Reset Android ke pengaturan pabrik akan membuat smartphone Anda lebih ringan dan nyaman digunakan. Cara ini bisa kamu praktekkan di semua smartphone android semua tipe.

Umumnya ponsel Android sudah dilengkapi dengan fungsi Recovery Mode. Ini dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan dan bug pada perangkat lunak atau sistem operasi Android.

Fungsi reset Android

Reset pabrik seringkali menjadi salah satu solusi paling efektif untuk berbagai masalah pada smartphone Android. Itu dapat dengan mudah dan cepat memperbaiki berbagai macam kesalahan dalam sistem.

1. Mengatasi HP Android Bootloop

Bootloop adalah istilah yang merujuk pada keadaan smartphone yang tidak bisa booting dan stuck di logo.

Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Misalnya error saat update firmware, ganti ROM, atau aplikasi yang tidak kompatibel.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Sampah.

2. Lupa PIN atau kata sandi Anda

Anda pasti lupa PIN atau kata sandi keamanan di smartphone Android Anda.

Akibatnya, kami tidak dapat membukanya dan ini bisa menjadi masalah besar. Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan meresetnya ke pengaturan pabrik agar pin dan password hilang.

3. Kesalahan pembaruan OS

Perangkat Android biasanya menerima pembaruan OS reguler untuk meningkatkan kinerja.

Namun seringkali dalam proses update, error juga terjadi yang menyebabkan sistem tidak bekerja dengan sempurna.

4. Aplikasi tidak kompatibel

Setiap ponsel Android pasti dilengkapi dengan berbagai aplikasi. Tetapi kita juga perlu memperhatikan fakta bahwa setiap aplikasi membutuhkan persyaratan minimum yang berbeda.

Jika perangkat dengan spesifikasi rendah dipaksa untuk menginstal aplikasi berat, itu dapat menyebabkan sistem crash dan error.

Mempersiapkan sebelum reset pabrik

Meskipun bisa memberikan solusi untuk berbagai macam masalah pada smartphone Android.

Namun, reset adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang masih baru dalam hal ini.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri (Force Close)

Sangat disarankan untuk mencari bantuan dari teman dekat yang lebih berpengalaman dalam cara mengatur ulang Android dengan aman ke setelan pabrik.

Selain itu, ada juga beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan hal tersebut, antara lain:

1. Cadangkan data penting

Menyetel ulang perangkat akan mengembalikan ponsel cerdas ke kondisi pabrik. Ini setara dengan menghapus file di dalamnya.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki banyak data penting yang tersimpan di ponsel Android Anda, disarankan untuk mencadangkannya ke penyimpanan lain seperti memori atau flash drive.

2. Pindahkan kontak

Jangan lupa untuk mencadangkan kontak penting yang tersimpan di perangkat Anda.

Tentunya Anda tidak ingin nomor teman, kerabat, atau kolega penting hilang selamanya? Oleh karena itu, persiapan ini sangat penting.

3. Isi daya ponsel cerdas Anda

Apa hubungannya pengisian daya ponsel Android dengan reset pabrik? Karena proses reset sangat penting dan sensitif, maka tidak boleh dilanggar.

Itu sebabnya kita harus memastikan baterai memiliki daya yang cukup, setidaknya sampai proses factory reset selesai.

Baca juga : Cara Flashing HP Tanpa PC.

Cara reset pabrik ponsel Android

Setiap ponsel Android pasti dilengkapi dengan fungsi factory reset yang bisa kita akses melalui menu pengaturan. Bagi yang belum tahu caranya, ikuti panduan berikut ini:

1. Buka pengaturan

Cara mereset HP Android

Pertama kita perlu membuka menu pengaturan pada smartphone masing-masing. Biasanya opsi reset pabrik ada di menu sistem. Silahkan scroll ke bawah untuk menemukannya.

2. Setel ulang perangkat

Cara mereset HP Android

Jika Anda menemukannya, Anda akan menemukan opsi “Reset”. Silakan pilih dari menu untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Atur ulang ke pengaturan pabrik

Cara mereset HP Android

Terakhir, kita hanya perlu memilih opsi “Pulihkan pengaturan pabrik”. Biasanya muncul konfirmasi, untuk melanjutkan proses klik OK.

4. Atur ulang proses

Tunggu proses reset selesai pada smartphone Anda. Setelah itu, perangkat akan reboot dan boot secara otomatis. Dalam keadaan ini, itu telah sepenuhnya kembali ke pengaturan pabrik lagi.

