Video adalah sekumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan dan biasanya dipadukan dengan elemen suara sebagai pendukung.

Gambar yang ditampilkan secara berurutan akan memberikan kesan bahwa objek pada gambar tersebut bergerak.

Biasanya, 25 frame/gambar per 1 detik diperlukan untuk membuat video dengan kualitas standar.

Ada banyak jenis format video mulai dari 3gp, mp4, mkv, avi, mov, flv dan masih banyak lagi. Masing-masing format video ini biasanya menggunakan codec video dan audio yang berbeda.

Akibatnya, mereka memiliki kualitas dan ukuran yang berbeda.

Setiap format video juga kompatibel dengan pemutar video yang berbeda, misalnya AVI yang menggunakan codec Xvid biasanya dapat diputar di pemutar DVD.

Karena perbedaan antara format video ini, banyak orang mencari cara untuk mengonversi video ke format lain. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan video dengan ekstensi yang sesuai yang dibutuhkan.

Misal kita punya video AVI, ekstensinya cenderung berukuran besar, jadi kurang efisien jika ingin merakitnya.

Kami kemudian dapat mengubah format video yang semula AVI menjadi MKV, yang lebih efisien.

Dapat mengkonversi video ke mp3, mp4, 3gp, wemv, flv dan banyak lagi.

Biasanya orang mengubah format video untuk mendapatkan file yang lebih kecil namun lebih berkualitas.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menentukan ukuran dan kualitas gambar dari sebuah video.

Baca juga: Cara Mengonversi MKV ke MP4.

Penentu ukuran dan kualitas video

Untuk menentukan format mana yang paling tepat, pertama-tama kita harus memeriksa faktor-faktor ini.

Berikut ini adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat mengonversi video ke format lain.

A. Codec

Ini adalah “inti” dari file video, yang memungkinkan Anda untuk menyimpannya di media digital. Codec adalah bagian penting yang mempengaruhi kualitas dan ukuran video.

Jika salah memilih akan menyebabkan hasil keluaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ada banyak jenis codec tergantung pada format video seperti Xvid, Vidx, H.264 dan H.265.

Baca juga: Cara mengubah ekstensi file sekaligus.

B. Kecepatan bingkai

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, video adalah kumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan.

Frame rate adalah jumlah gambar yang ditampilkan per detik. Semakin tinggi frame rate, semakin halus gerakan dan efek visual dari video tersebut.

Untuk standar kualitas video yang bagus, biasanya di kisaran di atas 25 frame per second (frame per second).

C. Kecepatan bit

Bitrate adalah apa yang menunjukkan kecepatan bit video saat diputar.

Hal ini juga sangat penting, jika player tidak bisa menandingi besaran bitrate yang terdapat pada video, maka tidak akan berjalan mulus saat diputar.

Semakin tinggi bitrate, semakin baik kualitas video.

Baca juga:   4+ Cara Mematikan Firewall di Windows 7/8/10: Lengkap

D. Ukuran bingkai dan rasio aspek

Video biasanya berbentuk bingkai atau blok, sehingga panjang dan lebar/tinggi video disebut ukuran bingkai.

Sedangkan aspek rasio merupakan hasil perbandingan panjang dan lebar/tinggi video.

Misalnya, video memiliki lebar 1500 piksel dan tinggi/lebar 1000 piksel. Maka ukuran bingkai video akan menjadi 1500 x 1000.

Sedangkan untuk aspek rasionya adalah 3:2 yang merupakan hasil perbandingan 1500 : 1000. Semakin besar ukuran bingkai video, semakin jernih gambarnya.

Meskipun rasio aspek ini menjaga ukuran video tetap proporsional meskipun diputar di perangkat berbeda dengan lebar layar berbeda.

Lihat juga: Cara mengecilkan ukuran video.

Cara mengubah format video online

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengubah format video adalah dengan mengambil bantuan situs layanan konversi video yang dapat Anda gunakan. Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak perlu lagi khawatir menginstal aplikasi tambahan.

