Internet saat ini berkembang sangat pesat. Perkembangan internet saat ini lebih kompleks dari pada era sebelumnya.

Karena internet kini mudah diakses dari segala kalangan, terutama di berbagai tempat di seluruh dunia yang memiliki banyak penduduk dan perangkat untuk mengaksesnya.

Internet kini bahkan sudah menjadi kebutuhan wajib dan mendasar bagi setiap orang.

Bahkan bagi mereka yang memiliki smartphone, laptop atau perangkat lain, akan lebih sulit untuk melepaskan diri dari internet.

Karena dengan internet kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi apapun yang ingin kita ketahui, mendownload berbagai file dan masih banyak lagi.

Lihat juga: Situs tes kecepatan internet.

Mengapa hasil kecepatannya berbeda?

Nah, untuk bisa mengakses Internet, kita perlu berlangganan layanan Internet seperti Indihome, terhubung ke Wi-Fi, atau menggunakan paket Internet kuota.

Cepat atau tidaknya koneksi internet Anda akan tergantung pada layanan/paket yang Anda gunakan.

Kecepatan internet antar provider A dan B bisa berbeda sob, bahkan 2 user yang menggunakan provider yang sama juga bisa memiliki kecepatan internet yang berbeda.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti lokasi, handphone atau paket yang digunakan dan lain sebagainya.

Nah bagi anda yang mungkin bertanya-tanya berapa kecepatan internet yang anda gunakan, anda bisa dengan mudah mengeceknya dengan handphone atau laptop yang anda miliki sobat.

Jadi apa langkah-langkah untuk menguji ini? Nah, pada pembahasan kali ini saya sudah merekomendasikan cara cek kecepatan internet yang akurat.

Cara cek kecepatan internet di laptop

Sebenarnya ada banyak tools online yang bisa sobat gunakan tapi saya merekomendasikan lebih banyak Speedtest.net karena lebih akurat dan terpercaya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama buka website Speedtest.net.

2. Kemudian klik tombol Start atau Go untuk mulai menguji kecepatan internet Anda.

2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet Anda Secara Akurat 1

3. Selanjutnya, tunggu beberapa detik hingga proses pengujian selesai. Anda kemudian akan mendapatkan informasi kecepatan internet yang mencakup kecepatan ping(RS), Unduh (Mbps) hingga Unduh (Mbps).

2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet Secara Akurat 2

Tapi bukan itu sebenarnya kecepatan download sob, artinya ada perhitungan lain yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Mengatasi Android Tidak Terkoneksi Wi-Fi.

Cara cek kecepatan internet di hp android

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan layanan dari Speedtest.net untuk memeriksa, tetapi Anda harus menginstal APK terlebih dahulu.

Baca juga:   5 Cara Mematikan Avast Permanen atau Sementara

Daripada membuang-buang waktu dan tempat di memori handphone, disini saya akan menawarkan alternatif yaitu penggunaan alat online dari speedtest.co.id. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan kunjungi SpeedTest.co.id pertama.

2. Kemudian, untuk melakukan tes kecepatan internet, cukup klik tombol “Start Test”..

2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet Secara Akurat 3

3. Kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul informasi kecepatan internet anda yang diukur dengan kecepatan Unduh, Unduh, pingsebaik Naik opelet.

2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet Anda Secara Akurat 4

Cara Cek Kecepatan Internet di Android

Nah, bagi Anda yang masih belum paham caranya bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan smartphone Android Anda.

2. Bagi Anda yang tidak memiliki aplikasi Info Kecepatan Internet, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi terlebih dahulu. Sekarang untuk mengunduh aplikasi, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play store di ponsel cerdas Anda.

3. Selain itu, setelah Anda selesai menginstal aplikasi, Anda dapat langsung membuka aplikasi. Setelah Anda membuka aplikasi, Anda akan melihat layar yang mirip dengan yang di bawah ini:

cara cek kecepatan internet 1

4. Kemudian Anda dapat keluar dari aplikasi. Namun ikon baru secara otomatis muncul di kolom notifikasi di bagian atas layar smartphone Anda.

Nah notifikasi ini menjadi indikasi seberapa cepat koneksi internet smartphone kamu. Berikut adalah contoh gambar:

cara cek kecepatan internet

Aplikasi hanya dapat menampilkan kecepatan akses Internet? Ternyata aplikasi informasi kecepatan internet ini juga bisa menampilkan sisa kuota yang kamu habiskan selama mengakses internet di smartphone kamu.

Dan dengan informasi ini, Anda dapat membatasi penggunaan kuota akses internet Anda agar kuota Anda tidak cepat habis.

