Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya internet menjadi salah satu hal yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Karena internet akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai tugas, mulai dari komunikasi jarak jauh dengan orang lain.

Selain itu, di tengah pandemi ini, penggunaan internet juga sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang terlibat dalam bekerja dari rumah juga tidak belajar dari rumah karena mereka tidak bisa bekerja dan belajar tatap muka secara langsung.

Untuk dapat menggunakan internet, kita perlu berlangganan paket internet dari provider internet seperti Telkomsel, XL, Axis, 3, Indosat, Smartfren dan sebagainya.

Namun, jika kita membutuhkan layanan internet yang lebih cepat yang dapat digunakan banyak orang, maka salah satu opsi terakhir adalah berlangganan internet IndiHome.

Cara Cek Kuota Internet Indihome + FUP

Perlu Anda ketahui bahwa IndiHome menawarkan layanan internet unlimited. Namun pada umumnya setiap ISP yang menyediakan paket internet unlimited akan memberikan kuota FUP yang harus kita lacak saat menggunakan paket internet tersebut.

Karena jika kita menggunakan semua kuota FUP yang diberikan, maka jangan heran jika kecepatan internet yang Anda gunakan rendah. Tapi jangan khawatir, karena internet bisa digunakan, hanya saja kecepatannya terbatas.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, Teknoinside akan menjelaskan cara mudah mengecek kuota IndiHome dan FUP. Penasaran bagaimana? Langsung saja, untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga: Cara Cek Nomor Internet IndiHome.

1. Menggunakan Aplikasi myIndiHome

Menggunakan Aplikasi myIndiHome

myIndiHome adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kuota internet IndiHome dan FUP yang Anda gunakan. Selain bisa digunakan untuk cek kuota internet.

Anda juga dapat menggunakan MyIndiHome untuk mendaftar IndiHome, membayar tagihan IndiHome, dan lainnya. Penasaran bagaimana? Simak langkah selanjutnya.

  1. Langkah pertama download dan install aplikasi myIndiHome melalui Toko mainan.
  2. Kemudian pastikan Anda memiliki akun myIndiHome. Jika Anda belum memilikinya, daftar terlebih dahulu.
  3. Jika sudah, buka aplikasi myIndiHome dan masuk dengan akun Anda, lalu buka profil akun Anda.
  4. Layar beranda kemudian akan menampilkan informasi tentang kecepatan internet yang Anda gunakan serta layanan yang Anda gunakan.
  5. Untuk melihat secara detail penggunaan kuota internet yang Anda gunakan, Anda dapat mengklik opsi Melihat rincian Dalam bab Internet.
  6. Kemudian nanti akan muncul informasi berapa kuota internet yang kamu pakai dan berapa FUP layanan internet yang kamu pakai.
Baca juga:   10+ Cara Download File di Scribd Gratis tanpa Login 2022

2. Penggunaan situs web IndiHome

Penggunaan situs web IndiHome

Bagi anda yang tidak ingin mendownload dan menginstall aplikasi myIndiHome untuk cek kuota internet dan FUP anda. Kemudian Anda bisa menggunakan website resmi dari IndiHome. Lihat langkah-langkah berikut untuk informasi lebih lanjut.

  1. Langkah pertama buka browser dan kunjungi situs resmi IndiHome.
  2. Kemudian masuk dengan akun IndiHome Anda. Jika Anda belum memilikinya, daftar terlebih dahulu.
  3. Jika sudah berhasil login bisa langsung nama akun di pojok kanan ataslalu tekan “Status Berlangganan
  4. Mengetahui penggunaan kuota yang telah Anda gunakan, serta sisa kuota dan FUP jika Anda memilih internet unlimited.
  5. Tentunya dilakukan dengan sangat sederhana, bukan karena Anda hanya perlu menggunakan website resmi IndiHome tanpa perlu repot menginstall aplikasi tambahan.

3. Melalui SMS

Menggunakan SMS

Cara terakhir ini bisa kamu gunakan tanpa perlu kuota internet atau aplikasi tambahan. Cara menggunakan SMS adalah yang paling mudah, karena Anda hanya perlu mengirim SMS dengan format tertentu ke layanan IndiHome.

Meski sederhana dan tidak membutuhkan kuota internet, jika menggunakan cara ini akan dikenakan biaya menggosok. 350,- untuk 1 SMS. Penasaran bagaimana? Langsung saja simak langkah-langkah selanjutnya.