Cara ini bisa Anda terapkan atau gunakan baik di perangkat Android maupun di laptop atau komputer yang Anda gunakan. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan ini, tetapi dalam hal ini kami akan menggunakan situs web Zamzar. Langsung saja simak langkah-langkah selanjutnya.

1. Buka situs web Zamzar

Buka situs web Zamzar

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi browser di ponsel atau komputer yang Anda gunakan, baik itu Chrome, Mozilla, Safari, dll, lalu kunjungi situs web resmi Zamzar di https://www.zamzar. com/. Kemudian nantinya anda akan dibawa ke halaman utama website Zamzar.

2. Pilih video

    Pilih video

Pada langkah selanjutnya, masukkan video yang ingin Anda ubah formatnya dengan mengklik bagian Tambahkan file. Kemudian temukan video yang ingin Anda konversi. Jika Anda menemukannya, silakan klik membuka untuk video yang akan diupload ke website Zamzar.

3. Pilih format video keluaran.

Pilih hasil format video

Langkah selanjutnya adalah Anda dapat memilih format video yang Anda inginkan. Misal disini kita akan merubah format video dari .Mp4 menjadi .3gp, lalu di Pilih format silakan pilih .3gp atau gratis sesuai kebutuhan Anda.

4. Klik Konversi Sekarang.

Klik Konversi Sekarang

Jika video serta format video yang ingin Anda konversi telah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah Anda dapat mulai mengubah format video dengan mengklik Konversi Sekarang. Tunggu beberapa detik hingga proses konversi selesai.

5. Klik Unduh.

Klik Unduh

Langkah terakhir, jika proses konversi video yang diinginkan sudah selesai, Anda bisa langsung menyimpan hasil video tersebut ke ponsel, laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Untuk menyimpan video, klik Unduh, dan tunggu beberapa saat sampai proses download selesai, maka video akan otomatis tersimpan ke handphone atau komputer anda. Mungkin Anda juga membutuhkan cara untuk mengompres video di ponsel Android agar ukurannya lebih kecil.

Baca juga:   5 Cara Bermain Free Fire untuk Pemula gampang Booyah 2022

Cara Mengubah Format Video di Ponsel Android

Bagi Anda pengguna Android yang ingin mengubah format video dengan ponsel tetapi tidak ingin menggunakan bantuan situs sebelumnya, Anda dapat mengikuti cara berikut. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi Video Format Factory, yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis dari Play Store. Langsung saja simak langkah-langkah selanjutnya.

1. Unduh aplikasi video Format Factory

Unduh Aplikasi Video Format Pabrik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika belum memiliki aplikasinya, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Video Format Factory melalui Google Play Store. Tunggu beberapa detik hingga aplikasi Pabrik Format Video mengunduh dan menginstal.

2. Tambahkan video

Tambahkan video

Pada langkah selanjutnya, tambahkan video yang ingin Anda konversi atau ubah formatnya dengan mengklik ikon tambah. Menambahkan. Kemudian temukan video yang ingin Anda konversi. Jika video ditemukan, silakan tambahkan video.

3. Pilih format video keluaran.

Pilih hasil format video

Pada langkah selanjutnya, pilih format video yang diinginkan. Klik Mengubah untuk memilih format video yang dihasilkan. Namun, untuk aplikasi Video Format Factory versi reguler, pilihan format video terbatas. Nah, jika Anda menginginkan lebih banyak format video, Anda dapat membeli versi premium atau pro.

4. Pilih H264.

Pilih H264

H264 adalah format video yang bagus, baik digunakan untuk upload media sosial atau hanya untuk dilihat. Oleh karena itu, Anda dapat memilih H264 untuk membuat video yang bagus. Namun jika Anda menginginkan format lain, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Klik Konversi Sekarang!

Klik Konversi Sekarang!

Langkah terakhir, jika video serta format video yang ingin Anda konversi telah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah Anda dapat mulai mengubah format video dengan menggulir ke bawah dan mengklik Konversi sekarang!. Tunggu beberapa detik hingga proses konversi selesai, maka video akan otomatis tersimpan ke ponsel Anda.

