Daftar isi merupakan salah satu komponen wajib yang harus terdapat dalam sebuah buku, skripsi, artikel atau jurnal. Oleh karena itu, penulis harus mencantumkan daftar isi dalam bukunya.

Namun sayangnya masih ada yang belum mengetahui cara membuat daftar isi secara otomatis di microsoft word, sehingga masih banyak orang yang membuat daftar isi secara manual. Yaitu dengan hanya mengetik titik lurus.

Daftar isi berguna untuk membuat daftar urutan bab. Isi esai disusun berdasarkan bab-bab dalam esai, diikuti dengan urutan halaman yang benar. oleh karena itu, daftar isi sangat diperlukan dalam buku agar pembaca dapat dengan mudah menemukan wanita yang ingin dibacanya.

Fungsi Konten

Oleh karena itu, saya akan memberi tahu Anda cara membuat daftar isi di Word secara otomatis dan rapi. Ada banyak manfaat memiliki daftar isi dalam sebuah buku, diantaranya.

1. Mudah mencari informasi

Seperti yang kita ketahui open content terdiri dari bab dan sub bab, untuk memudahkan pembaca menemukan bab yang tepat maka pembaca sangat membutuhkan daftar isi.

Hal ini karena bab ini biasanya menjelaskan isi buku sehingga memudahkan pembaca menemukan apa yang ingin dibaca hanya dengan membaca bab-bab tersebut.

2. Informasi yang disajikan dalam buku

Memang ada beberapa buku yang menuliskan sinopsis di bagian akhir buku, yang tujuannya untuk memberikan ringkasan dari topik yang dibahas dalam buku tersebut. Halaman daftar isi berisi informasi tentang topik yang dibahas dalam buku, termasuk bab dan subbagian.

Lihat juga: Cara membuat watermark di Word.

Cara membuat daftar isi secara otomatis di Word

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara membuat daftar isi secara otomatis di word. Jadi bagi anda yang ingin membuat daftar isi di Word tidak perlu membuang waktu, karena dengan cara ini anda bisa membuat daftar isi dengan cepat. Berikut cara membuat daftar isi secara otomatis.

1. Periksa fungsi tajuk

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan fungsi header dan fungsi subheading, alias header 1 dan header 2. Kita dapat memeriksa apakah fungsi header aktif di toolbar kiri.

cara membuat daftar isi di word

Jika belum ada blok navigasi di sebelah kiri, kita harus menunjukkannya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik Melihatlalu aktifkan fitur tersebut Bilah navigasi.

cara membuat daftar isi di word

Setelah itu akan muncul kolom navigasi, lihat apakah sudah muncul detail untuk heading 1 dan heading 2. Jika kolom navigasi masih kosong, berarti heading dan subheading sudah tidak aktif.

Baca juga:   10+ Aplikasi Membuat Undangan Android: Terbaik 2022

2. Aktifkan fungsi tajuk

Jika tidak ada daftar di bilah alat di sebelah kiri, kami tidak dapat membuat daftar isi secara otomatis. Jadi kita perlu mengaktifkan judul dan subtitle terlebih dahulu.

Harap tentukan bagian mana yang ingin Anda pilih sebagai judul dan subjudul untuk ditampilkan di daftar isi.

Untuk cara kita tinggal blok heading yang kita inginkan menjadi heading di daftar isi. Kemudian klik menu Tajuk 1 ada di tab rumah untuk judul dan berita utama 2 untuk subtitle.

cara membuat daftar isi di word

Jika sebuah judul sudah aktif sebagai judul, judul tersebut akan muncul di bilah navigasi kiri. Subjudul muncul secara bertahap di kolom navigasi, judul dan subjudul ini nantinya akan diubah menjadi daftar isi.

3. Buat daftar isi halaman kosong

Jika semua bagian heading dan subheading sudah dimasukkan ke dalam bar navigasi di sebelah kiri, maka kita bisa melanjutkan untuk membuat daftar isi otomatis.

cara membuat daftar isi di word

4. Buat daftar isi dalam tabel otomatis

Klik pada tab Referensilalu pilih Daftar Isi. Maka akan muncul beberapa pilihan model daftar isi, pilih sesuai keinginan anda dan pastikan pilihan tersebut tabel otomatis (Daftar isi otomatis).

cara membuat daftar isi di word

Setelah itu otomatis akan muncul daftar isi, lihat gambar di bawah ini.

cara membuat daftar isi word-5

Jika Anda tidak mengerti cara membuat daftar isi, Anda bisa melihat di bawah ini.

Jika bingung tonton video berikut : https://youtu.be/QbX0zYkIQyo

Cara membuat daftar isi secara otomatis di Word 2007

Setelah Anda memberikan judul dan subjudul untuk teks yang Anda miliki, kami akan membahas cara membuat daftar isi otomatis.

Ada dua jenis atau dua cara untuk membuat daftar isi secara otomatis. Apa saja caranya? simak penjelasan berikut di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Buat daftar isi secara manual

Cara pertama jika ingin membuat daftar isi dengan menyertakan titik. Biasanya ada orang yang ingin memiliki daftar isi, namun dibuat dengan tangan.

