Sekarang android ini sangat merajalela di pasaran. Banyak sekali jenis smartphone Android yang bisa kita temukan dengan harga yang cukup murah.

Hampir semua orang sekarang memiliki Android, mereka menggunakan Android untuk membantu aktivitas dan mempermudah berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Bahkan sekarang anak-anak tidak bisa lepas dari Android, setiap hari, bahkan setiap jam mereka harus menjaga Android.

Berbicara tentang smartphone Android, tentunya smartphone tidak akan bisa bekerja tanpa sistem operasi Android. Kini sistem operasi Android telah berkembang sangat jauh dan menjadi semakin kompleks.

Sistem operasi Android sudah banyak mengalami perubahan, mulai dari Gingerbread, JellyBean, KitKat, Lollipop dan lain sebagainya hingga sistem operasi Android terbaru.

Tentunya Anda juga bertanya-tanya bagaimana cara memperbarui sistem operasi Android ke versi terbaru? Seperti yang Anda ketahui, semakin besar Android, semakin kompleks sistem operasinya, sehingga banyak orang yang ingin meng-upgrade sistem operasi Android mereka.

Mempersiapkan pembaruan OS Android

Untuk dapat mengupdate sistem operasi atau OS pada smartphone dan tablet Android Anda.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda memperhatikan hal-hal penting dibawah ini agar dapat melakukan update OS Android tanpa kendala, mengenai hal-hal tersebut dapat anda lihat berikut ini :

Baterai perangkat

Perlu anda ketahui sebelum mengupdate atau memperbaharui OS Android anda, akan lebih baik jika baterai anda penuh.

Alasannya agar tidak menguras baterai saat mengupdate OS, atau bisa juga mengupdate saat baterai sedang diisi atau charging.

koneksi internet

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat, Anda dapat menggunakan koneksi nirkabel (WiFi) atau Anda juga dapat menggunakan mode jaringan pada kartu sim 3G, dan Anda juga dapat menggunakan 4G.

Baca juga:   6+ Cara Unlock Modem Smartfren Semua Tipe Lengkap

Semakin cepat koneksi Internet digunakan, semakin cepat pula proses update OS Android ke versi terbaru.

Kemudian anda pastikan memiliki kuota internet minimal 2GB, tujuannya agar tidak kehabisan kuota internet saat mendownload OS android terbaru.

Cara memperbarui Android

Anda tidak perlu khawatir, disini Teknoinside akan memberikan tutorial 3 cara update sistem operasi Android. Penasaran? Inilah tutorialnya.

1. Melalui udara (OTA)

cara mudah update android

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengupdate sistem operasi android, anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet untuk mendownload atau mengupdate sistem operasi android lama. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan smartphone android anda terkoneksi dengan internet dan saya sarankan untuk menggunakan WIFI, kenapa? Karena kita akan memuat sistem operasi yang cukup besar, selain itu, saat menggunakan WIFI, koneksinya juga menjadi lebih stabil.
  2. Lalu buka pengaturan android Anda.
  3. Setelah itu masuk Tentang telepon / Tentang perangkat. Posisi ini biasanya berbeda untuk setiap merk handphone, jadi silahkan sesuaikan dengan perangkat android anda.
  4. Kemudian setelah itu pilih Pembaruan sistem dan silahkan pilih periksa pembaruan.
  5. Jika pembaruan tersedia, itu akan muncul Segarkan / Segarkan. Namun jika tidak maka tidak akan muncul pesan update yang berarti sistem operasi yang anda gunakan adalah yang terbaru.
  6. Jika menggunakan WIFI maka proses download akan langsung dimulai, namun jika menggunakan data seluler akan ada peringatan terlebih dahulu bahwa disarankan untuk menggunakan WIFI.
  7. Tunggu proses pengunduhan selesai, lalu reboot perangkat Anda.