Cara mengubah format video di laptop

Di atas, kami telah membahas beberapa faktor penting yang harus kami pertimbangkan ketika kami ingin mengubah format video.

Kesalahan kecil saja bisa membuat konversi video kita tidak sesuai harapan. Sekarang mari kita beralih ke topik utama, bagaimana mengkonversi format video ke ekstensi lain.

Ikuti panduan berikut untuk mengonversi video ke format apa pun.

1. Unduh aplikasinya

Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan aplikasi Format Factory untuk mengonversi format video.

Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengonversi video mereka ke format lain. Jadi, pertama-tama unduh dan instal perangkat lunak format pabrik di PC/Laptop Anda.

Baca juga:   8 Cara Membuat Password di Windows 10 (Terbukti)

2. Pilih Format

Setelah itu, buka aplikasi format pabrik yang diinstal. Kemudian pilih format/ekstensi keluaran dari hasil konversi yang diinginkan. Katakanlah saya mengonversi file video ke format mp4.

Cara mengonversi / mengonversi format video ke format lain di PC

Baca Juga: Cara Mengonversi Video MP4 ke MP3.

3. Tambahkan file

Langkah selanjutnya adalah memilih opsi tambahkan file tambahkan video untuk dikonversi ke format mp4. Silakan temukan sumber video yang ingin Anda konversi.

Kemudian klik opsi pengaturan keluaran melakukan penyesuaian pada output.

Cara mengonversi / mengonversi format video ke format lain di PC

4. Pengaturan

Dalam pengaturan keluaran Windows, sesuaikan kualitas video keluaran sesuai kebutuhan. Harap perhatikan faktor-faktor yang menentukan kualitas dan ukuran video, yang telah kami pelajari sebelumnya. Jika Anda mengklik OK.

Cara mengonversi / mengonversi format video ke format lain di PC

5. Lanjutkan prosesnya

Kita akan kembali ke windows sebelumnya, klik saja OK untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Klik Opsi folder keluaran untuk menentukan di mana kita akan meletakkan video dari hasil konversi.

Cara mengonversi / mengonversi format video ke format lain di PC

6. Memulai proses

Setelah itu, Anda tinggal mengklik tombol “Start” untuk memulai proses konversi format video ke mp4. Tunggu hingga proses selesai.

Cara mengonversi / mengonversi format video ke format lain di PC

Langkah terakhir adalah memeriksa hasil file video di folder yang Anda pilih tadi.

Silakan lihat apakah sesuai dengan keinginan Anda atau tidak, lakukan penyesuaian pada pengaturan output jika hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Kesimpulan

Ada begitu banyak format video saat ini, tetapi tidak semuanya dapat kompatibel atau terbuka di semua perangkat, seperti ponsel yang tidak mendukung semua format video yang ada.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengubah format video yang kompatibel dengan perangkat yang akan digunakan.

Pertanyaan dan jawaban

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan mungkin pertanyaan yang ingin Anda tanyakan.

Apa tujuan konversi video?

Untuk mengubah format video agar lebih kecil atau dapat dibuka di perangkat lain.

Bagaimana cara convert video yang bisa dilakukan di handphone atau laptop/komputer?

Melalui website seperti website Zamzar.

Aplikasi apa yang dapat digunakan untuk mengonversi video?

Format Pabrik untuk laptop atau komputer dan Pabrik Format Video untuk ponsel Android

Gampang kan, gimana nih guys langsung latihan atau tidak? Jika tidak, maka cepatlah dan mencobanya.

Sekian panduan dan cara merubah format video ke mp4, 3gp, mkv, flv dan lain sebagainya.

Semoga panduan di atas dapat membantu Anda untuk mengubah format video agar mendapatkan kualitas yang baik dengan ukuran yang lebih kecil.

Jika ada yang kurang dipahami dari setiap langkah pada panduan di atas, silahkan beri komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com