Agar komputer dapat terhubung satu sama lain, Anda harus terlebih dahulu mengatur alamat IP di komputer dan laptop Anda. Nah, pertanyaannya, bagaimana cara mengatur alamat IP di jaringan Lan agar bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi?

Namun sebelum itu, tahukah Anda apa arti dari alamat IP ini? Sebelum beralih ke panduan, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu memahami apa itu alamat IP.

Cara mengatur alamat IP otomatis

Untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis, Anda harus terhubung ke perangkat atau PC yang mengimplementasikan layanan DHCP.

Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mengubah atau menyetel alamat IP secara manual di laptop atau komputer Anda. Triknya adalah memilih opsi dapatkan alamat IP secara otomatis.

Layanan DHCP ini sering Anda jumpai di kedai-kedai kopi yang menyediakan Wi-Fi gratis atau bahkan sekolah Anda memiliki layanan DHCP. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mengatur alamat IP secara manual pada perangkat Anda untuk terhubung ke Internet.

Lihat juga: Cara melihat alamat IP.

Cara mengatur alamat IP di Windows XP

Bagi Anda yang menggunakan Windows XP, ikuti panduan berikut untuk mengubah alamat IP pada laptop Windows Anda:

  1. Klik pada tombol Mulai kiri bawah, lalu pilih Panel kendali.
  2. Kemudian klik kanan dan klik dua kali ikon Koneksi LAN. Lebih lanjut di tab Umum klik dua kali pada di Properti daerah setempat dan klik dua kali pada Protokol Internet TCP/IP.
  3. Klik berikutnya Gunakan alamat IP berikutlalu isikan kolom IP address menggunakan IP address range 192.168.2.2 – 192.168.2.254 (jika menggunakan router Edimax), masukkan 255.255.255.0 untuk subnet dan pilih Gunakan alamat server DNS berikutsetelah itu tekan BAGUS.
Baca juga:   12 Cara Membuat + Menggunakan Google Docs

Cara mengatur alamat IP di Windows Vista dan 7

Jika Anda menggunakan Windows Vista atau Windows 7, mengubah/mengatur alamat ip itu mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur alamat IP di Windows 7 dan Vista:

1. Buka Jaringan dan Pusat Berbagi

1. Pertama-tama, silahkan buka Jaringan dan pertukaran tengahCaranya adalah dengan klik kanan pada simbol jaringan di sudut kanan bawah layar komputer Anda.

Kemudian setelah itu silahkan pilih Buka Jaringan dan Pusat Berbagi. Anda juga bisa membukanya dengan melalui “Run”, triknya adalah dengan menekan tombol Windows+Rlalu ketik control.exe /namaMicrosoft.NetworkAndSharinhmgCenter lalu tekan enter.

cara mudah mengganti ip address di windows 7 8 dan 10 1

Lihat juga: Cara memblokir aplikasi Internet.

2. Ubah pengaturan adaptor

Setelah itu pilih Ubah pengaturan adaptor.

cara mudah mengganti ip address di windows 7 8 dan 10 2

3. Klik Properti

Silakan pilih adaptor yang ingin Anda ubah alamat IP-nya. Misalnya, di sini Anda ingin mengubah alamat IP langsung di jaringan atau adaptor WiFi Anda. Tetapi dalam contoh ini, saya akan mengubah alamat IP adaptor jaringan saya. Jadi silahkan klik LAN atau Ethernet adapternya, lalu pilih Karakteristik.

cara mudah mengganti ip address di windows 7 8 dan 10 3

4. Klik Internet Protocol Version 4.

Kemudian setelah itu silahkan guys klik dua kali di Protokol Internet Versi 4 (TCP/IPv4).

cara mudah mengganti ip address di windows 7 8 dan 10 4

5. Pilih Gunakan alamat IP berikut.

Tolong pilih gunakan alamat IP berikut, lalu masukkan alamat IP yang diinginkan. Anda dapat mengisi gateway default dan server DNS jika perlu, tetapi Anda juga dapat mengosongkannya. Setelah itu pilih BAGUS untuk menyimpan pengaturan.

cara mudah mengganti ip address di windows 7 8 dan 10 5

Cara mengatur alamat IP di Windows 8 dan 10

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah alamat IP di laptop Anda:

1. Klik ikon jaringan

Klik ikon jaringan di sudut kanan bawah. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, maka gambarnya adalah sinyal atau Wi-Fi. Sedangkan jika Anda menggunakan LAN, ikonnya adalah gambar komputer.

cara mengatur alamat ip di windows 7 dan 8 1

2. Pilih “Buka Jaringan dan Pusat Berbagi”.

Kemudian setelah itu pilih Buka Jaringan dan Pusat Berbagi.

Baca juga:   8 Aplikasi Download Lagu MP3 Android: Terbaik 2022

3. Pilih “Ubah pengaturan adaptor”.

Selanjutnya klik atau pergi ke Ubah pengaturan adaptor untuk mengubah atau mengatur alamat IP.

cara mengatur alamat ip di windows 7 dan 8 2

4. Klik Properti

Pada jaringan yang ingin Anda atur alamat IP-nya, klik kanan dan pilih Karakteristik.

cara mengatur alamat ip di windows 7 dan 8 3

5. Pilih Internet Protocol Version 4.

Ada beberapa opsi, silakan temukan dan klik dua kali Protokol Internet Versi 4 (IPv4).

cara mengatur alamat ip di windows 7 dan 8 4

6. Setel alamat IP

Nah disini silahkan anda atur IP address yang anda inginkan sesuai dengan jaringan yang anda gunakan. Silakan konfigurasikan alamat IP masing-masing komputer, berikan alamat IP kelas yang sama dengan komputer lain, sehingga mereka dapat terhubung satu sama lain.

Jika demikian, silakan klik BAGUS.

cara mengatur alamat ip di windows 7 dan 8 5

Kesimpulan

Mengubah IP address di Windows sebenarnya tidak sulit, hampir semua versi Windows memiliki cara yang sama untuk mengatur IP address di laptop dan PC.

Satu-satunya perbedaan adalah tampilannya sedikit berbeda. Jika Anda masih bingung, ikuti petunjuk yang saya berikan di atas.

Demikian beberapa cara untuk mengatur atau mengkonfigurasi alamat IP pada PC Windows XP, Vista, 7, 8 dan 10. Pengaturan alamat IP ini dilakukan agar komputer yang berada di jaringan atau jaringan yang sama dapat saling terhubung dan dapat berkomunikasi dengan satu sama lain dan saling berbagi data/sumber daya.

Hanya ini yang dapat Teknoinside berikan kepada Anda, semoga informasinya bermanfaat dan dapat memperluas pengetahuan Anda serta menyelesaikan masalah Anda.


https://storyforgeproductions.com