Pemerintah mengumpulkan data terkait dengan daftar kekuatan honorer non-pegawai negara yang akan ditransfer ke outsourcing. Jadi apa profesi ini? Dan bagaimana cara mengecek pendataan non-PNS?

ayosimak artikel Finansialku selanjutnya untuk informasi lebih lanjut!

Pemerintah mendata pegawai honorer yang bukan PNS

Bersama dengan keputusan untuk menghapus staf kehormatan di lingkungan instansi pemerintah, pemerintah saat ini masih mengumpulkan data yang relevan daftar kekuatan honorer non-pegawai negara/ASN.

Nantinya, tenaga honorer yang bukan PNS akan berubah status menjadi purna waktu. outsourcing.

Dalam keterangannya, Deputi Sistem Informasi SDM (Sinka) B.K.N. Suharman menegaskan, pendataan ini bertujuan untuk memetakan kondisi pegawai non-ASN.

Sehingga langkah ini juga dapat membantu pemerintah dalam menentukan kebijakan strategis bagi para pegawai tersebut.

Band kehormatan termasuk pendataan non-ASN

Selain itu, Suharman juga menjelaskan ada dua kelompok yang termasuk dalam pendataan pegawai non-PNS.

Pengelompokan ini sejalan dengan MenPAN-RB B/1511/M.SM.01.00/2022 tentang pendataan pegawai non-ASN di instansi pemerintah.

Kedua kelompok tersebut antara lain: kategori staf kehormatan II yang masuk dalam database BKN, serta pegawai non-ASN yang bekerja di lingkungan instansi pemerintah.

Beberapa kelompok pekerja honorer lainnya, seperti petugas kebersihan, satpam, dan pengemudi termasuk dalam kelompok yang tidak akan didaftarkan. Kemudian pegawai yang memiliki Surat Kontrak (SK) di atas tahun 2021 akan sama.

“Ada petugas kebersihan, pengemudi, satpam, dan pekerjaan outsourcing lainnya yang tidak termasuk dalam laporan. Pegawai yang surat kontraknya (SK) lebih tinggi dari kontrak 2021 juga tidak masuk daftar,” demikian pesan tersebut. kata Suharman, peluncuran detik.com (31/08).

Pada saat yang sama, ia juga menambahkan bahwa kelompok yang tidak terhitung termasuk pegawai Badan Layanan Umum (BLD) dan pegawai dengan pengalaman kerja kurang dari 1 tahun.

Berikut ini adalah ringkasan dari karyawan yang: TIDAK termasuk dalam pendaftaran tanpa ASN:

  • pegaBadan Layanan Umum Wai
  • pegaBadan Layanan Umum Daerah Wai
  • DudukBiaya Keamanan (Satpam)
  • Suratkonten lain dibayar oleh mekanisme outsourcing.
  • Pegawai dengan SK diatas 31 Desember 2021 atau pegawai yang belum memiliki pengalaman kerja 1 tahun dengan mekanisme pembayaran APBN.

[Baca Juga: Intip 10 Perusahaan dengan Gaji Karyawan Terbesar di Indonesia]

Perlu ditegaskan di sini bahwa pegawai non-ASN yang telah terdaftar dalam daftar tersebut tidak serta merta menjadikannya pegawai ASN. Karena mereka memiliki proses panjang di depan mereka.

“Itu salah satu tujuannya. Tapi tentu ada bahasa politiknya. Tapi pentingnya pendataan ini untuk membentuk personel non-ASN secara manusiawi.” dia menambahkan.

Kriteria band honorer yang boleh masuk ASN

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena sekelompok pegawai honorer masih berpeluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Anda bisa mendapatkan fitur ini dengan mengikuti Pilihan CPNS atau PPPC.

Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa kriteria atau ketentuan berikut ini, antara lain:

  • kirimantus sebagai pegawai honorer kategori II, terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara, serta pegawai yang bukan pegawai ASN yang bekerja di instansi pemerintah.
  • Mempmenerima gaji/biaya melalui mekanisme pembayaran langsung melalui mekanisme APBN atau APBD, dan bukan melalui mekanisme pembelian barang atau jasa oleh orang pribadi atau pihak ketiga.
  • Duluditunjuk oleh setidaknya kepala ketiga unit
  • Memiliki bdengan setidaknya satu tahun pengalaman kerja per 31 Desember 2021
  • Usia minimal 20 tahun dan maksimal 56 tahun per 31 Desember 2021.

Mekanisme pendataan tanpa ASN 2022

Bagi Anda yang saat ini bekerja sebagai pekerja tidak tetap, berikut informasinya mengenai: Mekanisme Pendataan Non-ASN 2022 apa yang penting untuk Anda ketahui.

