Photoshop memang sudah dikenal sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Ada jutaan pengguna Photoshop dari seluruh dunia, dari pemula hingga pengguna tingkat lanjut.

Adobe Photoshop memiliki banyak fitur untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengedit. Tentunya saat menggunakan fitur tersebut, pengguna juga perlu memiliki skill yang perlu dipelajari terlebih dahulu.

Lihat juga: ukuran foto.

Salah satu fitur utama photoshop adalah cropping atau cropping foto. Nah pada kesempatan kali ini Teknoinside akan membagikan tutorial cara crop foto atau crop foto dengan photoshop, bagi anda yang belum mengetahui caranya bisa mengikuti panduan berikut ini.

Cara memotong foto di Photoshop

cara crop foto di photoshop untuk pemula

Di aplikasi edit foto instan lainnya, Anda dapat mengatur foto dengan sangat mudah. Tetapi hal yang berbeda jika Anda menggunakan software Photoshop untuk ini.

Karena Photoshop memiliki antarmuka yang agak rumit, sehingga pemula akan kebingungan saat pertama kali menggunakannya.

Langsung saja step by step cara crop foto di photoshop untuk pemula :

Pelatihan

Sebelum kita memulai proses pemotongan foto dengan Photshop, ada beberapa bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • program photoshop. Pertama tentunya sobat harus sudah atau sudah menginstall photoshop di laptop atau PC sobat, sobat bisa menginstal versi apapun. Jika Anda dapat menginstal versi terbaru maka tidak ada perbedaan besar dalam langkah-langkahnya.
  • Sebuah foto. Kedua, Anda juga harus menyiapkan foto yang ingin Anda crop atau crop. Anda dapat menggunakan foto Anda sendiri atau menggunakan objek tertentu yang ada di sekitar Anda.

Cara memotong foto di Photoshop

Langkah-langkah crop gambar atau crop gambar dengan photoshop tidaklah sulit, langkah-langkahnya cukup sederhana dan pasti bisa kamu ikuti. Langsung saja, inilah cara memotong foto di Photoshop:

Baca juga:   8+ Aplikasi Alarm Android Gratis: Terbaik 2022

1. Buka aplikasi Photoshop.

Buka aplikasi Adobe Photoshop yang Anda install tadi. Lalu klik Mengajukan > membuka > Pilih file gambar yang ingin Anda potong atau potong.

2. Gunakan Alat Pilih Cepat

Jika gambar sudah terbuka di Photoshop, pilih Alat Seleksi Cepat di menu sebelah kiri. Klik kanan ikon alat untuk melihat submenu yang tersedia.

cara memotong foto dengan photoshop

Apa itu Alat Seleksi Cepat? Ini adalah fitur Photoshop yang fungsinya untuk memilih objek fotografi secara otomatis. Dengan alat ini, Anda tidak perlu mengatur garis seleksi pada objek secara manual, dan dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan.

3. Pemilihan gambar

Buat seleksi dengan alat seleksi cepat, klik pada gambar yang ingin Anda potong dan sesuaikan sampai objek dipilih dengan sempurna.

cara memotong foto di photoshop 2

4 Pangkas gambar

Jika dipilih dengan benar, foto sekarang siap untuk dipotong. Anda dapat memotong foto dengan mengklik Ctrl + X.

Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :

cara memotong foto di photoshop 3

5. Buat kanvas baru

Meski gambar sudah di-crop, tutorial di atas belum selesai. Langkah selanjutnya adalah membuat kanvas baru dengan mengklik Ctrl+Nmengatur kanvas agar sesuai dengan ukuran tanaman atau membuatnya lebih besar.

6. Hasil pemangkasan

Jika sudah maka hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini. Objek yang sebelumnya dipilih dan dipotong akan diposisikan di kanvas yang baru saja Anda buat sebelumnya.

cara memotong foto di photoshop 4

7. Simpan foto

Setelah Anda berhasil memotong foto yang diinginkan dan berhasil, langkah selanjutnya adalah menyimpan atau menyimpan foto. Bagaimana? Anda tinggal klik Ctrl + C dan pilih format file gambar yang diinginkan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Mengapa saya tidak bisa mengikuti langkah-langkah di atas?

Alasan ini tidak berhasil mungkin karena gambar yang Anda potong atau pangkas tidak jelas/buram. Atau mungkin Anda melewatkan langkah-langkah di atas. Kalau masih bingung bisa tanya di komentar apa masalahnya.

Apakah ada alternatif selain photoshop?

Anda dapat menggunakan Photoshop online jika Anda belum menginstal Adobe Photoshop di laptop Anda.

Jadi, inilah cara memotong/memotong foto dengan Photoshop, yang dapat dibagikan oleh Teknoinside. Semoga bermanfaat dan membantu Anda memotong foto yang Anda inginkan. Jika masih bingung dengan cara di atas, silahkan bertanya di kolom komentar, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com