Tiga emiten real estate yang terdaftar di bursa saham bangkrut, ca. bagaimana nasib investor, ya?

Cari tahu lebih lanjut di artikel Keuangan Saya berikutnya.

Daftar emiten yang pailit

Ada tiga daftar emiten yang pailit. Ketiganya merupakan emiten properti yang beberapa waktu lalu dinyatakan pailit.

Ketiga emiten tersebut adalah PT Forza Land Indonesia Tbk. (FORZ), PT Hanson International Tbk. (MYRX) dan PT Cowell Development Tbk. (TOPI).

BEI menyatakan tiga emiten yang tercatat dalam pailit karena tidak mampu membayar utangnya kepada kreditur.

PT Forza pailit pada 12 September 2022 membatalkan kontrak No. 25/Pdt/Sus-Pembatalan Damai/2022/PN.Niaga Jkt.Pst.

Kemudian jalankan halaman pasar.bisnis.comBEI telah memberlakukan penghentian sementara perdagangan efek, atau suspensi saham FORZ, efektif sejak sesi perdagangan pertama pada Kamis (10,06) kemarin.

[Baca Juga: Kalau Punya Uang Rp10 Juta, Baiknya Dipakai untuk Apa?]

Sementara itu, emiten milik terpidana korupsi Jiwasraya Benny Tjokrosaputro sebelumnya diumumkan BEI telah menyelesaikan masa penangguhan 30 bulan terhitung sejak 16 Juli 2022 kemarin.

Oleh karena itu, penerbit ini berhak untuk menghapus daftar dari pasar saham.

Pada 2020, BEI menangguhkan emiten ini karena perusahaan gagal melunasi pinjaman individu sebesar Rp 2,66 triliun.

Hal ini akhirnya memaksa emiten properti ini untuk memilih opsi debt-to-equity.

Kemudian jalankan halaman investasi.kontan.co.idBEI Sebut COWL Menguji Potensi menghapus daftarkarena masa penangguhan saham COWL sudah mencapai 24 bulan.

Hal itu mengacu pada surat keterangan Peng-SPT-00016/BEI.PP3/07-2020 yang terbit pada Juli 2020.

Bagaimana Nasib investor?

Investor yang masih memiliki satu atau bahkan tiga perusahaan ini dalam portofolionya tentu merasa terancam dengan potensi uang yang mereka “investasikan” di perusahaan tersebut.

halaman awal innews.idSaya Gede Nyoman Yetna, direktur penilaian perusahaan di BEI, mengatakan investor harus terus membaca pengungkapan informasi.

Mereka harus menggunakan ini sebagai dasar untuk keputusan investasi mereka di masa depan.

[Baca Juga: Resesi 2023 Bakal Terjadi? Ini yang Harus Dilakukan!]

Selain itu, dapat menyelamatkan mereka dari risiko masalah legaltermasuk kebangkrutan perusahaan nantinya.

“Untuk itu, investor harus mewaspadai risiko produksi perusahaan, memperhatikan setiap pengumuman perusahaan, termasuk exchange notice, sehingga bisa segera mengambil keputusan investasi.” Katanya, mengutip laman yang sama, Kamis (10/6).

Sebagai regulator, Nioman juga menambahkan bahwa BEI terus meminta perusahaan terkait untuk secara berkala melaporkan berbagai perkembangan di jalur pengungkapan.

Dengan melakukan hal-hal yang juga wajib bagi perusahaan, BEI juga mengharapkan perusahaan mampu meyakinkan investor.

BEI berharap perusahaan dapat meyakinkan investor tentang dampak dan apa yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi.

Putusan pengadilan tentang kepailitan juga berlaku untuk masalah yang sama.

“Administrasi bursa juga memberikan tanda khusus dan penangguhan dalam hal hal ini menyebabkan kebangkrutan. Ini dilakukan untuk melindungi kepentingan investor.” katanya, meluncurkan halaman yang sama.

Jika masalah kepailitan ini tidak segera diselesaikan, BEI akan mengambil tindakan. menghapus daftar atau pemindahan paksa perusahaan.

Dalam perkembangannya, BEI akan membagikan informasi ini kepada Direksi, Dewan Komisaris dan pemegang saham mayoritas.

“Selain itu, bursa juga melarang pihak-pihak tersebut menjadi direksi, dewan komisaris, atau pengendali perusahaan yang akan dicatatkan di bursa.” lanjut Newman.

Harus menjadi pribadi

Terakhir, mengacu pada POZhK No.3/POZhK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal, perusahaan, menghapus daftar harus ditebus dan pergi pribadi.

Perusahaan perlu melakukan hal ini untuk melindungi hak-hak investor di pasar modal yang belum terealisasi.

Oleh karena itu, investor harus rajin mencari informasi terkini mengenai emiten terkait agar haknya tetap dijalankan oleh perusahaan.

Saat ini,teman keuangan saya bisa mendapatkan informasi tentang perspektif promosi setiap minggu lengkap dengan rekomendasi promosi di artikel Perkiraan investasi.

Selain itu, Anda juga dapat memperluas pengetahuan Anda tentang cara mendapatkan keuntungan dari saham dengan buku Elektronik gratis di sini!

E-book Banner Promosi Petunjuk Cara Dapat Untung di Gudang - PC

Apa pendapat Anda tentang tiga daftar emiten yang pailit? Mari berdiskusi bersama di kolom komentar!

Disunting oleh: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

  • Dinar Fitra Magisa. 06 Oktober 2022 3 emiten real estate dinyatakan pailit, tapi bagaimana dengan investor?. Inews.id – https://bit.ly/3CzKhAf
  • Patricia I.shinta desi abigail. 07 Oktober 2022 Tiga Emiten Real Estate Bangkrut, Bagaimana Pengawasan BEI?. Data.co.id – https://bit.ly/3ejRVX3
  • Yuliana Xem. 15 Juli 2022 Bangkrut dan delisting, itu syarat Cowell Development (COWL). Investasi.kontan.co.id – https://bit.ly/3ed7ShL
  • Nuhansa Micrefin Yoedo Putra. O6 Oktober 2022 Daftar 5 emiten yang pailit dan berpotensi delisting. Market.business.com – https://bit.ly/3Md4akJ




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia, Minat?