Kemudian Anda dapat menggunakan akses Internet di ponsel cerdas Anda untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Lihat juga: Cara mempercepat koneksi Wi-Fi Anda.

Cara Cek Kecepatan Internet HP Tanpa Aplikasi

Sobat tentunya tertarik dengan kecepatan internet sobat. Nah kali ini saya akan share cara mengetahui kecepatan internet di hp xiaomi.

Baca juga:   5 Cara Mengatasi RAM Laptop yang Tidak Terbaca

Penasaran, kan? Yuk simak penjelasan saya dan tentunya anda harus mencobanya. Langkah-langkahnya adalah:

1. Pertama Anda harus membuka pengaturan pada smartphone Anda.

Cara cek kecepatan internet 1

2. Setelah tampilan berubah, Anda menekan salah satu yang mengatakan “Jaringan seluler”.

3. Kemudian pilih Atur Penggunaan Data.

cara cek kecepatan internet 2

4. Langkah selanjutnya cari yang bertuliskan “Show Network Speed”, yang awalnya berwarna abu-abu, geser ke kanan hingga berubah menjadi biru seperti gambar di bawah ini.

Cara cek kecepatan internet 3

5. Selesai.

Catatan. Langkah-langkah di atas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi Note 5A yang menjalankan sistem operasi v7.1.2 atau versi Nougat. Namun bagi Anda yang menggunakan versi lain, jangan khawatir karena caranya tidak jauh berbeda.

Kesimpulan

Nah, mudah bukan, sobat? kita dapat menyimpulkan bahwa jika Anda menggunakan aplikasi kecepatan internet, maka Anda dapat mengetahui seberapa cepat ponsel cerdas Anda memiliki akses internet.

Ini dapat digunakan baik saat menggunakan paket data dan saat menggunakan Wi-Fi, tetapi apa yang saya tunjukkan di atas adalah menggunakan paket data.

Jangan khawatir sobat, karena jalur antara menggunakan paket data dan menggunakan Wi-Fi adalah sama. Atau, jika Anda pengguna laptop, Anda bisa mengetahui kecepatan internet di cmd.

Kecepatan akses Internet di smartphone Anda akan dihitung dalam byte per detik. Maka Anda selalu dapat mengetahui kecepatan internet di ponsel Android Anda kapan saja.

Apa yang dimaksud dengan hasil tes kecepatan?

Izinkan saya menjelaskan secara singkat bahwa MB (Megabyte) dan MB (Megabit) berbeda, 1 MB (Byte) = 8 MB (bit).

Jadi ketika Anda menguji kecepatan internet dengan metode di atas dan mendapatkan hasil bahwa kecepatan unduh adalah 10Mbps. Jadi, untuk menghitungnya seperti ini (1 Mbps = 1024 Kbps):

Baca juga:   4+ Cara Mengganti Tema Whatsapp di HP Android (Keren)

10 Mbps = 10240 kbps / 8 = 1280 kbps.
Jadi ketika Anda mengunduh file, kecepatan unduhnya sekitar 1280 KB/dtk atau 1 MB/dtk.

Kecepatan download juga akan dipengaruhi oleh server tempat kita mendownload file, jika server membatasi hanya 500 KB/s, dan kecepatan download anda dari provider 10 Mbps, maka kecepatan download file dari server maksimal 500 KB / detik. sec (karena diinstal dari server file).

Kebijakan FUP untuk pengguna Indihome juga mempengaruhi kecepatan download. Misalnya, batas FUP Anda akan kedaluwarsa meskipun Anda berlangganan 10Mbps dari Indihome.

Namun kecepatan downloadnya cukup lambat dan tidak mencapai 1 MB/detik (kuota FUP akan diperbarui setiap bulan).

Situs tes kecepatan internet

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengetahui seberapa cepat internet di ponsel dan laptop yang Anda gunakan.

  1. https://speedtest.cbn.net.id/
  2. https://speedtest.telstra.com/
  3. http://speedtest.biznetnetworks.com/
  4. https://fast.com/id/
  5. http://speedtest.mybroadband.co.za/

Kali ini pembahasan saya tentang cara cek kecepatan internet di hp android dan laptop. Semoga informasi dan tutorial yang saya rekomendasikan di atas mudah dipahami dan dipahami sobat.

Dan semoga ini akan membantu Anda dengan mudah mengetahui berapa kecepatan internet Anda. Mungkin jika ada yang ingin ditanyakan mengenai pembahasan ini, silahkan tanyakan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com