Sebenarnya ada cara otomatis yang bisa anda gunakan dengan software Microsoft Word 2007. Cara ini sederhana saja, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka dokumen yang Anda miliki.
  • Kemudian pada halaman kosong di halaman 1 Anda mengklik tautannya
  • Jika ya, maka tinggal pilih dan klik pada tabel kompetisi
  • Kemudian pilih dan klik tabel manual
cara membuat daftar isi otomatis 1
  • Kemudian lihat halaman kerja, maka daftar isi atau daftar isi akan dihasilkan secara otomatis
cara membuat daftar isi otomatis 2

Anda bisa melihat gambar diatas, daftar isi diatas sama sekali tidak terlihat rapi dan pastinya tidak sama dan tidak sesuai dengan yang anda inginkan.

Baca juga:   6+ Cara Menggandakan Aplikasi Android (Terbukti)

Silahkan ganti judul dan beri spasi sesuai dengan judul halaman yang anda inginkan, contohnya seperti di bawah ini.

cara membuat daftar isi otomatis 3

2. Buat daftar isi otomatis

Cara yang tadi kita bahas adalah cara membuat daftar isi dengan titik-titik. Sekarang kita akan membahas daftar isi otomatis di microsoft word 2007 di fitur tabel otomatis.

Tabel otomatis adalah fungsi yang akan kita gunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

  • Hal pertama yang Anda lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word 2007 yang Anda miliki.
  • Setelah itu, pilih dan buka dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi yang memiliki heading dan subheading
  • Setelah itu, Anda mengklik ruang kosong tempat Anda akan membuat daftar isi
cara membuat daftar isi otomatis 4
  • Jika langkah-langkah diatas sudah anda ikuti, anda centang menunya, lalu klik link-linknya, lalu klik daftar isi.
  • Kemudian Anda memilih mode tabel yang Anda inginkan
  • Ada dua model meja yang bisa anda gunakan yaitu meja otomatis 1 atau anda bisa memilih meja otomatis 2.
cara membuat daftar isi otomatis 5
  • Kemudian Anda lihat, daftar isi otomatis telah dibuat secara otomatis.
cara membuat daftar isi otomatis

Ini sangat sederhana, dan seperti yang bisa kita lihat, judul, serta subjudul yang Anda masukkan dan atur sebelumnya, secara otomatis disertakan dalam daftar isi otomatis yang baru saja Anda buat. Sangat praktis dan sangat mudah bukan?

Lihat juga: Cara menghilangkan kekacauan.

Cara menyusun daftar isi

Setelah kita menyelesaikan tutorial di atas, saatnya merapikan daftar isi yang sudah kamu buat tadi. Merapikan daftar isi Anda sesuai dengan kebutuhan Anda dan membuatnya lebih rapi untuk dilihat.

Daftar isi yang rapi pasti membuat pembaca bersemangat saat membaca dokumen. Dapat dikatakan bahwa menjaga ketertiban daftar isi adalah tugas penting ketika kita membuat kliping, majalah, atau dokumen serupa lainnya.

Baca juga:   4 Cara Download File di Academia Gratis: Terbaru 2023

Mengganti judul daftar isi

pembaruan daftar isi otomatis 1

Pada tahap merapikan ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik postingan konten atau tabel konten postingan, lalu sesuaikan dan ganti ejaannya sesuai keinginan Anda.

Judul tengah

pembaruan daftar isi otomatis 2

Jika Anda ingin memindahkan judul daftar isi ke tengah, Anda dapat memblokir semua judul teks, lalu tekan CTRL+E pada keyboard Anda.

Berani

pembaruan daftar isi otomatis 3

Untuk membuat teks tebal atau bold, Anda dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memilih kalimat yang ingin dicetak tebal kemudian menguncinya. Di keyboard Anda, tekan CTRL + B.

Perbarui tabel

pembaruan daftar isi otomatis 4

Jika Anda ingin menomori ulang halaman, atau Anda mungkin ingin mengubah judul atau juga mengubah subjudul, saya sarankan untuk memperbarui tabel.

Cara ini sangat simple, anda tinggal klik “Update Table”, lalu klik “Update Page Number” atau Halaman, bisa juga klik “Update Entire Table” yang untuk keseluruhan daftar isi.

Setelah anda mengikuti cara di atas maka secara otomatis daftar isi yang anda miliki akan berubah sesuai dengan yang anda ubah tadi.

Catatan = Jika Anda memperbarui tabel menggunakan pembaruan seluruh tabel, perubahan tajuk, perubahan tajuk, dan ketebalan yang dibuat sebelumnya mungkin akan hilang.

Anda dapat menggunakan dua metode di atas untuk membuat daftar isi secara otomatis. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah dilakukan dan terapkan juga.

Dengan Microsoft Word 2007, daftar isi menjadi lebih otomatis, lebih cepat, dan lebih cepat. Jangan lupa untuk tetap sederhana juga.

Kesimpulan

Fitur Daftar Isi memudahkan pembaca untuk menemukan informasi yang mereka cari dalam sebuah artikel atau buku. Oleh karena itu, memiliki daftar isi sangat penting dalam menulis.

Nah, kamu bisa mengikuti panduan di atas untuk membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word.

Demikian cara membuat daftar isi otomatis di Word, semoga bermanfaat. Bagi Anda yang memiliki saran atau kritik untuk blog ini, Anda dapat menuliskan saran Anda di sini. Jika masih bingung bisa bertanya di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com