Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan format file PDF. PDF kini sering digunakan untuk berbagai keperluan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan, sekolah, atau kuliah. Biasanya, file PDF ini sering digunakan untuk presentasi.

Tidak hanya itu, banyak orang dari seluruh dunia juga menggunakan PDF. Jadi jangan heran jika file PDF bisa berisi banyak bahasa. Di dalam file PDF kita bisa menemukan banyak bahasa, tidak hanya bahasa Indonesia, misalnya bahasa Inggris.

Bagaimana jika Anda menemukan file PDF dalam bahasa Inggris, tetapi Anda sendiri tidak berbicara bahasa Inggris?

Tentunya hal ini akan membuat anda bingung dan salah paham dengan isi file PDF tersebut. Jika ingin menerjemahkan file pdf, maka ukuran file pdf perlu diperkecil jika ukurannya terlalu besar.

Anda tidak perlu khawatir tentang masalah ini karena Anda dapat menerjemahkan file PDF dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Lihat juga: Cara menerjemahkan gambar.

Cara menerjemahkan PDF di laptop

Banyak orang bingung ketika menemukan PDF bahasa Inggris karena tidak bisa berbahasa Inggris, sehingga banyak orang yang bingung. Selain itu, kami tidak dapat menyalin teks dari file PDF dan menempelkannya ke Google Terjemahan.

Padahal sebenarnya Anda tidak perlu menyalin dan menempelkan teks ke dalam file PDF. Karena sebenarnya Google Translate sudah mendukung fitur ini. menerjemahkan dokumentermasuk untuk menerjemahkan teks dalam file PDF.

Jadi Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menerjemahkan file PDF dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Cara ini terbukti efektif dan Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Siapkan PDF

contoh file pdf

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan file PDF, disini saya sudah menyiapkan file PDF yang berbahasa Inggris sebagai contoh, saya akan mengubah file PDF yang berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Baca juga:   6 Cara Mengubah Lebar Kolom & Tinggi Baris di Excel

Buka Google Terjemahan

terjemahkan pdf dengan penerjemah google

Setelah file PDF disiapkan, buka Google Translate dan atur di bagian bahasa. Karena file PDF yang saya unggah dalam bahasa Inggris, saya akan mengaturnya dalam bahasa Inggris juga. jika iya silahkan klik Menerjemahkan dokumen.

Pencarian PDF

terjemahkan pdf dengan google translate 3

Langkah selanjutnya silahkan klik Peramban, setelah itu anda akan dialihkan ke penyimpanan komputer/laptop atau ke penyimpanan handphone anda. silahkan pilih file PDF yang sudah anda siapkan tadi ke bahasa yang ingin anda terjemahkan.

Klik “Terjemahkan”.

Setelah file berhasil diunggah, pada langkah selanjutnya klik Menerjemahkan untuk mulai menerjemahkan file PDF bahasa Inggris. Setelah proses selesai, file PDF yang sebelumnya berbahasa Inggris perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Tetapi Anda harus ingat bahwa metode ini terkadang tidak berfungsi karena tidak semua PDF mendukung metode ini. Terkadang ada juga teks yang belum berhasil diterjemahkan atau masih berbahasa Inggris.

Lihat juga: Cara mengompres PDF online.

Untuk cara sederhana ini menurut saya cukup bagus dan cukup bermanfaat. Sebab, seperti yang Anda tahu, Google Translate sudah mendukung banyak bahasa di dunia.

Cara menerjemahkan dokumen PDF

Langkah kedua yang bisa Anda gunakan untuk menerjemahkan PDF ke bahasa Indonesia adalah menggunakan situs OnlineDocTranslator.

Situs ini dibuat khusus untuk menerjemahkan dokumen. Hasil terjemahan dari situs ini tidak jauh berbeda dengan google translator.

Karena situs ini menggunakan Google Translate sebagai pendukung penerjemahnya. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan situs ini sebagai alternatif dari Google Translate. Berikut adalah langkah-langkah tentang cara menerjemahkan dokumen PDF.

Buka situs web OnlineDocTranslator

menerjemahkan pdf dengan penerjemah dokumen online

Pertama, buka situs web onlinedoctranslaor.com. Di sana Anda akan menemukan beberapa tampilan menu. Jadi silahkan klik Terjemahkan sekarang untuk mulai menerjemahkan file PDF yang diinginkan.

Baca juga:   6 Cara Mengaktifkan IDM di Mozilla Firefox: Terbaru 2022

Pilih PDF

menerjemahkan pdf dengan penerjemah dokumen online 2

Pilih PDF yang sudah Anda siapkan tadi yang ingin Anda terjemahkan ke bahasa Indonesia. Atau Anda juga bisa menyeret file PDF ke area yang ada entri “Seret file ke sini”.

Terjemahan file PDF

menerjemahkan pdf dengan penerjemah dokumen online 3

Langkah selanjutnya adalah memilih bahasa target dari hasil terjemahan yang akan dilakukan. Karena disini kita akan mengubah bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia, maka pada bagian bahasa sebelah kanan pilih bahasa Indonesia. Setelah itu klik menerjemahkan.

Unduh PDF

Setelah proses penerjemahan selesai, Anda dapat mengunduh hasil terjemahan dalam format PDF. Jadi silakan unduh file PDF dari situs web Hail Translate dan coba buka.

Anda akan menemukan bahwa file PDF yang sebelumnya berbahasa Inggris berubah sesuai pengaturan yang Anda buat yaitu berubah menjadi bahasa Indonesia.

Bagaimana mengkonversi PDF ke Word

2 cara diatas membutuhkan koneksi untuk menerjemahkan PDF, anda juga bisa menerjemahkan PDF tanpa koneksi internet yaitu dengan menggunakan software microsoft word. Caranya juga sangat mudah dan tentunya cara ini bisa langsung kamu lakukan.

Buka PDF dengan MS Word

Pertama, buka file PDF yang akan diterjemahkan dengan Ms Word dengan cara klik kanan file PDF > Buka dari > Microsoft Word.

Kemudian setelah itu klik tab tersebut Ulasan dan pilih menerjemahkan > Terjemahkan Dokumen.

Pilih bahasa

Selanjutnya di jendela Pilihan bahasa terjemahan, atur bahasa dasar yang digunakan untuk file PDF, lalu Anda juga perlu mengatur bahasa untuk terjemahan yang diinginkan. Jika Anda menekan BAGUS.

Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk meyakinkan Anda jika ingin menggunakan terjemahan tersebut. Tolong pilih mengirim untuk melanjutkan proses terjemahan PDF.

Hasil ditampilkan di browser

Dalam hal ini, hasil terjemahan dalam format PDF akan muncul di halaman web browser default yang Anda gunakan. Jika Anda biasa menggunakan Chrome, konten file PDF akan muncul di Chrome.

Lihat juga: Cara menggabungkan foto ke PDF.

Pertanyaan yang sering diajukan

Bahasa apa yang bisa diterjemahkan?

Ada banyak bahasa yang mendukung terjemahan, seperti bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Malaysia, Cina, Vietnam, Rusia, Korea, dan lainnya.

Format file apa yang dapat diterjemahkan?

Tidak hanya pdf, ternyata juga bisa menerjemahkan word, excel, ppt, txt, srt dan format dokumen lainnya.

Demikian panduan singkat cara menerjemahkan file PDF online di PC dan HP. Anda dapat menggunakan cara di atas untuk menerjemahkan file PDF ke bahasa Inggris untuk dikonversi ke bahasa Indonesia.


https://storyforgeproductions.com