Mekanisme tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Pengurus instansi mendaftarkan anggota kehormatan atau bukan pegawai ASN pada instansi. Pegawai non-ASN yang dapat didaftarkan adalah pegawai yang masih aktif bekerja.
  1. Dalam proses pendaftaran ini, pengelola lembaga harus memverifikasi dan menyetujui data honorer.
  1. Kemudian lembaga juga berkewajiban untuk menyelesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan.
  1. Instansi juga harus mengunggah SPTJM (Surat Tanggung Jawab Mutlak). Langkah ini merupakan langkah terakhir dalam proses pengumpulan data.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui alur pendataan agar dapat mengisi informasi dengan benar. Aliran-aliran tersebut antara lain sebagai berikut:

  • tenanon-permanen atau non-ASN membuat akun pendataan yang harus didaftarkan oleh masing-masing instansi.
  • pegawai terhormat atau non ASN dapat mendaftar untuk dapat melacak, memverifikasi dan melengkapi riwayat pekerjaan.
  • KemRangkuman hasil undian berupa kartu informasi pendataan tanpa ASN dapat langsung dicetak.
  • Penyelesaian sejarah oleh tenaga honorer atau non-ASN akan selesai segera setelah lembaga mengumumkan selesai.

[Baca Juga: Gaji Dua Digit, Tapi Kenapa Belum Bisa Beli Rumah, ya?]

Apa ini Pengalihdayaan?

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah apa ini outsourcing? Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, outsourcing mengalihkan sebagian pekerjaan ke perusahaan lain.

Setidaknya ada dua mekanisme untuk penyerahan beberapa pekerjaan, termasuk penutupan kontrak kerja atau penyediaan tenaga kerja atau layanan tenaga kerja.

Sejarah outsourcing di Indonesia

Di Indonesia sendiri outsourcing menjadi terkenal ketika Presiden Megawati Sukarno Putri mulai menerapkan kebijakan ini dan itu diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Dengan undang-undang ini, dia secara hukum mengatur keberadaan perusahaan outsourcing di tanah air. Jadi perusahaan outsourcing wajib memenuhi hak-hak karyawan.

Gaji karyawan Pengalihdayaan

Nah, bagaimana sistemnya? gaji karyawan outsourcing? Untuk sistem pengupahan atau gaji pegawai outsourcing akan ditanggung oleh instansi atau perusahaan penyedia jasa yang mempekerjakannya.

Sebagai aturan, perusahaan yang menggunakan jasa karyawan dan penyedia layanan outsourcing menyepakati rumus perhitungan 1,8x gaji karyawan outsourcing.

Misalnya berdasarkan kesepakatan gaji antara karyawan dengan perusahaan jasa. outsourcing yaitu 4.000.000 rupiah.

Kemudian perusahaan outsourcing akan meminta 1,8 kali gaji berdasarkan kontrak dengan karyawan kepada perusahaan yang membutuhkan karyawan outsourcing. Maka perhitungannya adalah:

1,8 x Rp 4.000.000 = Rp 7.200.000

Dari angka tersebut didapat kelebihan Rp 3.200.000, yang biasanya dikembalikan kepada pegawai dalam bentuk lain seperti BPJS, tunjangan dan sebagainya.

Kelola keuangan terlepas dari pekerjaan

Berdasarkan informasi di atas, Anda sebagai pegawai tidak tetap di suatu instansi pemerintah dapat mengetahui status Anda yang sebenarnya. Apakah masuk dalam daftar non-ASN atau tidak.

Anda juga memiliki kendali langsung atas proses pengumpulan data untuk memastikannya lengkap, akurat, dan sesuai.

Namun, meskipun statusnya telah berubah menjadi outsourcing, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda akan menerima gaji sesuai dengan hukum yang berlaku.

Anda bahkan mungkin memiliki opsi untuk menjadi ASN berdasarkan peraturan yang ada.

Last but not least, Anda juga perlu mengelola keuangan pribadi Anda dari gaji yang Anda terima setiap bulannya. Sehingga pos keuangan dapat terdistribusi dengan baik sesuai dengan kebutuhannya.

Jika Anda masih tidak yakin tentang manajemen penggajian, Anda bisa mendapatkan detail lengkapnya di buku Elektronik di bawah itu. ayocukup klik pada spanduk untuk unduh e-bookdia sekarang. Gratis!

E-book “Panduan Manajemen Karyawan yang Sukses”

Unduh sekarang, GRATIS!!!

Jika Anda memiliki pertanyaan keuangan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami di Aplikasi Keuangan saya atau buat janji temu via whatsapp di nomor 0851 5698 8473.

Demikian informasi mengenai daftar komposisi honorer PNS. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Redaktur: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

  • Ilyas Fadila. 31 Agustus 2022 Mau dihapus, ini daftar honorer yang tidak masuk pendataan PNS. Detik.com – https://bit.ly/3AZhRje
  • Annisa Nur Fadillah. 30 Agustus 2022 Daftar pegawai honorer yang di-outsource, apakah Anda termasuk? Periksa segera!. Ayobandung.com – https://bit.ly/3Q0ZnTR
  • Intan Shirley Monica. 28 Agustus 2022 Berikut Pedoman Pendataan Non-ASN 2022. Perhatikan data pegawai honorer dengan benar! Unduh sekarang. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3CE9eMq
  • Muhammad Idris. 08 Juli 2021. Apa Itu Outsourcing: Pengertian, Contoh dan Aturan di Indonesia. Kompas.com – https://bit.ly/3e88p4a
  • administrator. Bingung menentukan gaji karyawan outsourcing? Berikut perhitungannya. Talenta.co – https://bit.ly/3q3yxzL




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   3 Cara Cek Pulsa Axis lewat Dial, Aplikasi dan Web 2022