Jika Anda pengguna Android dan sering menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, BBM atau Line, tentunya Anda akan sering menjumpai kode QR. Namun, jika Anda hanya memindai kode QR di aplikasi yang saya sebutkan sebelumnya, Anda hanya dapat menambahkan kontak atau teman ke aplikasi.

Selain kode QR ternyata ada lagi kode lain yang mirip tapi berbeda yaitu Barcode, jika QR code biasanya terdapat di aplikasi smartphone, maka semuanya berbeda dengan Barcode.

Barcode biasa digunakan pada buku atau barang yang memiliki harga, seperti barcode pada produk yang dijual di supermarket. Dia mengatakan jika kita memindai kode QR atau kode batang, sesuatu akan muncul, tergantung pada pembuat kode batang atau kode QR.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen di Android

Namun jika Anda ingin memindai kode QR dan kode batang, Anda memerlukan aplikasi khusus, yaitu aplikasi Master Pemindai Kode Batang QR. Menggunakan Aplikasi Master Pemindai Kode Batang QR dapat membantu Anda dalam memindai berbagai jenis kode QR dan barcode.

Menggunakan Wizard Pemindai Kode Batang QR

Nah, pada kesempatan kali ini Teknoinside akan memberikan panduan cara scan barcode dan QR code di ponsel Android. Caranya sangat mudah. Ingin tahu cara memindai kode batang atau kode QR di Android? Langsung saja kita simak artikel tutorial dari teknoinside dibawah ini.

cara memindai kode batang dan kode qr di ponsel android 1

1. Unduh Wizard Pemindai Kode Batang QR

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Master Master QR Barcode Scanner dari Google Playstore atau Appstore terlebih dahulu. Atau Anda juga dapat mengunduh dari tautan berikut.

2. Buka aplikasi dan mulai memindai

Setelah Anda mendownload dan menginstal aplikasi QR Barcode Master di atas, buka aplikasi tersebut. Silakan gunakan aplikasi untuk memindai kode batang atau kode qr yang Anda inginkan.

Baca juga:   6+ Cara Menggandakan Aplikasi Android (Terbukti)

3. Berhasil memindai kode batang

Selesai, sekarang Anda telah berhasil memindai barcode atau kode qr yang Anda inginkan tadi. Informasi dalam barcode telah berhasil dijelaskan.

Cara di atas cukup efektif karena aplikasi ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga aplikasi tanpa iklan dan nama pengembangnya, Teknoinside atau blog ini.

Menggunakan Pemindai QR

Untuk langkah kedua, Anda bisa menggunakan aplikasi yang akan saya rekomendasikan untuk Anda yaitu aplikasi yang dikembangkan oleh developer bernama Green Apple Studio, aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis.

cara memindai qr dan barcode

1. Unduh Pemindai QR

Seperti biasa, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi yang digunakan untuk memindai kode batang. Di sini kita menggunakan aplikasi QR Scanner. Silahkan download aplikasinya pada link berikut.

2. Tentukan objek yang akan dipindai

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi Pemindai QR, pilih objek atau kode batang/kode qr yang ingin Anda pindai. Setelah itu, aplikasi akan menerjemahkan kode tersebut.

3. Berhasil memindai kode batang

Selesai, Anda telah berhasil memindai kode batang yang Anda butuhkan dan kode batang telah berhasil diterjemahkan.

Menggunakan Google Lens

cara scan barcode dengan google lens

Siapa yang tidak tahu Google Lens? Google Lens ini merupakan fitur bawaan Android yang dapat Anda gunakan untuk memindai barcode atau kode QR dengan mudah.

Fitur ini bisa Anda temukan di fitur Google Assistant di ponsel Android Anda. Adapun cara menggunakannya seperti ini:

1. Masuk ke Asisten Google

Pertama, Anda harus login terlebih dahulu ke Google Assistant untuk menggunakan fitur Google Lens ini. Metodenya berbeda, tetapi biasanya dengan menekan Tombol Home selama beberapa detik.

2. Pilih Google Lens

Kemudian pilih fitur Google Lens yang ada disana.

Baca juga:   10 Aplikasi Launcher Android Terbaik 2022: Gratis, Ringan

3. Arahkan kamera ke kode QR

Jika Google Lens sudah terbuka, arahkan kamera ponsel Anda ke barcode atau kode QR yang diinginkan. Setelah itu, lingkaran kecil akan muncul di kode QR.

Sentuh ikon lingkaran pada kode qr dan informasi barcode akan muncul.

Menggunakan pembaca kode QR

cara memindai kode batang dengan pembaca kode qr

Selain dua atau tiga aplikasi di atas, Anda juga dapat menggunakan QR Code Reader untuk memindai barcode atau kode qr yang diinginkan. Caranya tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, yaitu:

1. Unduh pembaca kode QR

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi pembaca kode QR ini terlebih dahulu. Anda dapat menginstalnya melalui Play Store atau dari tautan unduhan berikut:

2. Buka aplikasi

Buka aplikasi yang Anda instal setelah menginstalnya di ponsel android Anda.

3. Arahkan kamera ke kode batang

Kemudian arahkan kamera handphone ke barcode atau qr code setelah membuka aplikasi QR Code Reader tadi. Setelah itu akan muncul hasil scan QR code.

Cara memindai kode batang tanpa aplikasi

cara memindai kode batang dengan pembaca kode batang online

Cara terakhir yang akan saya bagikan ini sedikit berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan, hanya diperlukan kamera HP.

Langkah-langkah untuk memindai barcode tanpa aplikasi tambahan:

1. Buka browser

Langkah pertama, buka browser di ponsel Anda terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan Chrome atau browser lain seperti UC dan sebagainya.

2. Kunjungi Onlinebarcodereader.com

Selanjutnya buka atau kunjungi situs online barcode scanning yaitu onlinebarcodereader.com. Atau bisa langsung ke situsnya dengan klik link berikut :

3. Unggah file gambar

Setelah membuka situs, klik Unduh lalu pilih kode qr atau gambar barcode yang ingin Anda terjemahkan.

4. Klik tombol Mulai.

Jika sudah mengupload file gambar barcode, maka klik tombol Mulai untuk mulai memproses atau mengonversi gambar kode batang. Tunggu sampai selesai.

Baca juga:   4+ Cara Menutup Akun Facebook Orang yang Sudah Meninggal

Anda kemudian akan diarahkan ke halaman hasil scan barcode.

Kesimpulan

Untuk memindai barcode atau kode qr, Anda dapat mengambil bantuan aplikasi pihak ketiga seperti yang saya jelaskan di atas. Namun ada juga smartphone yang sudah memiliki fitur pemindaian atau built-in aplikasi pemindai kode batang.

Demikian artikel dari teknoinside tentang cara scan barcode dan kode QR di hp android. Dengan menggunakan aplikasi Master Pemindai Kode Batang QR, Anda akan menikmati berbagai kemudahan saat memindai kode batang dan kode QR.

Demikian sedikit panduan yang bisa Teknoinside sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pemahaman anda, selamat mencoba dan terima kasih.


https://storyforgeproductions.com