Bicara soal baterai, baterai ponsel ini memiliki umur yang berbeda-beda. Beberapa mungkin memakan waktu beberapa tahun, yang lain hanya beberapa bulan. Kit tersebut akan melihat ciri-ciri baterai ponsel yang rusak dan bocor.

Semuanya kembali digunakan. Satu hal yang pasti: bila baterai rusak, kita harus menggantinya. Pasalnya, ponsel nantinya akan menampilkan error tertentu yang jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan ponsel gagal berfungsi.

Ciri-ciri baterai HP rusak

tanda baterai rusak

Namun saat ini, sedikit orang yang mengetahui apa saja ciri-ciri baterai HP yang perlu diganti? Disini saya ingin membahasnya :

1. Baterai cepat habis

Masalah yang paling umum adalah baterai cepat habis. Dengan catatan di sini dikatakan bahwa ini tidak normal, misalnya Anda menggunakan ponsel Anda sampai jam 12, dan baru-baru ini hanya sampai jam 3.

Fitur lainnya adalah setiap menit baterai akan mengalami penurunan persentase yang tajam. Saya mengalaminya sendiri, satu menit = satu persen baterai. Agar ponsel Anda lebih nyaman digunakan, sebaiknya segera ganti baterainya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Baterai Laptop Mati.

2. Stiker baterai mati

Anda mungkin tahu bahwa ada stiker yang menempel di baterai yang berisi rangkuman spesifikasi baterai.

Beberapa sumber melaporkan bahwa jika stiker baterai mulai terkelupas, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengganti baterai. Untuk berjaga-jaga jika baterai habis di beberapa titik.

3. Baterai lama di Cas

Berapa lama biasanya Anda mengisi baterai? Biasanya HP rata-rata membutuhkan waktu 1 hingga 5 jam, tergantung jenisnya.

Namun, jika Anda merasa pengisiannya tidak normal, misalnya hingga 10 jam tidak penuh, maka baterainya pasti rusak. Ini hanya pengalaman pribadi penulis saja, tk. Selain baterai, komponen lain juga bisa menyebabkan masalah ini.

Baca juga:   5 Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop PC

4. Persentase kesalahan baterai

Sama seperti nomor satu sebelumnya, hanya saja kesalahan yang dimaksud di sini adalah persentase yang suka melompat. Misalnya dari 70% tiba-tiba menjadi 30%.

Akibatnya HP akan tiba-tiba menjadi low, meski kita tidak menyadarinya. Ini tandanya baterai sudah mati dan perlu diganti. Menurut leskompi, rata-rata penyebabnya terkait daya tahan baterai atau pemakaian.

5. Ponsel hanya dapat menyala saat pengisi daya tersambung.

Ponsel harus digunakan meski tanpa diisi ulang (ini memang fungsi dari baterai).

Namun apa jadinya jika baterai hanya menyala saat mengisi daya? Ini adalah masalah yang dihadapi banyak pengguna ponsel yang baterainya rusak parah. Biasanya diikuti dengan kesalahan persentase baterai, serta baterai lama yang sedang diisi.

6. HP suka mati sendiri

Ciri-ciri HP suka mati mendadak saat digunakan. Pada persentase daya berapa pun, bahkan saat masih 90%.

Menurut Leskompi.com, kebanyakan ponsel mati sendiri karena baterai rusak. Alasan rata-rata adalah persentase baterai tidak menunjukkan angka yang benar. Misalnya 90%, dan yang asli hanya 10%. Untuk referensi bisa coba baca Cara Mengatasi HP Mati Sendiri.

Ciri-ciri baterai handphone yang bengkak sangat terlihat pada ukuran baterai yang membesar, seperti menggelembung, dan bisa diatasi dengan cara dioleskan. cara mengatasi baterai handphone yang bengkak.

Cara mengganti baterai HP

Tentu saja mengganti baterai ponsel bukanlah hal yang sulit. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apakah ponsel Anda memiliki baterai yang dapat dilepas atau tidak? Jika bisa dilepas, Anda bisa menggantinya sendiri. Baterai tersedia di toko HP dan pengecer online.

Atau bagi anda yang ingin memperbaikinya, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul “Cara Kalibrasi Baterai Ponsel”.

Baca juga:   5 Cara Mengatasi PPSSPP Force Close Keluar Sendiri

Sedangkan untuk baterai yang tidak dapat dilepas, lebih baik mempercayakan penggantiannya kepada orang lain. Karena casing belakang perlu dilepas, dan kurang cocok untuk pemula. Apalagi jika ponsel Anda masih dalam masa garansi, tentu hal ini akan membatalkan garansi.

Cara merawat baterai HP

cara merawat baterai handphone

Jika Anda sudah menggantinya dan ponsel Anda baik-baik saja setelah kesalahan sebelumnya, saya rasa Anda juga perlu mengetahui apa saja tips menghemat baterai.

1. Gunakan HP seperlunya

Penggunaan ponsel setiap orang berbeda-beda, namun disarankan untuk tidak berlebihan karena dapat cepat merusak baterai HP Anda dalam jangka panjang. Cara termudah adalah membiarkan ponsel beristirahat pada waktu tertentu.

2. Jangan gunakan ponsel Anda saat sedang diisi.

Menurut pengalaman saya, kebanyakan ponsel yang sering digunakan saat mengisi daya akan lebih cepat merusak baterai. Tidak jarang, bahkan hanya dalam beberapa minggu.

3. Jangan biarkan ponsel Anda kepanasan

HP yang terlalu panas (overheating) lama kelamaan akan cepat merusak baterai. Anda harus selalu mengoptimalkannya jika ingin baterai bertahan lebih lama.

4. Jangan sampai baterai habis sama sekali

Beberapa sumber mengatakan bahwa saat menggunakan ponsel, disarankan untuk tidak pernah membiarkan baterai habis (hingga 0%). Sebaiknya segera isi daya saat persentase baterai menunjukkan 25% – 40%.

5. Optimalisasi sistem di ponsel Anda

Menurut penjelasan doktekno, selain faktor eksternal, sistem juga harus diperhatikan. Teknik optimasi dapat dilakukan dengan menurunkan kecerahan layar, mematikan koneksi internet atau WIFI saat tidak digunakan, atau menghentikan aplikasi yang sedang berjalan.

6. Kurangi Penggunaan Power Bank

Powerbank adalah alat yang sangat praktis, kita dapat mengisi daya ponsel kita saat habis, di mana saja, kapan saja. Namun pengisian daya yang baik adalah dengan menggunakan charger dan langsung dari sumber listrik yang benar, hal ini akan memperpanjang umur baterai.

Baca juga:   4+ Cara Mematikan Keyboard Laptop PC: Lengkap

Ini semua untuk menjelaskan ciri-ciri baterai HP yang rusak dan perlu diganti. Ternyata ada beberapa hal yang harus diwaspadai, mulai dari kesalahan pengambilan sampel hingga penggantian baterai. Tentu saja, Anda juga tidak bisa melewatkan tips agar baterai Anda lebih tahan lama.


https://storyforgeproductions.com