  1. Langkah pertama, silakan buka aplikasi Pesan dan buat pesan baru yang dapat dicetak. Penyedia layanan internet <пробел> MEREKA <пробел> Kode area + nomor telepon rumah yang didaftarkan oleh IndiHome.
  2. Sebagai contoh ISP 0227555444.
  3. Kemudian kirim ke nomor 98108.
  4. Tunggu beberapa detik hingga muncul SMS balasan yang berisi informasi tentang kuota Anda, serta tentang program Internet IndiHome yang Anda gunakan.

Lihat juga: Cara mengatur IndiHome STB.

4. Penggunaan telepon

Anda juga bisa mengecek kuota Indihome melalui telepon. Untuk melakukan ini, Anda perlu menghubungi call center Indihome di 147. Cara ini bisa digunakan bagi Anda yang berlangganan Indihome atau ingin memasang Indihome baru.

Dengan menghubungi call center Indihome, Anda dapat langsung meminta informasi lebih detail mengenai paket Indihome yang tersedia dengan kecepatan mulai dari 10Mbps hingga 300Mbps.

Berikut cara cek kuota indihome untuk klien lama dan cara install indihome untuk klien baru:

Klien baru (instal Indihome)

  1. Hubungi kode area +147 (misal 031147 untuk area Surabaya).
  2. Pilih untuk terhubung ke CS (Layanan Pelanggan).
  3. Setelah terhubung, minta detail paket yang akan Anda instal dan kuota yang akan Anda terima nanti.

Pelanggan lama (cek kuota Indihome)

  1. Siapkan nomor Indihome Anda.
  2. Hubungi kode area +147.
  3. Pilih untuk berbicara dengan dukungan.
  4. Nanti kamu akan ditanya nama dan nomor Indihome kamu.
  5. Lalu tanyakan: “Berapa sisa kuota yang ada?”

5. Penggunaan jejaring sosial

Indihome juga memiliki jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Nah, kamu juga bisa bertanya seputar penggunaan internet atau sisa kuota Indihome melalui media sosial Indihome.

Berikut cara cek kuota Indihome melalui Facebook Fanspage Indihome:

  1. Kunjungi FP Indihome.
  2. Lalu kirimkan pesan yang ingin ditanyakan, seperti “Hai kakak, berapa sisa kuota internet Indihome saya?”
  3. Anda kemudian akan diminta untuk memberikan nama dan nomor indiehome Anda untuk verifikasi.
  4. Harap berikan nama Indihome dan nomor internet Anda.
  5. Tunggu beberapa detik hingga CS merespon dan memberikan informasi sisa kuota koneksi internet indihome.

6. Pergi ke kantor IndiHome.

Selain cara di atas, bagi kamu yang masih mendung dengan internet, kamu juga bisa cek kuota langsung di kantor Indihome terdekat. Nanti ada karyawan Indihome, tanya di sana.

Nanti kamu akan cek sisa kuota internet indihome kamu, jangan lupa siapkan juga nomor internet indihome kamu, karena nanti kamu akan ditanya apakah perlu cek kuota.

Kesimpulan

Informasi penggunaan kuota internet IndiHome saat ini sangat penting. Hal ini dikarenakan IndiHome saat ini memberikan FUP atau Kebijakan Penggunaan Wajar yang akan mengakibatkan kecepatan internet menjadi lebih lambat jika FUP tersebut terpenuhi.

Selain itu, terlalu banyak pengguna juga dapat menyebabkan Indihome Anda mencapai FUP dengan cepat. Oleh karena itu, Anda harus sering memeriksa pengguna Wi-Fi karena perangkat yang tidak dikenal mungkin terhubung.

Buat kamu yang ingin membatasi jumlah pengguna wifi yang terkoneksi, kamu bisa mencoba cara membatasi pengguna wifi indihome.

Pertanyaan dan jawaban

Di sini Anda telah merangkum beberapa pertanyaan umum dari pengguna dan mungkin pertanyaan yang juga ingin Anda tanyakan.

Apa itu FUP?

FUP atau Kebijakan Penggunaan Wajar adalah batas kecepatan internet untuk paket unlimited jika pengguna telah melewati batas penggunaan kuota yang ditentukan. Dengan kata lain, Internet masih bisa digunakan, tetapi kecepatannya berkurang.

Bagaimana cara cek kuota IndiHome dan FUP melalui handphone?

Melalui aplikasi myIndiHome, website IndiHome dan SMS.

Bagaimana cara cek kuota IndiHome dan FUP melalui komputer/laptop?

Melalui situs resmi IndiHome

Demikian pembahasan singkat dari teknoinside tentang cara cek kuota FUP IndiHome dan IndiHome melalui aplikasi, website resmi dan SMS. Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda mengecek kuota serta FUP IndiHome yang Anda gunakan.


https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   16+ Cara Mengatasi HP Android Lemot: Semua Merk