2. Menggunakan laptop

3 cara update Android dengan dan tanpa laptop paling sederhana
  1. Pertama-tama, buka situs web resmi perangkat Android Anda terlebih dahulu. Kemudian masuk ke halaman mendukung / Mendukung dan halaman Download. Di sini Anda mungkin diminta untuk memasukkan informasi perangkat tertentu atau mendaftarkan perangkat Android Anda agar dapat mengakses pembaruan sistem operasi yang ada.
  2. Unduh dan kemudian instal Manajemen perangkat. Anda harus menyadari bahwa nama dan fungsi perangkat ini berbeda-beda tergantung pada masing-masing pabrikan. Misalnya, perangkat Samsung diproduksi Kunci dan Motorola menelepon MDM.
  3. Kemudian kembali ke situs web pabrikan perangkat Android Anda dan kembali ke halaman dukungan dan unduhan.
  4. Silakan cari pembaruan yang ada. Nanti, Anda dapat mengunduh dan menginstal file pembaruan ini menggunakan manajemen perangkat yang telah Anda instal.
  5. Hubungkan perangkat Android Anda ke PC/Laptop dengan kabel data.
  6. membuka Manajemen perangkat.
  7. Kemudian cari perintah Pembaruan. Biasanya di bagian atas menu tarik-turun.
  8. Klik perintah Pembaruan untuk memulai proses update sistem operasi android dan ikuti petunjuknya sampai selesai.

Anda dapat menonton video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=0D9UZzNXmAg

3. Dengan ROM kustom

ROM khusus adalah ROM untuk Android yang hadir dengan banyak fitur tambahan dan tampilan khusus. Selain itu, ponsel Android dapat menggunakan ROM kustom dari produsen ponsel Android lainnya.

Baca juga:   8 Cara Screenshot HP Android Semua Merk: Lengkap

Ini mungkin menjadi solusi bagi mereka yang ingin memperbarui OS Android mereka ke versi terbaru. Tetapi keadaan ponsel tidak diperbarui. Anda kemudian dapat mem-flash ROM khusus Anda ke Android versi terbaru.

Tetapi untuk menginstal custom ROM, Anda perlu menginstal custom recovery/TWRP. Karena untuk flash custom firmware melalui twrp android.

Saya tidak bisa memberi contoh, Anda bisa mengikuti panduan berikut.

4. Dengan me-rooting ROM

3 cara update Android dengan dan tanpa laptop paling sederhana

Catatan. Hal-hal yang harus dilakukan sebelum memperbarui dengan root-ROM:

  • Cadangkan data di perangkat Anda terlebih dahulu agar Anda dapat memulihkan file dan data Anda kapan saja.
  • Pertama, Anda harus melakukan root pada ponsel Android Anda.
  • Rooting perangkat Android Anda yang tidak didukung oleh pabrikan akan membatalkan garansi Anda jika

Oke, setelah memahami ketiga poin di atas, mari kita lanjut ke langkah-langkahnya:

  1. Pertama, Anda harus memiliki perangkat lunak root yang dapat digunakan di perangkat Android Anda. Gunakan juga laptop dan cari model perangkat android Anda masing-masing.
  2. Silahkan download software rootingnya kemudian install di PC/Laptop anda.
  3. Hubungkan perangkat Android Anda ke PC/laptop dengan kabel USB.
  4. Buka perangkat lunak rooting yang telah Anda instal di komputer Anda.
  5. Mulai proses rooting perangkat Android Anda.
  6. Kemudian setelah itu restart perangkat android anda, android anda sekarang sudah berada di sistem operasi terbaru.

Kesimpulan

Dari tutorial di atas, kami merekomendasikan metode satu. Karena paling-paling akan lebih aman jika kita mengupdate merk resmi handphone kita. Dari segi keamanan tentunya lebih aman, lebih sedikit bug, dan lebih stabil.

Lihat juga: Cara uninstall aplikasi Andorid.

Demikian panduan yang dapat Teknoinside bahas tentang cara update android dengan mudah, semoga bermanfaat.

Baca juga:   16+ Cara Mengatasi HP Android Lemot: Semua Merk

Semakin baru sistem operasi yang Anda gunakan, semakin kompleks fitur yang ada di sistem operasi tersebut.

Dengan adanya update sistem operasi pada perangkat Android, maka Android kita akan semakin sempurna dengan fitur-fitur terbaru.


https://storyforgeproductions.com