Screenshot adalah salah satu fitur yang paling dibutuhkan di smartphone. Dengan fitur ini, kita dapat menangkap apa yang terlihat pada LCD HP dan menyimpannya sebagai gambar. Sehingga nantinya bisa dikirim ke orang lain atau digunakan untuk membuat tutorial, dll.

Fitur screenshot ini biasanya langsung disediakan sebagai fitur bawaan pada smartphone modern. Hampir semua merek HP yang ada di pasaran saat ini sudah memiliki fitur screenshot. Begitu pula dengan smartphone dari Vivo.

Pabrikan smartphone ini merupakan salah satu brand terlaris dan populer di Indonesia. Dimana saat ini banyak sekali orang yang memilih smartphone Vivo untuk keperluan sehari-harinya. Namun ternyata masih banyak orang di balik semua ini yang tidak tahu cara mengambil screenshot di ponsel Vivo.

Padahal fitur ini sudah bawaan bawaan di setiap smartphone Vivo semua tipe. Jadi kita tidak benar-benar membutuhkan aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot. Karena sudah ada di sistem secara default, kita hanya perlu mencari cara untuk menggunakannya.

Mungkin anda yang juga pengguna baru dari brand ini masih bingung mencari fitur screenshot dimana. Oleh karena itu, mari kita pelajari bersama beberapa tips cara screenshot layar smartphone Vivo semua tipe.

Cara mengambil tangkapan layar Vivo semua jenis

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengakses fitur screenshot di smartphone ini. Anda dapat memilih metode mana yang lebih mudah dan mudah digunakan.

Panduan ini bisa kamu coba di semua tipe smartphone Vivo termasuk Y65, V7, V73, V9, V12, V15, V19 dan lainnya. Penasaran? Simak tutorialnya berikut ini.

1. Tombol volume + daya

Cara Screenshot HP Vivo

Salah satu cara termudah untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan kombinasi tombol daya dan daya. Dengan dua tombol ini, kita bisa langsung mengakses fungsi screenshot. Bagaimana? Berikut adalah panduan untuk Anda.

  • Pertama, buka tampilan yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Saat Anda siap, tekan tombol Volume turun + daya serentak.
  • Tahan selama beberapa detik hingga layar berkedip atau berbunyi bip.
  • Jika sudah, berarti screenshot berhasil diambil.
  • Anda bisa langsung mengecek hasil yang sudah disimpan di galeri masing-masing.

Baca juga: Cara Screenshot HP Oppo.

2. Gunakan fitur S-Capture

Cara Screenshot HP Vivo

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biasanya fitur screenshot ini juga tersedia di ponsel Vivo kita. Nah, untuk mengaksesnya, kita bisa menggunakan Control Center. Lihat panduan berikut untuk informasi lebih lanjut.

  • Pertama-tama, pastikan Pusat Kontrol aktif.
  • Cara masuk Pengaturan HPmu. Pilih menu Lebih banyak pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Pusat kendali dan lihat apakah sudah diaktifkan.
  • Fungsinya agar kita bisa mengakses fungsi ini dimana saja dan kapan saja, atau saat membuka aplikasi lain.
  • Untuk mengambil tangkapan layar, pilih tampilan yang ingin Anda tangkap.
  • Kemudian geser layar dari bawah ke atas hingga muncul fitur Control Center.
  • Pilih menu S-Capture, lalu pilih bentuk screenshot yang ingin di-capture, bisa berupa screenshot biasa atau screenshot panjang.
  • Setelah itu tinggal simpan dan hasilnya akan langsung disimpan ke galeri.
Baca juga:   5 Cara Login Wifi id di HP dan Laptop: Terbaru 2022

3. Tangkapan layar dengan tiga jari

Cara Screenshot HP Vivo

Ini juga salah satu fitur yang sekarang dilengkapi dengan banyak smartphone aman. Dimana kita bisa dengan mudah mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan dengan tiga jari. Namun sebelum itu, kita juga perlu memastikan bahwa screenshot tiga jari ini aktif.

  • Pertama-tama buka pengaturan di HP Vivo masing-masing.
  • Kemudian geser ke bawah dan pilih menu Tangkapan layar.
  • Setelah itu pilih opsi Ambil tangkapan layar dengan cepat.
  • Pastikan opsi tangkapan layar tiga jari diaktifkan.
  • Kemudian, untuk dapat mengambil screenshot, kita hanya perlu menyeret layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari secara bersamaan.
  • Tanda bahwa screenshot berhasil diambil kemudian akan berkedip di layar. Apakah itu mudah?

4. Penyihir Layar

Cara Screenshot HP Vivo

Jika Anda mencari aplikasi tangkapan layar pihak ketiga, Anda dapat mencoba Master Layar ini. Dilengkapi dengan sejumlah fitur yang cukup lengkap.

Diantaranya contohnya adalah fly button yang memudahkan kita untuk mengakses screenshot dimana saja dan kapan saja. Selain itu, kita juga bisa langsung mengedit hasil pemotongan, teks yang diberikan, atau yang lainnya.

5. Tangkapan Layar Sentuh

Cara Screenshot HP Vivo

Salah satu aplikasi screenshot seluler yang sangat direkomendasikan untuk ini adalah Screenshot Touch. Karena fitur-fiturnya sangat mudah digunakan, mulai dari fly icon, notifikasi bar bahkan fitur shake.

Jadi kita bisa mengambil screenshot hanya dengan menggoyangkan smartphone kita. Pasti keren banget kan? Tahukah Anda bahwa selain mengambil foto, aplikasi ini juga dapat merekam layar sebagai video.

6. Tangkapan layar sederhana

Cara Screenshot HP Vivo

Berikutnya adalah aplikasi bernama Easy Screenshot. Seperti namanya, APK ini didesain untuk memudahkan kita dalam mengambil screenshot.

Selain fitur biasa, ia juga memiliki beberapa fitur tambahan. Misalnya, fungsi gesture akan memudahkan kita untuk mengakses fungsinya. Selain itu, ada juga fitur editing untuk menyesuaikan hasil screenshot Anda.

Baca juga:   Cara Membaut Grup Facebook di HP & Laptop PC

7. Tembakan Sentuh

Cara Screenshot HP Vivo

Bagi mereka yang masih mencari aplikasi tangkapan layar alternatif di Android, Anda dapat memeriksanya. Touchshot adalah APK yang cukup populer yang juga sangat mudah digunakan.

Sehingga dapat membantu Anda mengambil screenshot di ponsel Vivo. Dilengkapi dengan berbagai fitur seperti screen capture dan pengaturan kualitas perekaman layar. Dengan cara ini kita dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pribadi kita.

8. Tangkapan layar

Cara Screenshot HP Vivo

Yang terakhir ini juga merupakan aplikasi yang tidak kalah bagus dari segi fitur yang dimilikinya. Layar Dilengkapi dengan fitur aplikasi screen capture pada umumnya.

Selain itu, kita juga dapat dengan mudah menentukan area mana yang ingin kita ambil screenshot. Berkat ikon mengambang, kita dapat dengan mudah mengakses fitur tangkapan layar.

Ini adalah beberapa cara termudah untuk mengambil screenshot di semua jenis ponsel Vivo. Gunakan tips dan trik di atas untuk mereka yang tidak dapat mengambil tangkapan layar tanpa aplikasi. Jika ada yang kurang jelas atau ada kritik dan saran bisa langsung tulis di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com