Dalam hal ini, Anda akan membagikan metode yang dapat Anda gunakan untuk mencetak NISN secara online, serta aplikasi Excel yang nantinya dapat digunakan untuk mencetak peta NISN dengan versi terbaru 2019/2020.

Ada beberapa cara untuk mencetak peta NISN, namun cara yang paling mudah untuk mencetak NISN secara online adalah dengan mengunjungi situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di http://nisn.data. kemdikbud.go.id/page/data.

Baca juga: Cara Cek NISN.

Cara cetak NISN online

Dan bagi anda yang ingin menggunakan cara cetak nisn ini bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Kunjungi website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengikuti tautan http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Dan setelah itu, masukkan 10 digit NISN Anda serta nama orang tua Anda di formulir yang disediakan.

2. Cari data NISN

Jika Anda telah mengisi formulir yang tersedia, Anda dapat langsung mengklik tombol “Cari”, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

3. Serahkan pada petugas

Ada baiknya jika Anda memasukkan NISN serta nama ibu kandung dengan benar atau valid dengan informasi yang tercatat di cek.

Langkah selanjutnya adalah operator sekolah mencetak data NISN. Cara ini sangat sederhana karena Anda hanya perlu menekan CTRL + P dan setelah halaman dokumen yang dicetak muncul, Anda dapat mengklik tombol cetak.

tanpa orang tua
mencetak

Mencetak Kartu NISN Offline

Adapun aplikasi yang bisa digunakan untuk mencetak peta NISN terbaru tahun 2019, bisa anda dapatkan dari link yang telah kami sediakan dibawah ini.

Download : KLIK DISINI.

Aplikasi pencetakan kartu NISN yang tersedia di atas memiliki kedua versi terbaru, jadi Anda tidak perlu khawatir kartu akan kedaluwarsa.

Aplikasi yang telah kami bagikan ini dapat digunakan untuk mencetak kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dari siswa yang masih duduk di bangku SD, SMP, dan SMA, bahkan untuk siswa SMK secara offline.

Baca juga:   6+ Cara Menggunakan Google Drive (Upload/File/Berbagi)

Lalu bagaimana cara mendapatkan kartu NISN? Seperti yang telah kita ketahui, NISN merupakan identitas mahasiswa yang akan selalu berlaku atau bersifat nasional.

Nomor Induk ini akan diperoleh siswa saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), dan selanjutnya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) akan tetap berlaku sampai siswa tersebut lulus.

NISN merupakan salah satu data penting bagi siswa. NISN juga sering digunakan untuk melengkapi atau melengkapi identitas siswa saat akan mengikuti suatu kegiatan. Fungsi NISN yang telah dikukuhkan adalah sebagai berikut.

  • NISN merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan siswa ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yang digunakan sebagai pendataan dapodik sekolah.
  • Seperti orang di rapor.
  • Seperti ID pada ID siswa.
  • Seperti orang di kartu ujian.
  • Seperti orang di buku utama.
  • Digunakan untuk informasi siswa.
  • Sebagai mahasiswa, data ijazah atau penghargaan tertentu.
  • Sebagai ijazah dan sertifikat CHU.

Tidak jarang terjadi kesalahan saat melakukan pengecekan nomor NISN.

Terkadang tidak ada kecocokan antara identitas siswa dan nomor ID siswa, misalnya ID siswa yang dimasukkan ke dalam brankas tanda terima NISN justru mengungkapkan identitas siswa lain.

Masalah ini tidak jarang terjadi pada operator sekolah yang akan melakukan sinkronisasi data dari dapod sekolah, kesalahan yang mungkin terjadi adalah hilangnya jumlah digit pada nomor induk atau kesalahan ejaan pada 10 digit NISN.

Lihat juga: Aplikasi untuk belajar bahasa Inggris.

Dan cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memastikan terlebih dahulu bahwa nomor yang dimasukkan sudah benar atau valid.

Sebelum melakukan proses pencetakan, agar nantinya saat dibutuhkan lebih cepat dalam pengisian datanya, selanjutnya tidak perlu ditanyakan kepada operator sekolah, cukup untuk memastikan apakah nomor NISN tersebut valid atau tidak. .

Baca juga:   3+ Cara Mengatur Kecerahan Foto di Photoshop: Lengkap

Cara mencetak peta NISN gratis

Terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk mencetak peta NISN, dan dengan aplikasi ini juga akan mempermudah pekerjaan Anda dan mengurangi kerumitan yang biasanya terjadi saat mencetak peta NISN.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi yang Anda unduh dari tautan yang kami sediakan di atas.

1. Unduh Aplikasi Pencetakan NISN.

Langkah pertama tentunya mendownload aplikasi NISN Map Printer gratis. Setelah diunduh, aplikasi akan membuat file RAR.

2. Ekstrak file aplikasi

Jadi, Anda harus mengekstrak file terlebih dahulu dengan mengklik kanan dan memilih “Ekstrak”.

pernyataan offline dari kartu nisn

3. Buka aplikasi dan masuk

Kemudian, jika sudah berhasil diekstrak, tinggal klik dua kali pada aplikasi tersebut. Setelah Anda masuk ke aplikasi, Anda harus login terlebih dahulu.

Anda dapat login dengan gurusd.net dan memasukkan kata sandi gurusd, jika Anda memilikinya, Anda dapat langsung mengklik “Login”.

ksrtu nisn login offline

4. Masukkan kode NISN

Langkah selanjutnya setelah berhasil login adalah anda akan dibawa ke halaman awal dan selanjutnya anda bisa klik tombol “Enter NISN Details”.

Kemudian dilanjutkan dengan mengisi semua formulir yang tersedia pada halaman tersebut. Jika Anda telah melengkapi semua formulir, Anda dapat langsung mengklik atau mengetuk tombol OK.

data pribadi offline kartu nisn

5. Klik Peta NISN.

Langkah terakhir klik tombol NISN Map untuk mencetak peta. Anda dapat memilih siswa untuk dicetak dengan menekan tombol atas dan bawah.

6. Pencetakan kartu

Jika Anda menemukan nama siswa untuk dicetak, Anda dapat mengklik tombol ikon Printer untuk membuat kartu NISN seperti di bawah ini.

pencetakan offline peta nisn

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya, Anda dapat menggunakan situs web yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memeriksa NIS Anda dan mencetak kartu NISN Anda. Anda dapat mengikuti petunjuk di atas untuk lebih jelasnya.

Baca juga:   10 Aplikasi Alternatif Word Terbaik 2022: Gratis dan Fitur Lengkap

Berikut beberapa cara mencetak peta NISN baik secara online maupun offline. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga mempermudah pekerjaan Anda.


https://storyforgeproductions.com