallalu tekan terima – selesai.

2. Masukkan ID mitra

Masukkan ID Mitra

Langkah selanjutnya, jika aplikasi sudah terinstall di laptop, komputer atau handphone anda, buka aplikasi tersebut di komputer, laptop atau handphone anda. Nantinya Partner ID dan Password akan muncul di aplikasi TeamViewer di laptop atau PC.

Masukkan ID Mitra PC Anda di aplikasi TeamViewer for Remote di ponsel yang akan Anda gunakan sebagai remote. Jika demikian, silakan klik Kontrol jarak jauh.

3. Masukkan kata sandi

Masukkan kata kunci

Kemudian langkah selanjutnya adalah anda bisa memasukkan password untuk PC yang anda inginkan dari jarak jauh. Pastikan Anda memasukkan kata sandi dengan benar agar tidak ada kesalahan. Jika kata sandi telah dimasukkan, silakan klik BAGUS.

Baca juga:   4+ Cara Mematikan Firewall di Windows 7/8/10: Lengkap

4. Interaksi tikus

Interaksi tikus

Nantinya kamu akan masuk ke menu Mouse Interactions. Terdapat beberapa layar di menu Mouse Interactions yang memberikan sedikit penjelasan tentang penggunaan mouse saat akan melakukan koneksi jarak jauh ke PC menggunakan HP Android. Jika Anda mengerti, klik Melanjutkan.

5. Selesai

Jadi sekarang Anda bisa mengontrol komputer atau laptop jarak jauh secara langsung melalui ponsel Android yang Anda gunakan.

Lihat juga: Cara mengontrol Android dari jarak jauh dari laptop

2. Menggunakan server jarak jauh tunggal

Nah untuk aplikasi yang kita butuhkan yaitu Unfied Remote Server (untuk instalasi di PC) dan Unified Remote APK (untuk instalasi di Android). Jika Anda tidak memiliki dua aplikasi yang saya sebutkan di atas. Jadi silakan unduh dua aplikasi di bawah ini sesuai dengan perangkat Anda / instal di ponsel dan PC.

1. Download aplikasi remote server untuk PC.

Nama: Server jarak jauh tunggal.
Dukungan bit: 32 dan 64 bit.
Untuk OS: Windows, Linux, Macintosh (MAC OS X).

Nb: Silahkan download sesuai dengan perangkat mobile anda, untuk Windows Phone yang saat ini berbayar dan Android yang gratis.

Fungsi dari aplikasi di atas:

  1. Input dasar: bekerja seperti mouse.
  2. Manajer file: membuka file atau data di PC (melalui ponsel Android)
  3. Shutdown + Restart, dll.: sebagai fungsi pada PC.

Nah ini dia fungsinya, ternyata tombolnya sama seperti di PC. Sebenarnya tidak hanya di Android, Anda juga bisa menggunakan Windows Phone atau iPhone dari jarak jauh.

Pastikan Anda mengunduh dan menginstal aplikasi di atas sesuai dengan perangkat Anda, pastikan diinstal di kedua perangkat, baik itu ponsel Android atau PC Windows (lainnya).

Baca lebih lanjut: Cara membuat titik akses untuk laptop.

  1. Langkah dasarnya, silahkan nyalakan atau jadikan komputer sebagai hotspot.
  2. Kemudian sambungkan ponsel Android Anda ke jaringan hotspot (PC).
  3. Kemudian buka aplikasi Unfied Remote Server (PC), terkadang akan menyala secara otomatis seperti gambar dibawah ini.
  4. Pergi ke > Klik Kanan > Mulai Server. lalu klik “Manajer”.
  5. Kemudian buka aplikasi klien jarak jauh unfied di (ponsel android).
komputer jarak jauh dengan aplikasi

Kemudian periksa apakah aplikasi remote android terhubung ke server, cara membuka aplikasi klien jarak jauh android. Kemudian tekan MENU “Server”.

Baca juga:   4 Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp MP3 Lagu

Kemudian Anda bisa langsung terkoneksi antara client dan server tanpa menggunakan kuota internet.

Fitur Unfied Remote (Remote Desktop PC)

Aplikasi jarak jauh unfied juga memiliki versi berbayar dan gratis, sekarang ada beberapa batasan fitur untuk versi gratis. Jika Anda membayar, tentu fiturnya akan lebih lengkap.