Baca juga:   4 Cara Menampilkan Margin/Garis Tepi Word (Semua Versi)

Catatan : Untuk beberapa tipe smartphone, letak fungsi factory reset mungkin sedikit berbeda. Anda dapat menemukannya di bawah “Sistem” atau “Cadangkan dan Atur Ulang”. Silakan temukan menu pengaturan untuk setiap perangkat.

Cara mengatur ulang Android dalam mode pemulihan

Operator pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Recovery Mode. Fitur ini dibangun di setiap smartphone Android untuk pemeliharaan sistem.

Ada berbagai pilihan yang bisa digunakan untuk mengupdate firmware, mengganti ROM, dan mereset pengaturan pabrik. Bagi yang belum tahu cara masuk ke recovery mode Android, berikut panduannya.

Kode pemulihan HP

  • HP ASUS Tekan tombol power + tombol volume atas.
  • HP Samsung Tekan Power + Volume Atas + Home.
  • HP Xiaomi Tekan tombol power + volume up.
  • HP OPPO Tekan tombol power + volume atas.
  • HP Vivo Tekan dan tahan tombol volume bawah dan power secara bersamaan.

1. Cara masuk ke mode pemulihan Android

Biasanya setiap smartphone Android memiliki cara untuk masuk ke recovery mode yang tidak jauh berbeda. Pertama, matikan ponsel Anda terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol Power + Home + Volume Naik.

Namun ada juga yang menggunakan kombinasi tombol power + home + volume down. Silahkan coba satu persatu dan tahan hingga muncul logo, lalu lepas ketiga tombol tersebut.

2. Berhasil masuk ke recovery mode

Jika berhasil, Anda akan menemukan beberapa menu. Layar sentuh tidak akan berfungsi di sini. Anda dapat menggunakan tombol volume untuk menavigasi ke atas dan ke bawah. Sementara itu, Anda bisa menggunakan tombol power atau home untuk memilih.

3. Hapus data

Setel ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Kemudian Anda pergi ke opsi Wipe Data/Factory Reset yaitu untuk menghapus semua data di perangkat Android. Pastikan Anda yakin sebelum memilih opsi ini.

4. Konfirmasi reset pabrik

Setel ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Sebelum proses penghapusan dimulai, kita akan dimintai konfirmasi terlebih dahulu. Arahkan ke opsi Ya lalu pilih menggunakan tombol Power atau tombol Home.

Baca juga:   4 Cara Membuat Akun Facebook di Laptop dan HP 2022

5. Atur ulang proses

Setel ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Seketika itu juga perangkat akan melalui proses menghapus semua data yang ada di perangkat. Silahkan tunggu proses tanpa menekan tombol apapun.

6. Nyalakan ulang ponsel cerdas Anda

Setel ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Ketika semuanya sudah siap, kita hanya perlu me-reboot perangkat dengan memilih opsi “Reboot system now”. Tunggu ponsel cerdas untuk boot hingga sepenuhnya masuk ke layar beranda.

Kode Rahasia Reset Android

Tahukah Anda bahwa setiap perangkat Android memiliki kode rahasia yang sangat penting?

Beberapa dial ini mungkin hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Beberapa di antaranya digunakan untuk mengatur ulang pengaturan dan pengaturan pabrik.

1. Kode reset rahasia

Untuk melakukan reset pabrik, Anda dapat menggunakan kode *#*#7780#*#* masukan pada papan tombol masing-masing perangkat. Kemudian ikuti saja petunjuk yang muncul di layar. Kode ini akan mengembalikan ponsel cerdas Anda ke kondisi pabrik.

2. Kode hard reset Android

Apa perbedaan antara hard reset dan factory reset? Saat reset ke pengaturan pabrik, semua pengaturan smartphone akan kembali ke pengaturan pabrik.

Sedangkan hard reset akan menghapus semua data di penyimpanan internal termasuk file dan aplikasi. Kode rahasia hard reset yang bisa Anda gunakan adalah *2767*3855#

Kesimpulan

Pastikan setiap langkah dilakukan dengan benar agar tidak terjadi kegagalan download. Periksa setiap saat apakah semua persiapan sudah siap, jika ada masalah, Anda dapat menghubungi pusat layanan ponsel Anda.

Itu saja sobat, penjelasan saya kali ini tentang cara reset android. Semoga panduan pengelolaan data ini dapat membantu Anda mengatasi berbagai masalah pada smartphone Android.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini, Anda dapat menulis langsung di kolom komentar di bawah ini.


https://storyforgeproductions.com