Berita yang cukup tak terduga datang dari raksasa real estate, Tanah Agung Podomoro. Dia memutuskan untuk menjual sahamnya di Central Park Mall.

Jadi apa yang ada di balik keputusan ini dan siapa yang membelinya? Simak artikel Finansialku selanjutnya untuk informasi lebih lanjut!

Central Park Mall Dijual oleh Agung Podomoro Land

Raksasa real estate Indonesia Agung Podomoro Land (APLN) telah menjual sahamnya di Central Park Mall. Secara total, mereka melepas 85% saham mereka di mal ini.

Hal itu ditegaskan oleh keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada tanggal 22 September 2022, Agung Podomoro Land mengalihkan kepemilikan 149 apartemen di Central Park kepada CPM Assets Indonesia.

Setidaknya total penjualan mencapai Rp 4,53 triliun. Kemudian, pada 23 September 2022, perseroan melakukan penyertaan saham baru CPM Assets Indonesia sebesar 28,58% dari saham yang dikeluarkan.

Alasan Jual Central Park Mall

Lantas apa yang melatarbelakangi keputusan Agung Podomoro Land menjual Central Park Mall? Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut, antara lain sebagai berikut.

#1 Lunasi hutang

Faktor pertama dalam penjualan ini adalah pembayaran utang kepada Guthrie Venture Pte Ltd. Jatuh tempo utang adalah 20 November 2022.

#2 Memberikan dampak positif bagi kinerja keuangan perusahaan

Kemudian penjualan ini dapat memberikan dampak positif bagi kondisi keuangan perusahaan terutama dari segi likuiditas.

“Transaksi tersebut berdampak positif terhadap operasional dan kondisi keuangan perusahaan, terutama likuiditasnya, karena perusahaan berhasil melunasi dan melunasi seluruh utangnya kepada Guthrie Venture Pte. OOO” kata Direktur Agung Podomoro Land, Cesar M. Dela Cruz, saat launching Cnbc Indonesia (19/10).

#3 Membeli saham baru

Alasan kedua, dana hasil penjualan akan digunakan untuk membeli saham baru yang diterbitkan oleh CPM Assets Indonesia sebesar 28,58%.

“Selain itu, penyelesaian transaksi juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan keuangan perseroan ke depan, mengingat perseroan masih memiliki (secara tidak langsung melalui CPM Assets Indonesia) pusat perbelanjaan Central Park.” tulis perseroan dalam keterbukaan informasi yang mengutip Cnnindonesia.com (19/10).

Ini adalah pesta yang membeli mal Central Park

Sekarang pertanyaannya, siapa pihak yang membeli Central Park Mall dari Agung Podomoro Land? Jawabannya adalah Hankyu Hanshin Properties Corp, sebuah perusahaan real estate Jepang.

Kepemilikan tersebut diperoleh melalui transaksi dengan CPM Assets Japan LLC (CPMAJ), anak perusahaan Hankyu Hanshin Properties Corp.

Setelah akuisisi ini, Agung Podomoro Land masih memiliki 28,58% saham di CPM Asset Indonesia. Pada saat yang sama, 71,42% sepenuhnya dikendalikan oleh Hankyu Hanshin.

[Baca Juga: Bukalapak Rambah Bank Digital, Optimisme yang Tinggi?]

Alasan Mengapa Hankyu Hanshin Properties Corp. BPS

Tentu saja, ada beberapa alasan di balik ketertarikan Hankyu Hanshin Properties Corp. membeli pusat perbelanjaan Central Park. Berikut adalah beberapa di antaranya:

#1 Pembangunan ekonomi berkelanjutan

Alasan pertama, saat ini Indonesia terus mencapai pembangunan ekonomi yang dilandasi oleh ekspansi pasar konsumen yang sangat kuat. Perluasan ini juga didukung oleh jumlah penduduk yang besar.

#2 Lokasi strategis

Kemudian alasan kedua adalah lokasi pusat perbelanjaan Central Park yang strategis.