Sedangkan bagi sobat yang membutuhkan fitur basic/fitur dasar sebaiknya menggunakan yang versi gratis, dan jika membutuhkan fitur yang lebih lengkap silahkan beli yang versi berbayar dari situs resminya.

fungsi jarak jauh terpadu

Adapun berbagai support tentunya ada sobat juga bisa beli di google play store dengan harga 45 ribu rupiah beserta full license. Untuk lebih jelasnya bisa membaca fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi remote desktop, remote laptop PC yaitu remote remote.

3. Menggunakan Chrome Desktop Jarak Jauh

Menggunakan Chrome Desktop Jarak Jauh

Selain dapat menghubungkan laptop atau PC dari jarak jauh menggunakan TeamViewer, kita juga dapat menggunakan Chrome Remote Desktop untuk mengakses laptop atau PC dari jarak jauh dari ponsel Android.

Cara ini juga sangat sederhana, Anda hanya membutuhkan Google Chrome dan ekstensi Chrome Remote Desktop. Langsung saja simak cara berikut ini.

  1. Jika tidak ada, unduh dan instal aplikasi Google Chrome di laptop atau komputer Anda, serta ponsel Android yang akan Anda gunakan, dan masuk dengan akun Google yang sama.
  2. Kemudian, jika sudah terpasang, buka Google Chrome di komputer atau laptop Anda lalu kunjungi Toko Web Chrome.
  3. Pada langkah selanjutnya, temukan ekstensi Chrome Desktop Jarak Jauh dan tambahkan ke Google Chrome di laptop atau komputer Anda.
  4. Kemudian nantinya laptop atau komputer anda akan terkoneksi dan kini anda bisa mengontrol laptop atau komputer anda dari jarak jauh dengan hp android anda.

4. Menggunakan koleksi remote control

Remote Control Collection adalah aplikasi yang juga bisa kita gunakan untuk mengontrol komputer atau laptop dari jarak jauh dengan ponsel Android. Aplikasi Remote Control Collection juga sangat populer di Play Store.

Jadi Remote Control Collection mungkin bisa menjadi aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan. Yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi Remote Control Collection dan koneksi WiFi. Penasaran bagaimana? Mari kita lihat langkah-langkah selanjutnya.

  1. Langkah pertama: unduh dan instal aplikasi Remote Control Collection di laptop, komputer, atau ponsel yang akan Anda gunakan untuk remote control.
  2. Kemudian hubungkan laptop, komputer, atau ponsel yang akan Anda gunakan dari jarak jauh ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  3. Kemudian buka aplikasi Koleksi Remote Control dan pilih Perangkat.
  4. Sekarang PC atau laptop Anda dan ponsel Android Anda berhasil terhubung, dan Anda dapat langsung mengontrol PC Anda dari jarak jauh dengan ponsel Anda.
Baca juga:   6 Cara Burning File ke CD/DVD Tanpa Aplikasi di Laptop PC

Kesimpulan

Laptop/komputer jarak jauh atau kendali PC jarak jauh bukan hanya tentang meretas komputer. Namun, sistem komputer jarak jauh ini dapat mempermudah pekerjaan administrator.

Mereka yang bertanggung jawab atas pengawasan server 24 jam tentu akan sangat diuntungkan dengan sistem remote ini, karena pekerjaan ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja serta tidak perlu datang langsung ke tempat.

Pertanyaan dan jawaban

Di sini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan pembaca, dan mungkin pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan juga.

Apa itu konsol komputer?

Remote Laptop/Komputer adalah cara untuk mengontrol PC atau laptop dari jarak jauh.

Aplikasi apa yang dapat digunakan untuk komputer jarak jauh?

TeamViewer, Server Jarak Jauh Tidak Terikat, Desktop Jarak Jauh Chrome, Koleksi Kontrol Jarak Jauh.

Manfaat PC Jarak Jauh?

Mereka yang bertanggung jawab atas pengawasan server 24 jam tentu akan sangat diuntungkan dengan sistem remote ini, karena pekerjaan ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja serta tidak perlu datang langsung ke tempat. Sehingga pekerjaan mereka dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Itu saja sobat, ini adalah panduan cara menghubungkan PC ke ponsel Android dari jarak jauh melalui Wi-Fi tanpa kuota internet gratis jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel di atas. Silahkan ajukan pertanyaan pada kolom komentar di bawah, semoga artikel ini dapat membantu Anda dan memperluas pengetahuan Anda tentang teknologi.


https://storyforgeproductions.com