Pemindai, tidak seperti mesin fotokopi, juga menjalankan fungsi menduplikasi file yang akan kita tampilkan secara elektronik atau digital. Baik berupa gambar file, atau kode yang diperoleh dari file atau objek yang dipindai.

Untuk memindai dokumen di ponsel Android, di sini Teknoinside akan menggunakan aplikasi bernama CamScanner.

Anda dapat mengunduh aplikasi CamScanner ini secara gratis dari Play Store. Anda dapat menggunakannya tidak hanya untuk memindai file, tetapi juga untuk memindai kode batang atau kode QR.

Lihat juga: Memindai dokumen pada printer.

Cara Memindai Dokumen di Ponsel Android

cara scan dokumen di hp android

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memindai dokumen dengan aplikasi CamScanner, silakan lihat penjelasan tentang cara memindai dokumen di ponsel.

1. Unduh dan instal aplikasi

Unduh aplikasinya terlebih dahulu Pemindai Kamera melalui Google Play Store. Aplikasi ini dapat membantu proses pemindaian dokumen yang benar.

2. Daftarkan akun

Kemudian buka aplikasi CamScanner dan kemudian Anda harus menyetujui izin untuk menggunakan kamera dan akses penyimpanan.

Selain itu, juga akan ada prompt untuk membuat akun. Anda dapat langsung masuk, mendaftar atau melewati dua opsi. Jika sudah, silakan klik ikon Kamera yang ada di pojok kanan bawah.

3. Pindai dokumen dengan kamera Anda

Anda kemudian dapat mengambil foto dokumen yang ingin Anda pindai. Atur jenis file yang akan dipindai, bukan fungsi aplikasi CamScanner.

Baik file tersebut berupa dokumen, KTP, QR code, dan lain sebagainya. Karena di sini Teknoinside akan memindai dokumen, jadi di sini Teknoinside memilih opsi Dokumen-dokumen. Silakan klik pada ikon Kamera mengambil foto dokumen.

4. Setel pilihan

Aplikasi CamScanner kemudian akan secara otomatis memilih foto yang Anda ambil.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Dapat Dibuka + Penyebab

Aplikasi CamScanner akan mendeteksi dan menghapus latar belakang atau latar belakang dari foto yang Anda ambil, meninggalkan objek yang ingin Anda pindai.

Anda dapat mengubah posisi titik yang ada dengan memindahkannya ke objek yang ingin Anda ambil. Setelah selesai, Anda dapat mengklik ikon Daftar Kontrol yang ada di pojok kanan bawah.

cara memindai dokumen di android

5. Pengaturan tampilan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan berbagai efek untuk mengedit dokumen yang dihasilkan. Di sini teknoinside hanya akan menggunakan efek aslinya.

Jika Anda ingin memutar gambar yang Anda buat, Anda dapat mengklik ikon panah melengkung yang ada di bilah bawah.

Setelah selesai, silakan klik tombol lagi. Daftar Kontrol. Nah, sekarang file foto kamu sudah tersimpan di memori internal smartphone kamu.

6. Lihat hasil pemindaian

Sekarang file yang Anda buat tadi telah berhasil dipindai. Anda dapat melihat hasil file Anda dalam format PDF dengan mengklik opsi PDF. Selain itu, Anda juga dapat membagikan file yang telah Anda pindai sebelumnya dalam berbagai jenis format file yang telah disediakan.

7. Unduh hasil pemindaian

Saat melihat file PDF, Anda dapat mengklik ikon untuk melihat berbagai opsi. horisontal tiga titik yang ada di pojok kanan atas.

cara memindai dokumen di ponsel

8. Periksa opsi pemindaian

Ada beberapa opsi yang dapat Anda gunakan saat melihat dokumen PDF yang dipindai.

Baca juga: Cara Mengonversi JPG ke PDF.

9. Berbagi file

Saat Anda menekan tombol Membagikan. Anda dapat mengonversi file ke format seperti PDF dan Gambar. Sedangkan untuk berbagi file, Anda dapat membagikannya di berbagai jejaring sosial yang Anda gunakan seperti WhatsApp, Line, Google Drive, dll.

10. Pertimbangkan opsi lain

Untuk opsi lainnya, klik ikon tiga titik di sebelah tombol Bagikan.

Jika file pdf yang dipindai berukuran besar, Anda dapat menerapkan metode kompresi pdf online.

Kesimpulan

Perlu diperhatikan bahwa kualitas kamera dan kondisi pencahayaan sangat mempengaruhi hasil scan yang Anda dapatkan.

Baca juga:   8+ Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi + Penyebab

Semakin baik kualitas kamera ponsel Anda, semakin jelas file yang dipindai. Jika file terlalu besar, kita bisa mengompres file PDF untuk memperkecil ukurannya.

Nah itulah sedikit pembahasan dari Teknoinside tentang cara mudah scan dokumen di hp android.

Kini Anda bisa menjelajahinya lebih luas dan langsung mencobanya di smartphone Android Anda. Sekian dari teknoinside, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Semoga berhasil dan semoga berhasil.


https://storyforgeproductions.com