Mal yang terletak di Podomoro City, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat ini merupakan salah satu kawasan yang paling berkembang di Asia Tenggara.

Belum lagi pusat perbelanjaan Central Park yang letaknya sangat dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan pintu gerbang ke mancanegara.

Fitur dan Peluang Mal Central Park #3

Tak lupa, raksasa real estate asal Jepang itu juga mencermati berbagai fitur dan fasilitas yang bisa ditemukan di mal ini.

Pusat Perbelanjaan Central Park memiliki ruang terbuka yang luas, bioskop, universitas, dan fasilitas lainnya yang dapat menarik berbagai macam pengunjung. cekungan drainase Lebih lebar.

Tidak hanya itu, salah satu pusat perbelanjaan terkenal juga sering Titik pertemuan dari berbagai kalangan seperti pekerja kantoran, pebisnis, hingga tamu hotel.

Informasi singkat tentang Hankyu Hanshin Properties Corp.

Hankyu Hanshin Properties Corp. – perusahaan real estate dari Negeri Matahari Terbit, didirikan pada 17 Februari 1947.

Bidang usaha yang mereka kelola terutama di bidang real estate, antara lain persewaan ruang perkantoran dan komersial, pengembangan real estate, pengelolaan lahan, dan perumahan.

Belum lagi, Hankyu Hanshin juga telah memasuki bisnis apartemen, rumah tanah, tanah perumahan, manajemen sewa properti, optimalisasi penggunaan lahan, dan banyak lagi.

Secara singkat tentang pusat perbelanjaan Central Park

Central Park Mall sendiri merupakan salah satu mall terpopuler di Jakarta, bahkan di Indonesia. Mal ini pertama kali dibuka pada 9 September 2009.

Central Park Mall meliputi area seluas 655.000 meter persegi. Setidaknya kawasan Central Park Mall terdiri dari 56 lantai bangunan tempat tinggal (apartemen), 42 lantai perkantoran, 9 lantai pusat perbelanjaan dan 12 lantai hotel.

[Baca Juga: Daftar 10 Mall Terbesar di Indonesia, No 1 Bukan di Jakarta!]

Mungkin teman keuangan saya mengunjungi mal ini. Tentu saja kabar penjualan Central Park Mall oleh Agung Podomoro Land ini menarik perhatian banyak pihak, terutama investor.

Nah, dengan adanya kabar ini, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi di saham CPM atau malah? Tanah Agung Podomoro?

YatesJangan terburu-buru. ayopelajari lebih lanjut tentang cara mendapat untung dari berinvestasi di saham buku Elektronik Keuangan saya di bawah. Klik spanduk sebaik unduh saat ini!

E-book Banner Promosi Petunjuk Cara Dapat Untung di Gudang - PC

Juga, jika teman keuangan saya memiliki pertanyaan atau membutuhkan nasihat keuangan, mari diskusikan dengan perencana keuangan saya melalui Aplikasi Keuangan saya atau buat janji temu via whatsapp di nomor 0813-1646-8488.

Demikian informasi mengenai Central Park Mall yang di jual oleh Agung Podomoro Land. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Redaktur: Ratna Sri H.
Sumber referensi:

  • Merahtindakan. 19 Oktober 2022 Agunga Podomoro menjual aset di Central Park Mall seharga Rs 4,5 triliun. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3yUcDUL
  • Merahtindakan. 19 Oktober 2022 Alasan Agung Podomoro Jual Central Park Rp 4,5 Triliun. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3rpNUmW
  • BukitB. Alexander. 18 Oktober 2022 Untuk itu, raksasa Jepang itu mengakuisisi Central Park Mall Jakarta.. Kompas.com – https://bit.ly/3yUpQwA
  • Hilda B Alexander. 18 Oktober 2022 Profil Hankyu Hanshin, Raksasa Jepang, Penguasa Baru Central Park Mall Jakarta. Kompas.com – https://bit.ly/3CMsi9M




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   10 Negara Dengan Utang Terbanyak 2022, Indonesia Termasuk?